Cara Daftar KIS Gratis Online

- Penulis Berita

Rabu, 13 September 2023 - 00:46

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Rintiksedu.id – Halo pembaca setia Rintiksedu.id! Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang cara mendaftar Kartu Indonesia Sehat (KIS) secara gratis secara online. KIS adalah program yang disediakan oleh pemerintah Indonesia untuk memberikan akses layanan kesehatan kepada keluarga yang kurang mampu secara finansial. Melalui KIS, masyarakat dapat mendapatkan layanan kesehatan dengan biaya yang terjangkau atau bahkan gratis.

Dalam proses pendaftaran KIS secara online, Anda akan menggunakan aplikasi Mobile JKN. Aplikasi ini memudahkan Anda dalam mengurus KIS tanpa harus datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Syarat Daftar Kartu Indonesia Sehat

Sebelum mendaftar KIS secara online, pastikan Anda memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Berikut adalah beberapa syarat yang perlu Anda perhatikan:

  • Anda dan seluruh anggota keluarga merupakan bukan pekerja penerima upah.
  • Semua anggota keluarga harus didaftarkan pada saat pendaftaran.
  • Pastikan Anda memiliki persyaratan dokumen seperti kartu identitas (KTP), kartu keluarga (KK), dan bukti alamat.

Jika Anda memenuhi syarat-syarat di atas, maka Anda dapat melanjutkan proses pendaftaran KIS secara online.

Cara Daftar KIS Online Gratis

Proses pendaftaran KIS secara online melalui aplikasi Mobile JKN sangatlah mudah dan cepat. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Unduh aplikasi Mobile JKN melalui Google Play Store atau App Store di perangkat mobile Anda.
  2. Daftar akun dengan mengisi data diri yang diminta seperti nama lengkap, nomor KTP, tanggal lahir, dan alamat email.
  3. Isi data diri dengan lengkap dan benar.
  4. Pilih fasilitas kesehatan yang akan menjadi rujukan Anda.
  5. Isi alamat email yang aktif untuk menerima konfirmasi pendaftaran.

Setelah Anda berhasil melalui semua langkah di atas, proses pendaftaran KIS secara online telah selesai. Selanjutnya, Anda tinggal menunggu pengiriman kartu fisik KIS ke alamat yang Anda daftarkan. Biasanya, proses pengiriman kartu membutuhkan waktu maksimal enam hari.

Kelebihan Kartu Indonesia Sehat

Mendaftar dan memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS) memiliki beberapa kelebihan yang sangat menguntungkan. Beberapa kelebihan tersebut antara lain:

  1. Mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang lebih mudah. Anda dapat dengan mudah mengakses berbagai layanan kesehatan yang disediakan dengan menggunakan KIS.
  2. Biaya kesehatan yang lebih terjangkau. Dengan KIS, biaya berbagai pelayanan kesehatan akan lebih murah bahkan bisa menjadi gratis.
  3. Perlindungan kesehatan yang lengkap. KIS mencakup cakupan pelayanan kesehatan yang luas mulai dari pemeriksaan kesehatan, obat-obatan, hingga tindakan operasi tertentu.

Dengan memiliki Kartu Indonesia Sehat, Anda dan keluarga dapat merasakan manfaat dari program ini dan mendapatkan pelayanan kesehatan berkualitas tanpa perlu khawatir dengan biaya besar yang harus dikeluarkan.

FAQ

1. Apa bedanya Kartu KIS dan BPJS?

KIS (Kartu Indonesia Sehat) adalah kartu kesehatan yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk masyarakat yang kurang mampu. Kartu ini memberikan akses pelayanan kesehatan dengan biaya yang terjangkau atau gratis. Sementara itu, BPJS Kesehatan adalah lembaga yang menyelenggarakan program jaminan kesehatan untuk seluruh penduduk Indonesia, baik yang mampu maupun yang kurang mampu. Dalam hal ini, KIS adalah salah satu jenis program yang dijalankan oleh BPJS Kesehatan.

2. Apakah KIS bisa digunakan untuk persalinan?

Ya, Kartu KIS dapat digunakan untuk mendapatkan pelayanan persalinan dan juga pelayanan kesehatan terkait lainnya seperti pemeriksaan kehamilan dan perawatan ibu pasca persalinan. Namun, pastikan Anda memeriksa syarat dan ketentuan yang berlaku serta jangkauan fasilitas kesehatan yang terdaftar dalam program KIS di daerah Anda.

Jangan ragu untuk menghubungi BPJS Kesehatan atau mengunjungi kantor BPJS Kesehatan terdekat jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau memerlukan bantuan dalam proses pendaftaran KIS atau informasi terkait program ini.

Kesimpulan

Dalam mengurus Kartu Indonesia Sehat (KIS) secara gratis dari pemerintah melalui BPJS Kesehatan, Anda dapat memilih untuk mengurusnya secara offline atau online melalui aplikasi Mobile JKN. Pastikan Anda memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan, seperti bukan pekerja penerima upah dan memiliki berkas-berkas persyaratan yang diperlukan. Proses pendaftaran KIS secara online melibatkan langkah-langkah seperti pengunduhan aplikasi, pendaftaran, pengisian data diri, pemilihan fasilitas kesehatan, dan pengisian alamat email. Setelah proses pendaftaran selesai, Anda akan menerima kartu fisik KIS melalui pengiriman ke alamat yang Anda daftarkan. Dengan memiliki Kartu Indonesia Sehat, Anda dapat merasakan manfaatnya seperti akses pelayanan kesehatan yang lebih mudah, biaya kesehatan yang terjangkau, dan perlindungan kesehatan yang lengkap.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengurus Kartu Indonesia Sehat (KIS) secara gratis. Jika Anda memiliki pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman seputar proses pendaftaran KIS, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca, dan semoga sehat selalu!

Berita Terkait

Bersedekah Merupakan Salah Satu Cara Mendekatkan Diri kepada Allah
Cara kirim shopeepay ke dana
Cara transfer gopay ke shopee
Tata cara sholat isya 4 rakaat
Beriman kepada qada dan qadar sebaiknya kita pelajari dengan cara
Bagaimana Cara Anda Ikut Serta dalam Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
Kalimat majemuk hubungan cara
Teknik membuat patung dengan cara merangkai beberapa potong bahan disebut

Berita Terkait

Jumat, 19 Juli 2024 - 08:54

Allah Subhanahu wa Ta ala: Menelusuri Keagungan Sang Pencipta

Kamis, 18 Juli 2024 - 09:30

Jelaskan pengertian iman kepada kitab allah subhanahu wa ta’ala

Kamis, 18 Juli 2024 - 09:25

Mengapa beriman kepada malaikat Allah dapat mendorong kita gemar bersedekah

Rabu, 17 Juli 2024 - 09:50

Apa yang dimaksud dengan istilah Net-a-Porter?

Rabu, 17 Juli 2024 - 09:42

Pengertian Informatika: Menyelami Dunia Teknologi Informasi secara Mendalam

Selasa, 16 Juli 2024 - 09:26

Hikmah adalah: Menemukan Makna Dalam Setiap Pengalaman

Senin, 15 Juli 2024 - 07:38

Lambang Sila Ke 3 Pancasila

Senin, 15 Juli 2024 - 07:29

Nilai nilai pancasila bersifat subjektif artinya

Berita Terbaru

Teknologi

Cara zikir lailahaillallah yang benar

Jumat, 19 Jul 2024 - 08:47