Mengenal 10 Jenis Ikan Cupang yang Populer di Indonesia

Hello, RintikLovers! Apa kabar? Di artikel kali ini, kita akan membahas 10 jenis ikan cupang yang populer di Indonesia. Ikan cupang merupakan ikan hias air tawar kecil yang sangat diminati oleh banyak orang karena kecantikan dan karakteristiknya adalah ikan hias air tawar yang tahan lama. Berikut ini adalah 10 jenis ikan cupang yang wajib RintikLovers ketahui!

Berikut 10 ikan hias air tawar Cupang yang perlu anda ketahui :

1. Ikan Cupang Halfmoon

Cupang Halfmoon atau cincin setengah bulan merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar tercantik di Indonesia. Ikan cupang ini memiliki bentuk sirip seperti setengah lingkaran dan biasanya memiliki warna yang cerah seperti merah, biru, atau kuning. Ikan cupang Halfmoon bisa Memeliharanya di dalam akuarium dengan ukuran minimal 5 liter dan suhu air antara 26-30 derajat Celsius.

2. Ikan Cupang Crowntail

Cupang Crowntail atau ekor mahkota memiliki bentuk sirip yang unik, yaitu menyerupai mahkota dengan ujung sirip yang panjang. Ikan cupang Crowntail biasanya memiliki warna yang cerah seperti biru, merah, atau hijau. Ikan cupang Crowntail dapat Memeliharanya di dalam akuarium dengan ukuran minimal 10 liter dan suhu air antara 26-30 derajat Celsius. Ikan hias air tawar yang merupakan spesies asli indonesia adalah Ikan Cupang crowntali.

3. Ikan Cupang Double Tail

Double Tail atau ekor ganda memiliki bentuk sirip yang unik, yaitu mempunyai dua ekor. Ikan cupang Double Tail biasanya memiliki warna yang cerah seperti merah, biru, atau kuning. Ikan cupang Double Tail dapat Memeliharanya di dalam akuarium dengan ukuran minimal 5 liter dan suhu air antara 26-30 derajat Celsius.

4. Ikan Cupang Plakat

Plakat atau cupang serit memiliki bentuk sirip yang lebih pendek dan datar dibandingkan dengan jenis ikan cupang lainnya. Ikan cupang Plakat biasanya memiliki warna yang cerah seperti merah, biru, atau hijau. Ikan cupang Plakat dapat Memeliharanya di dalam akuarium dengan ukuran minimal 5 liter dan suhu air antara 26-30 derajat Celsius.

5. Ikan Cupang Giant

Cupang Giant atau ikan cupang raksasa adalah jenis ikan cupang terbesar yang ada di dunia. Ikan cupang Giant bisa tumbuh hingga mencapai ukuran 15 cm atau lebih dan biasanya memiliki warna yang cerah seperti merah, biru, atau hijau. Ikan cupang Giant dapat Memeliharanya di dalam akuarium dengan ukuran minimal 100 liter dan suhu air antara 26-30 derajat Celsius.

6. Ikan Cupang Dumbo

Cupang Dumbo atau cupang gajah memiliki bentuk sirip yang besar dan berbentuk seperti telinga gajah. Ikan cupang Dumbo biasanya memiliki warna yang cerah seperti merah, biru, atau kuning. Ikan cupang Dumbo dapat Memeliharanya di dalam akuarium dengan ukuran minimal 5 liter dan suhu air antara 26-30 derajat Celsius.

7. Ikan Cupang Koi

Cupang Koi atau cupang mutiara merupakan jenis ikan cupang yang memiliki warna yang bercorak seperti ikan Koi. Ikan cupang Koi biasanya memiliki warna dasar putih atau kuning dengan bercak-bercak merah, biru, atau hitam. Ikan cupang Koi dapat Memeliharanya di dalam akuarium dengan ukuran minimal 5 liter dan suhu air antara 26-30 derajat Celsius.

8. Dragon

Cupang Dragon atau naga memiliki bentuk sirip yang panjang dan berkelok-kelok seperti naga. Ikan cupang Dragon biasanya memiliki warna yang cerah seperti merah, biru, atau hijau. Ikan cupang Dragon dapat Memeliharanya di dalam akuarium dengan ukuran minimal 10 liter dan suhu air antara 26-30 derajat Celsius.

9. Giant

Cupang Hias Giant atau ikan cupang raksasa hias adalah jenis ikan cupang terbesar yang Memeliharanya untuk tujuan hiasan. Ikan cupang Hias Giant bisa tumbuh hingga mencapai ukuran 30 cm atau lebih dan biasanya memiliki warna yang cerah seperti merah, biru, atau hijau. Ikan cupang Hias Giant dapat dipelihara di dalam akuarium dengan ukuran minimal 200 liter dan suhu air antara 26-30 derajat Celsius.

10. Ikan Cupang Aduan

Cupang Aduan atau cupang aduan merupakan jenis ikan hias air tawar agresif dan biasanya Memeliharanya untuk tujuan adu. Ikan cupang Aduan biasanya memiliki bentuk sirip yang pendek dan cenderung agresif. Ikan cupang Aduan dapat Memeliharanya di dalam akuarium dengan ukuran minimal 5 liter dan suhu air antara 26-30 derajat Celsius.

Kesimpulan

Itulah 10 jenis ikan cupang yang populer di Indonesia. Masing-masing jenis ikan cupang memiliki keunikan dan karakteristiknya sendiri. RintikLovers bisa memilih jenis ikan cupang yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan untuk dipelihara. Jangan lupa untuk memberikan perawatan yang baik agar ikan cupang tetap sehat dan cantik. Terima kasih sudah membaca artikel ini, sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Originally posted 2023-03-30 20:46:46.