Cara Membuat Hiasan Jendela dari Kertas Origami

- Penulis Berita

Rabu, 13 September 2023 - 18:10

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Cara Membuat Hiasan Jendela dari Kertas Origami – Rintiksedu.id

Halo pembaca, saya Rintiksedu.id. Saya memiliki pengalaman dalam membuat hiasan jendela dari kertas origami dan ingin berbagi informasi yang berguna dengan Anda. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa teknik sederhana untuk membuat hiasan jendela yang indah menggunakan origami. Kami juga akan melampirkan gambar unggulan untuk mengilustrasikan setiap langkahnya. Jadi, mari kita mulai!

Bentuk Bunga Sakura

Kertas origami yang berwarna merah muda dilipat secara vertikal menjadi dua.

Lipat kertas origami berwarna merah muda menjadi dua lapisan dengan cara melipatnya secara vertikal. Pastikan garis lipatnya rapi dan pres dengan hati-hati.

Lipat bagian satu sudut bawah menjadi segitiga.

Lipat salah satu sudut bawah lipatan menjadi segitiga dengan menggabungkan tepinya secara rapi. Pastikan sudut yang terbentuk berada di bagian luar lipatan.

Lipat lagi bagian sudut bawah namun untuk kertas bagian belakang.

Lakukan langkah yang sama pada sudut bawah lipatan yang berada di sisi belakang kertas origami. Lipatlah membentuk segitiga yang bersinggungan dengan sudut pertama yang sudah dilipat.

Potong bagian sisi yang berlawanan yang sudah dibentuk menjadi segitiga. Simpan potongan segitiga ini.

Gunakan gunting untuk memotong sisi kertas siku-siku yang berlawanan dari sudut segitiga yang sudah dilipat. Potongan segitiga ini akan digunakan nanti dalam proses selanjutnya.

Potong bagian kertas yang menghubungkan pada dua segitiga tersebut. Pisahkan dari setiap kelopak bunga.

Potong juga bagian kertas yang berhubungan antara kedua segitiga yang telah dilipat sebelumnya. Pisahkan hasil potongan ini dari setiap kelopak untuk membentuk setiap kelopak bunga.

Pasang setiap kelopak dengan menekan bagian tengah bunga secara bersamaan.

Dengan hati-hati, pasang setiap kelopak dengan menekan bagian tengah bunga secara bersamaan. Pastikan Anda mempertahankan bentuk bunga yang diinginkan.

Tambahkan bagian segitiga potongan tadi ke bagian tengah bunga dan bunga sakura sudah selesai dibuat.

Terakhir, tambahkan potongan segitiga yang telah disimpan sebelumnya ke bagian tengah bunga. Pastikan semuanya terpasang dengan baik dan Anda telah selesai membuat hiasan jendela bentuk bunga sakura dari kertas origami.

Bentuk Kupu-kupu

Siapkan bahan yaitu kertas origami warna cerah yang berbentuk persegi dan lem kertas.

Pertama-tama, siapkan kertas origami dengan bentuk persegi dan warna cerah. Anda juga akan membutuhkan lem kertas untuk mengencangkan lipatan.

Lipat kertas menjadi sama besar dari atas ke bawah dan dari bagian tepi sampai ke tengah.

Awali dengan melipat kertas dari atas ke bawah sehingga kertas menjadi sama besar. Kemudian lipatlah kembali dari bagian tepi kertas ke arah tengah. Pastikan lipatan tersebut rapi dan pres dengan baik.

Buka lipatan kertas sehingga membantu empat buah persegi yang kecil.

Buka lipatan kertas yang telah dilakukan sehingga membentuk empat buah persegi yang kecil. Pastikan setiap sisi persegi terbuka dengan baik.

Lipat kembali kertas dengan bentuk diagonal dan buka lagi hasil lipatan.

Lipatlah kembali kertas dengan bentuk diagonal untuk membantu membentuk lipatan-lipatan lain. Setelah itu, buka lagi lipatan yang telah dilakukan agar lembaran kertas kembali terbuka.

Lalu coba tekan pada bagian tengah kertas ke arah tengah dan lipat bagian bawah dan atas sampai jadi bentuk segitiga.

Setelah itu, tekan bagian tengah kertas ke arah tengah dengan lembut. Kemudian lipat bagian bawah kertas ke arah atas dan lakukan hal yang sama pada bagian atas sampai membentuk bentuk segitiga yang diinginkan.

Lipat kembali pada bagian tengah dan putas ke atas lalu lipat lagi dari bagian ujung sampai bawah. Masukkan setiap ujung kertas masuk ke lipatan kertas.

Lipatlah kembali pada bagian tengah kertas dan tuliskan ujung kertas ke atas. Lalu lipatlah dari bagian ujung ke bawah hingga mencapai titik terakhir. Terakhir, masukkan setiap ujung kertas ke lipatan kertas yang telah dibuat sebelumnya.

Tahan untuk dua jenis sisi yang dilipat kemudian buat kertas berdiri seperti gerakan kupu-kupu yang diam atau terbang.

Akhirnya, tekan dan tahan dua jenis sisi yang sudah dilipat sebelumnya. Sesuaikan kertas tersebut hingga membentuk gerakan kupu-kupu yang diam atau terbang sesuai yang Anda inginkan. Hiasan jendela berbentuk kupu-kupu siap digunakan.

Hiasan Bentuk Bintang

Potong kertas origami dengan ukuran panjang 10 cm dan lebar 1 cm.

Siapkan kertas origami dengan ukuran panjang 10 cm dan lebar 1 cm. Pastikan ukurannya sesuai dengan preferensi Anda.

Lipat setiap ujung kertas ke arah atas sehingga membentuk seperti tali, tapi jangan melipat terlalu kencang.

Lipat setiap ujung kertas ke arah atas sehingga membentuk seperti tali. Pastikan untuk tidak melipatnya terlalu kencang agar kemudian bisa lebih mudah membentuk bintang.

Balik tali yang sudah dibuat dan masukkan sisa kertas ke arah simpul. Ulangi langkah ini sampai membentuk segi lima jika disatukan.

Balik tali yang sudah dibuat sehingga sisinya tersingkap. Masukkan sisa kertas ke arah simpulnya. Ulangi langkah ini hingga membentuk segi lima saat disatukan.

Lalu kembangkan kertas menjadi bintang dengan menekan setiap lima sisi yang bertemu.

Kembangkan kertas menjadi bentuk bintang dengan menekan setiap lima sisi yang bertemu. Pastikan bintang terbentuk dengan baik.

Nah sudah jadi dan hiasan bisa diberi tali dan digantung di jendela.

Nah, sekarang hiasan bintang Anda sudah jadi. Anda bisa menambahkan tali pada salah satu ujung bintang dan menggantungnya di jendela.

Bentuk Burung Camar

Pertama lipat kertas dengan bentuk diagonal dan ambil setiap ujung kertas dan bentuk lagi menjadi segitiga siku-siku.

Pertama, lipat kertas secara diagonal dan ambil setiap ujung kertas dan bentuk lagi menjadi segitiga yang siku-siku. Pastikan bagian lipatan rapi dan pres dengan hati-hati.

Lalu putar balik kertas ke arah luar dan kertas pada bagian luar di lipat dari depan ke belakang.

Setelah itu, putar balik kertas ke arah luar dan lipat kertas pada bagian luar dari depan ke belakang. Pastikan lipatan kertasnya rapi.

Kertas dilipat lagi dari atas ke bawah dan buat kepala burung dengan melipat bagian ujung ke dalam.

Lipat kertas lagi dari atas ke bawah dan buat kepala burung dengan melipat bagian ujung kertas ke dalam. Pastikan membentuk kepala burung yang diinginkan.

Buat ujung yang lain menjadi ekor dengan cara melipat ke arah luar. Nah akhirnya selesai sudah bentuk burung camar.

Terakhir, bentuk bagian ujung yang lain menjadi ekor dengan cara melipat ke arah luar. Sekarang hiasan jendela berbentuk burung camar sudah selesai dibuat.

Hiasan Origami Berbentuk Kipas

Potong kertas lipat persegi menjadi persegi panjang.

Pertama, potong kertas origami lipat persegi menjadi persegi panjang sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Pastikan potongan kertasnya rapi dan pres dengan hati-hati.

Lipat setiap 1 cm kertas ke arah dalam dan buat tinggi dan ukuran lipatan sama.

Lipat setiap 1 cm kertas ke arah dalam untuk membantu membentuk kipas. Pastikan tinggi dan ukuran lipatan setiap 1 cm tersebut sama agar lipatannya rapi.

Lipat bagian kertas secara vertikal sampai ke arah tengah dan buka lagi.

Lipat bagian kertas secara vertikal sampai ke arah tengah dan kemudian buka lagi. Lipatannya akan membantu membentuk kipas.

Lipat lagi bagian kanan dan kiri ke arah tengah sehingga menjadi bentuk persegi.

Setelah itu, lipat bagian kanan dan kiri kertas origami ke arah tengah sehingga membentuk bentuk persegi. Pastikan lipatan tersebut rapi.

Buat lagi lipatan secara vertikal ke arah tengah.

Lipat lagi bagian kertas secara vertikal ke arah tengah hingga membentuk bentuk persegi seperti sebelumnya. Pastikan lipatan ini terbuka dengan baik.

Buka lagi ke arah luar dan tekan pada bagian lipatan kertas.

Buka kertas lagi ke arah luar dan tekan pada bagian lipatan kertas yang sudah dilakukan sebelumnya. Lipatan ini akan membantu membentuk kipas.

Susun kertas dengan tali sesuai selera Anda.

Terakhir, susun kertas menjadi bentuk kipas sesuai dengan keinginan Anda. Anda bisa menambahkan tali pada kipas untuk memudahkan menggantung hiasan di jendela.

Pertanyaan Umum tentang Membuat Hiasan Jendela dari Kertas Origami

Apakah saya harus menggunakan kertas origami?

Iya, menggunakan kertas origami akan memberikan hasil yang lebih baik karena kertas origami khusus dibuat untuk melipat dan membentuk.

Apakah saya bisa menggunakan kertas biasa untuk membuat hiasan jendela?

Tentu, Anda juga bisa menggunakan kertas biasa untuk membuat hiasan jendela. Namun, perlu diingat bahwa kertas biasa mungkin tidak sekuat dan tidak sefleksibel kertas origami.

Apa cara yang paling mudah untuk membuat hiasan jendela dari kertas origami?

Salah satu cara yang paling mudah untuk membuat hiasan jendela dari kertas origami adalah dengan membuat bentuk bunga sakura. Langkah-langkahnya sederhana dan hasilnya sangat indah.

Bisakah saya menggunakan kertas berkilap untuk membuat hiasan jendela dari kertas origami?

Tentu, Anda bisa menggunakan kertas berkilap untuk membuat hiasan jendela dari kertas origami. Kertas berkilap dapat memberikan sentuhan yang lebih menarik pada hiasan jendela Anda.

Apakah saya perlu memiliki pengalaman sebelumnya dalam membuat origami untuk membuat hiasan jendela?

Tidak, Anda tidak perlu memiliki pengalaman sebelumnya dalam membuat origami untuk membuat hiasan jendela. Langkah-langkah yang dibahas dalam artikel ini sangat perlahan dan mudah diikuti.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat satu hiasan jendela?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat satu hiasan jendela tergantung pada tingkat keahlian Anda dalam melipat kertas origami. Namun, secara umum, hiasan jendela bisa dibuat dalam waktu kurang dari satu jam.

Apakah saya bisa menggantung hiasan jendela di luar ruangan?

Ya, Anda bisa menggantung hiasan jendela di luar ruangan. Namun, perlu diingat bahwa kertas origami tidak tahan terhadap air dan kondisi cuaca yang ekstrim, jadi pastikan untuk melindunginya dari cuaca yang buruk.

Bagaimana cara membersihkan hiasan jendela dari kertas origami?

Untuk membersihkan hiasan jendela dari kertas origami, Anda dapat menggunakan kuas lembut atau kain lap bersih untuk mengangkat debu atau kotoran yang menempel.

Apakah ada cara lain untuk menghias jendela selain dari kertas origami?

Tentu! Selain menggunakan kertas origami, Anda juga bisa mencoba menggunakan kertas lipat, kertas tisu, atau bahkan bahan lain seperti kain atau plastik transparan untuk menghias jendela Anda.

Adakah variasi bentuk lain yang bisa saya coba untuk hiasan jendela?

Tentu, ada banyak variasi bentuk lain yang bisa Anda coba untuk menghias jendela. Coba eksperimen dengan hiasan berbentuk binatang, bunga lainnya, atau bentuk-bentuk unik sesuai selera Anda.

Bagaimana cara membuat hiasan jendela yang lebih kompleks dari kertas origami?

Jika Anda ingin mencoba membuat hiasan jendela yang lebih kompleks dari kertas origami, ada banyak pola dan tutorial yang tersedia online. Anda bisa mencari tutorial yang sesuai dengan tingkat keahlian Anda.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas beberapa teknik sederhana untuk membuat hiasan jendela dari kertas origami, termasuk membuat bunga sakura, kupu-kupu, bintang, burung camar, dan kipas. Setiap hiasan ini bisa menambah nilai estetika pada jendela Anda dan meningkatkan desain interior ruangan.

Selain menggunakan kertas origami, Anda juga bisa mencoba menggunakan bahan lain seperti kertas lipat, kertas tisu, atau bahkan kain atau plastik transparan untuk menghias jendela Anda. Jelajahi kreativitas Anda dan ciptakan hiasan jendela yang unik dan menarik.

Selamat mencoba membuat hiasan jendela dari kertas origami dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih telah membaca!

Berita Terkait

Cara download tiktok tanpa watermark
Cara Cipokan: Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Kenikmatan Maksimal
Cara aktifkan lazada paylater
Cara pinjam uang di lazada
Cara mendapatkan gratis ongkir di lazada
Cara menggunakan bonus dadakan di lazada
Cara mendapatkan voucher 30rb lazada pengguna baru
Cara Melihat No Rekening BRI: Panduan Lengkap

Berita Terkait

Minggu, 26 Mei 2024 - 11:33

Cara download tiktok tanpa watermark

Sabtu, 18 Mei 2024 - 11:33

Cara aktifkan lazada paylater

Sabtu, 18 Mei 2024 - 11:27

Cara pinjam uang di lazada

Sabtu, 18 Mei 2024 - 11:25

Cara mendapatkan gratis ongkir di lazada

Sabtu, 18 Mei 2024 - 10:42

Cara menggunakan bonus dadakan di lazada

Sabtu, 18 Mei 2024 - 10:25

Cara mendapatkan voucher 30rb lazada pengguna baru

Minggu, 5 Mei 2024 - 22:48

Cara Melihat No Rekening BRI: Panduan Lengkap

Sabtu, 4 Mei 2024 - 15:08

Cara memakai eyeliner yang baik dan benar

Berita Terbaru

Cara Menghitung Tanggal Jadian

Tips

Cara Menghitung Tanggal Jadian Seperti di TikTok

Senin, 27 Mei 2024 - 11:48

Cara Membuat Magnet yang Mudah dan Murah

Tips

Cara Membuat Magnet yang Mudah dan Murah

Senin, 27 Mei 2024 - 11:43

Cara Cek Nomor Indosat IM3 Lewat SMS

Tips

Cara Cek Nomor Indosat IM3 Lewat SMS

Senin, 27 Mei 2024 - 11:40

Cara

Cara download tiktok tanpa watermark

Minggu, 26 Mei 2024 - 11:33

Cara Perawatan Kulit Wajah Berminyak

Tips

Cara Perawatan Kulit Wajah Berminyak

Minggu, 26 Mei 2024 - 11:30