calung adalah alat musik yang dimainkan dengan cara

- Penulis Berita

Rabu, 6 September 2023 - 09:34

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pendahuluan

Hai pembaca, selamat datang di Rintiksedu.id! Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang calung, alat musik tradisional dari Indonesia yang dimainkan dengan cara yang unik. Sebagai penulis dengan pengalaman dalam bidang ini, saya ingin membagikan pengetahuan dan informasi yang berguna mengenai calung, sebuah instrumen yang memiliki keunikan tersendiri dalam sejarah dan perkembangannya. Dalam artikel ini, kami juga akan memperkenalkan cara bermain calung dan beberapa informasi menarik seputar jenis-jenis calung yang ada. Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas, kami juga melampirkan gambar unggulan calung di bawah ini:

wapt image post 798

Calung: Definisi dan Sejarah

Pengertian Alat Musik Calung

Calung adalah salah satu alat musik tradisional Indonesia yang tergolong sebagai alat musik idiofon. Biasanya terbuat dari tabung bambu yang disusun dalam barisan dan dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik. Calung mirip dalam penampilan dengan alat musik angklung, namun memiliki karakteristik yang berbeda. Angklung dimainkan dengan cara digoyangkan, sedangkan calung dimainkan dengan cara dipukul.

Sejarah Alat Musik Calung

Sejarah alat musik calung dapat ditelusuri hingga saat penyebaran agama Islam di Indonesia pada abad ke-14. Pada awalnya, calung digunakan untuk mengusir burung dan hama di sawah dengan cara memukul tabung bambu menggunakan potongan bambu kecil yang disebut kekeprak. Namun, seiring waktu, calung berkembang menjadi bagian dari upacara tarawangsa di Parung, Tasikmalaya. Pada upacara tersebut, calung dimainkan bersamaan dengan alat musik tarawangsa sebagai bentuk penghormatan kepada Dewi Sri, dewi padi dalam mitologi Indonesia.

Jenis-Jenis Calung

Calung Rantay

Calung rantay adalah salah satu jenis calung yang terdiri dari tabung bambu yang diikat bersama. Biasanya dimainkan dengan cara dipukul menggunakan kedua tangan sambil duduk. Calung rantay sering digunakan sebagai alat musik pengiring dalam tarian tradisional.

Calung Jinjing

Calung jinjing adalah jenis calung yang memiliki barisan tabung bambu yang dihubungkan dengan sebatang bambu kecil. Biasanya dimainkan dengan cara dipukul menggunakan satu tangan sambil memegang alat musik tersebut. Calung jinjing sering digunakan oleh para seniman jalanan yang berjalan dari satu tempat ke tempat lain sambil memainkan alat musik ini.

Calung Banyumas

Calung Banyumas adalah jenis calung yang berasal dari Jawa Tengah. Calung ini memiliki dua sistem nada, yakni selendro dan pelog. Biasanya dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik atau tangan. Calung Banyumas telah menjadi bagian integral dari kebudayaan Banyumas dan sering digunakan dalam acara-acara tradisional.

Perkembangan Calung

Perkembangan Calung di Jawa Barat

Calung telah mengalami perkembangan pesat di Jawa Barat. Terutama di kalangan mahasiswa, terutama dari Universitas Padjadjaran, calung menjadi sangat populer dan dianggap sebagai alat musik yang menarik untuk dikembangkan dalam pertunjukan kreatif. Bukan hanya calung, variasi tambahan instrumen musik seperti kosrek, kacapi, piul, keyboard, dan gitar juga ditambahkan dalam pertunjukan calung.

Peran Mahasiswa dalam Populerisasi dan Pengembangan Calung

Mahasiswa universitas, terutama dari Universitas Padjadjaran, memainkan peran penting dalam mempopulerkan dan mengembangkan calung. Mereka menggunakan calung sebagai sarana untuk menyebarkan informasi dan hiburan kepada masyarakat. Melalui pertunjukan kreatif mereka, calung menjadi semakin dikenal dan digandrungi oleh banyak orang.

Pertanyaan Umum tentang Calung

1. Apa itu calung?

Calung adalah alat musik tradisional Indonesia yang terbuat dari tabung bambu yang disusun dalam barisan dan dimainkan dengan cara dipukul.

2. Dari mana asal usul calung?

Calung berasal dari komunitas Sunda di Indonesia.

3. Bagaimana cara memainkan calung?

Calung dapat dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik bambu atau tangan.

4. Apa saja jenis-jenis calung?

Ada beberapa jenis calung, antara lain calung rantay, calung jinjing, dan calung Banyumas.

5. Apa peran mahasiswa dalam perkembangan calung?

Mahasiswa universitas, terutama dari Universitas Padjadjaran, berperan penting dalam mempopulerkan dan mengembangkan calung.

6. Bagaimana perkembangan calung di Jawa Barat?

Calung telah mengalami perkembangan pesat di Jawa Barat, dengan penambahan instrumen musik lainnya dalam pertunjukan calung.

7. Apa fungsi calung dalam pertunjukan tradisional?

Calung sering digunakan sebagai alat musik pengiring dalam pertunjukan tarian tradisional.

8. Apa saja instrumen musik yang ditambahkan dalam pertunjukan calung?

Beberapa instrumen musik yang ditambahkan dalam pertunjukan calung antara lain kosrek, kacapi, piul, keyboard, dan gitar.

9. Apa makna dan simbolisme calung dalam budaya Indonesia?

Calung memiliki makna dan simbolisme dalam budaya Indonesia sebagai alat musik tradisional yang merupakan bagian dari warisan budaya yang kaya.

10. Apa saja acara tradisional di mana calung sering dimainkan?

Calung sering dimainkan dalam acara-acara tradisional seperti upacara adat, pernikahan, dan pertunjukan seni.

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, calung adalah alat musik tradisional Indonesia yang memiliki keunikan tersendiri. Dengan tabung bambu dan suara uniknya, calung telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari budaya dan seni musik Indonesia. Perkembangan calung, terutama di Jawa Barat, telah menjadi semakin populer berkat kontribusi dan kreativitas para mahasiswa. Melalui pertunjukan kreatif dan penambahan instrumen musik lainnya, calung terus berkembang dan menghadirkan keindahan musik tradisional Indonesia kepada masyarakat. Mari kita terus mengapresiasi dan menjaga warisan budaya ini agar tetap hidup dan berkembang.

Berita Terkait

Cara merapatkan daerah kewanitaan tanpa obat
Cara Menjaga HP Agar Tidak Dihack
Cara Menghilangkan Bercak Putih di LCD HP
Cara Allah mengobati stroke
Bersedekah Merupakan Salah Satu Cara Mendekatkan Diri kepada Allah
Cara kirim shopeepay ke dana
Cara transfer gopay ke shopee
Tata cara sholat isya 4 rakaat

Berita Terkait

Minggu, 21 Juli 2024 - 09:17

Cara merapatkan daerah kewanitaan tanpa obat

Sabtu, 20 Juli 2024 - 09:29

Cara Menjaga HP Agar Tidak Dihack

Sabtu, 20 Juli 2024 - 09:19

Cara Allah mengobati stroke

Jumat, 19 Juli 2024 - 08:51

Bersedekah Merupakan Salah Satu Cara Mendekatkan Diri kepada Allah

Rabu, 17 Juli 2024 - 10:06

Cara kirim shopeepay ke dana

Rabu, 17 Juli 2024 - 10:03

Cara transfer gopay ke shopee

Selasa, 16 Juli 2024 - 09:38

Tata cara sholat isya 4 rakaat

Selasa, 16 Juli 2024 - 09:34

Beriman kepada qada dan qadar sebaiknya kita pelajari dengan cara

Berita Terbaru

LifeStyle

Brand Gamis Lokal, Rekomendasi untuk Lebaran

Minggu, 21 Jul 2024 - 09:34

Brand Lokal Baju Wanita

Atasan

Brand Lokal Baju Wanita, Bagus dengan Harga Terjangkau

Minggu, 21 Jul 2024 - 09:21

Cara

Cara merapatkan daerah kewanitaan tanpa obat

Minggu, 21 Jul 2024 - 09:17

Cara

Cara Menjaga HP Agar Tidak Dihack

Sabtu, 20 Jul 2024 - 09:29