cara melamar kerja lewat wa

- Penulis Berita

Sabtu, 29 Juli 2023 - 19:05

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Selamat datang di artikel Rintiksedu.id yang membahas tentang cara melamar kerja lewat WhatsApp (WA) dan menyediakan contoh-contoh chat yang tepat untuk melamar pekerjaan. Apakah Anda sedang mencari pekerjaan dan ingin mengetahui bagaimana cara melamar dengan efektif melalui WhatsApp? Anda berada di tempat yang tepat! Artikel ini memberikan panduan lengkap mulai dari mencari lowongan pekerjaan yang sesuai, mencari informasi tentang perusahaan, menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan, mengirim lamaran pada waktu yang tepat, menggunakan foto profil yang profesional, dan bersabar serta gigih dalam mencari pekerjaan.

Cara Melamar Kerja Lewat WA

Cara Melamar Kerja Lewat WA

1. Cari Lowongan Pekerjaan yang Sesuai dengan Kualifikasi Anda

Langkah pertama dalam melamar pekerjaan lewat WhatsApp adalah mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi Anda. Ada beberapa platform pencarian kerja online yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan terbaru. Anda dapat menggunakan situs web seperti Indeed, LinkedIn, atau Jobstreet untuk mencari lowongan pekerjaan yang relevan dengan bidang dan kualifikasi Anda.

2. Cari Informasi tentang Perusahaan yang Bersangkutan

Selanjutnya, penting untuk mencari informasi tentang perusahaan yang Anda lamar. Ini akan membantu Anda mengenal lebih jauh perusahaan tersebut dan mempersiapkan diri untuk tahap selanjutnya dalam proses seleksi. Carilah informasi tentang visi, misi, nilai-nilai perusahaan, serta produk atau layanan yang mereka tawarkan. Anda juga bisa mencari tahu tentang reputasi perusahaan dan budaya kerja yang ada.

3. Siapkan Berkas-Berkas yang Dibutuhkan untuk Melamar Kerja

Sebelum mengirim lamaran kerja lewat WA, pastikan Anda telah menyiapkan semua berkas yang diperlukan. Berikut adalah beberapa berkas yang mungkin dibutuhkan:

  • CV atau resume terbaru
  • Surat lamaran kerja
  • Foto profil
  • Transkrip nilai atau sertifikat pendidikan
  • Sertifikat keahlian atau pengalaman kerja terkait

Pastikan berkas-berkas tersebut sudah tersedia dalam format yang mudah diunduh, seperti PDF atau Word.

4. Kirim Lamaran Kerja Lewat WA di Waktu yang Tepat

Timing pengiriman lamaran kerja juga penting. Usahakan untuk mengirimkan lamaran kerja pada hari dan jam kerja yang tepat, biasanya pada hari Senin hingga Jumat, antara pukul 09.00 hingga 17.00. Hindari mengirim lamaran pada hari libur atau akhir pekan karena kemungkinan besar pesan Anda tidak akan segera dibaca oleh HRD perusahaan.

5. Gunakan Foto Profil WA yang Profesional

Jika Anda mengirim lamaran kerja lewat WhatsApp, pastikan foto profil WA Anda terlihat profesional dan memberikan kesan yang baik. Gunakan foto yang formal dan profesional, dengan latar belakang yang sederhana dan pakaian yang rapi. Hindari menggunakan foto selfie atau foto yang terlalu santai.

6. Sabar, Jangan Spam, dan Jangan Hanya Mengandalkan Satu Lamaran

Terakhir, tetap sabar dan jangan terlalu memaksakan diri dengan mengirimkan pesan berulang-ulang atau spam ke perusahaan yang Anda lamar. Anda perlu memahami bahwa HRD perusahaan mungkin sedang sibuk dan membutuhkan waktu untuk memproses semua lamaran yang masuk. Selain itu, jangan hanya mengandalkan satu lamaran saja. Cobalah untuk melamar pada beberapa perusahaan sekaligus agar peluang Anda mendapatkan pekerjaan semakin besar.

Cara Mengirim Lamaran lewat WA

Cara Mengirim Lamaran lewat WA

1. Buka Chat WhatsApp Perusahaan yang Dituju

Langkah pertama adalah membuka chat WhatsApp dengan perusahaan yang ingin Anda lamar. Pastikan Anda memiliki nomor WhatsApp yang benar untuk menghubungi HRD atau pihak yang bertanggung jawab atas penerimaan lamaran kerja.

2. Kirim pesan yang menjelaskan minat dan kualifikasi Anda untuk posisi yang dilamar

Setelah membuka chat dengan perusahaan tersebut, kirimkan pesan yang menjelaskan minat Anda untuk melamar posisi yang tersedia. Sampaikan juga kualifikasi dan pengalaman yang Anda miliki yang relevan dengan posisi tersebut. Usahakan untuk menyampaikan pesan dengan singkat, jelas, dan mudah dipahami oleh pihak perusahaan.

3. Copy Teks Melamar Pekerjaan via WA

Jika Anda sudah menyiapkan surat lamaran kerja atau teks melamar pekerjaan sebelumnya, Anda dapat langsung menyalin teks tersebut dan mengirimkannya melalui WhatsApp. Ini akan memudahkan Anda dan mempermudah pihak perusahaan dalam membaca dan meninjau lamaran Anda.

4. Sertakan CV atau resume dalam bentuk file yang dapat diunduh, seperti PDF atau Word

Selain mengirimkan teks melamar pekerjaan, jangan lupa untuk melampirkan CV atau resume Anda dalam bentuk file yang dapat diunduh, seperti PDF atau Word. Ini memungkinkan pihak perusahaan untuk dengan mudah membuka dan mengakses CV Anda untuk mengevaluasi kualifikasi dan pengalaman kerja yang Anda miliki.

Etika Saat Mengirim Lamaran Kerja Lewat WA

Selain mengikuti langkah-langkah di atas, penting juga untuk menjaga etika saat mengirimkan lamaran kerja lewat WhatsApp. Berikut adalah beberapa panduan etika yang perlu Anda perhatikan:

1. Jaga sopan santun dan profesionalisme dalam percakapan

Pastikan Anda tetap menjaga sopan santun dan profesionalisme dalam setiap percakapan melalui WhatsApp. Berbicaralah dengan bahasa yang baik, sesuai situasi, dan berikan kesan yang baik kepada pihak perusahaan.

2. Sampaikan pesan dengan singkat dan jelas

Karena media komunikasi ini bersifat instan, penting untuk menyampaikan pesan dengan singkat dan jelas. Sampaikan informasi yang relevan dengan singkat dan jelas agar penerima pesan dapat langsung memahaminya.

3. Pastikan tata bahasa dan ejaan yang baik

Jangan lupa untuk memeriksa tata bahasa dan ejaan dalam teks agar tidak ada kesalahan yang dapat membuat pesan Anda sulit dipahami atau terkesan kurang profesional. Periksa kembali pesan sebelum mengirimkannya untuk memastikan tidak ada kesalahan yang terlewat.

4. Jangan mengirimkan pesan berulang-ulang atau spam

Usahakan untuk tidak mengirimkan pesan yang sama berulang-ulang atau spam ke perusahaan yang Anda lamar. Ini dapat mengganggu atau mengiritasi pihak perusahaan dan membuat lamaran Anda diabaikan.

5. Tunggu balasan dengan sabar

Terakhir, tetaplah bersabar dan tunggu balasan dari pihak perusahaan dengan sabar. Jangan terlalu sering mengirimkan pesan untuk menanyakan status lamaran Anda. Berikan waktu yang cukup bagi pihak perusahaan untuk meninjau lamaran Anda.

FAQ

Pertanyaan 1: Apakah saya perlu menyiapkan surat lamaran kerja yang panjang jika melamar lewat WA?

Jawaban: Tidak perlu. Anda dapat menyampaikan pesan dengan singkat dan jelas tanpa perlu menulis surat lamaran yang panjang. Namun, pastikan Anda tetap menyampaikan informasi penting dan relevan tentang kualifikasi dan minat Anda untuk melamar posisi tersebut.

Pertanyaan 2: Apakah saya perlu mengirimkan lampiran lain selain CV atau resume?

Jawaban: Itu tergantung pada persyaratan perusahaan. Beberapa perusahaan mungkin meminta lampiran seperti transkrip nilai, sertifikat pendidikan, atau sertifikat keahlian. Pastikan Anda membaca dengan teliti informasi lowongan pekerjaan dan mengirimkan lampiran yang diminta jika ada.

Pertanyaan 3: Bagaimana jika saya tidak mendapatkan balasan dari perusahaan setelah mengirimkan lamaran lewat WA?

Jawaban: Bersabarlah dan berikan waktu yang cukup bagi pihak perusahaan untuk meninjau lamaran Anda. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi waktu respons, seperti jumlah lamaran yang masuk atau kesibukan HRD perusahaan. Jika setelah waktu yang lama Anda tidak mendapatkan balasan, Anda dapat mengirim pesan follow-up untuk menanyakan status lamaran Anda dengan sopan dan singkat.

Pertanyaan 4: Apakah saya perlu mengganti foto profil WA saya dengan foto formal saat melamar kerja lewat WA?

Jawaban: Disarankan untuk mengganti foto profil WA Anda dengan foto yang formal saat melamar kerja lewat WA. Foto profil yang profesional memberikan kesan baik kepada pihak perusahaan dan menunjukkan bahwa Anda serius dalam melamar pekerjaan.

Pertanyaan 5: Apakah saya bisa melamar pekerjaan lewat WA tanpa menyertakan CV atau resume?

Jawaban: Tidak disarankan. CV atau resume merupakan dokumen yang penting dalam melamar pekerjaan yang berisi informasi tentang kualifikasi, pengalaman, dan keahlian Anda. Menyertakan CV yang dapat diunduh melalui WA memudahkan pihak perusahaan untuk mengevaluasi lamaran Anda secara lebih lengkap.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas cara melamar kerja lewat WhatsApp dengan lengkap, mulai dari mencari lowongan pekerjaan yang sesuai, menyiapkan berkas melamar, menulis teks melamar kerja, hingga mengirimkan lamaran melalui WhatsApp. Kami juga memberikan contoh-contoh teks melamar pekerjaan dan CV melalui WhatsApp. Selain itu, kami juga menjelaskan etika saat mengirimkan lamaran kerja lewat WhatsApp. Dalam melamar pekerjaan lewat WhatsApp, selalu ingat untuk menjaga sopan santun dan profesionalisme, serta bersabar dalam menunggu balasan dari pihak perusahaan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan dan ingin melamar lewat WhatsApp. Terima kasih telah membaca artikel kami!

Saran Video Seputar : cara melamar kerja lewat wa

Berita Terkait

Kalimat majemuk hubungan cara
Teknik membuat patung dengan cara merangkai beberapa potong bahan disebut
Jenis patung berdasarkan cara pembuatannya
Tata Cara Bersuci: Panduan Lengkap dalam Islam
Cara KB Alami Menurut Islam: Rahasia Keluarga Harmonis
Hewan dalam kelas aves berkembang biak dengan cara
Cara Menghitung Pangkat: Perpangkatan dalam Matematika
Tinggi Fundus Uteri: Pengertian dan Cara Mengukurnya

Berita Terkait

Jumat, 12 Juli 2024 - 07:56

Kalimat yang Mengandung Perintah dalam Teks Prosedur Adalah Kalimat

Jumat, 12 Juli 2024 - 07:50

Belanda Pertama Kali Mendarat di Kalimantan Timur Tepatnya di Mana?

Rabu, 10 Juli 2024 - 07:07

Masa Pubertas Perempuan: Perubahan dan Tantangannya

Rabu, 10 Juli 2024 - 06:51

Masa Pubertas Laki-Laki Fase Penting, Apa saja perubahan yang tampak?

Rabu, 10 Juli 2024 - 06:42

Masa Pubertas: Perubahan dan Tantangan dalam Perkembangan Remaja

Selasa, 9 Juli 2024 - 06:17

Hikmah Beriman kepada Qada dan Qadar: Memahami Takdir dalam Kehidupan

Senin, 8 Juli 2024 - 08:21

Pada masa demokrasi terpimpin politik luar negeri indonesia condong ke

Senin, 8 Juli 2024 - 08:15

Pendapat atau pertanyaan yang berkaitan dengan wacana

Berita Terbaru

Cara

Kalimat majemuk hubungan cara

Jumat, 12 Jul 2024 - 07:59

Cara

Jenis patung berdasarkan cara pembuatannya

Kamis, 11 Jul 2024 - 16:32