cara membuat latar belakang skripsi

- Penulis Berita

Rabu, 6 September 2023 - 10:38

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Selamat datang, pembaca! Saya, Rintiksedu.id, akan membahas topik yang sangat relevan dan penting bagi mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi mereka. Dalam artikel ini, saya akan memandu Anda tentang cara membuat latar belakang skripsi yang baik dan benar. Saya memiliki pengalaman dalam hal ini dan berbagi informasi yang dapat membantu Anda mencapai kualitas terbaik dalam skripsi Anda.

wapt image post 833

Bagian 1: Pendahuluan

Dalam setiap skripsi, latar belakang penelitian adalah salah satu elemen yang sangat penting. Ini adalah bagian awal skripsi Anda yang memberikan landasan yang kuat untuk penelitian yang akan Anda lakukan. Latar belakang skripsi Anda harus jelas, relevan, dan terstruktur dengan baik untuk meyakinkan dosen penguji saat Anda mempresentasikannya. Dalam panduan ini, saya akan memberi Anda tips dan contoh latar belakang skripsi yang dapat Anda gunakan.

Bagian 2: Cara Membuat Latar Belakang Skripsi yang Baik

Langkah pertama dalam membuat latar belakang skripsi yang baik adalah memilih topik penelitian yang tepat. Pilih topik yang sesuai dengan minat Anda dan sesuai dengan program studi Anda. Setelah itu, Anda perlu melakukan studi literatur untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang topik Anda. Cari sumber referensi yang valid dan terpercaya yang dapat mendukung penelitian Anda.

Selanjutnya, tentukan tujuan dan masalah penelitian Anda. Jelaskan secara jelas mengapa topik ini penting dan apa yang ingin Anda ketahui melalui penelitian Anda. Sertakan relevansi penelitian Anda dengan konteks sosial, ekonomi, atau ilmiah yang lebih luas.

Tentukan batasan penelitian Anda untuk menentukan ruang lingkup penelitian Anda. Jelaskan apa yang akan Anda sertakan dalam penelitian Anda dan apa yang tidak akan Anda sertakan. Ini akan membantu menciptakan fokus yang jelas dan terarah dalam latar belakang skripsi Anda.

Terakhir, jelaskan metode penelitian yang akan Anda gunakan. Diskusikan tentang pendekatan penelitian yang Anda pilih, alat yang akan Anda gunakan, dan prosedur yang akan Anda jalankan. Pastikan untuk menjelaskan mengapa metode ini relevan dan mengapa Anda memilihnya.

Contoh Latar Belakang Skripsi

Untuk memberikan pemahaman yang lebih jelas, berikut adalah contoh latar belakang skripsi mengenai pentingnya Google Book dalam meningkatkan minat membaca siswa SMP di Mojokerto:

Judul skripsi: Pentingnya Google Book dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa SMP di Mojokerto

Latar belakang:

Saat ini, budaya baca siswa-siswi menengah pertama di Mojokerto cenderung terkalahkan oleh kemajuan teknologi. Buku cetak mulai ditinggalkan dan siswa lebih memilih menggunakan perangkat elektronik untuk mencari informasi. Buku sebagai bahan referensi yang digunakan untuk mencari informasi sesuai kebutuhan mulai ditinggalkan. Untuk mengatasi permasalahan ini, diperlukan solusi yang tepat agar kehadiran buku tidak tergantikan dengan kemajuan teknologi.

Dalam penelitian ini, kami ingin meneliti mengenai penggunaan Google Book sebagai alternatif untuk meningkatkan minat membaca siswa SMP di Mojokerto. Google Book menawarkan akses mudah dan cepat ke berbagai buku secara online. Dengan harga yang terjangkau, siswa dapat mengakses pengetahuan dari berbagai bidang dengan lebih mudah.

Melalui penelitian ini, kami berharap dapat menemukan bukti bahwa dengan adanya Google Book, minat baca siswa SMP di Mojokerto dapat meningkat. Kami juga ingin menemukan metode yang efektif untuk mengintegrasikan penggunaan Google Book dalam pembelajaran di sekolah.

Melalui latar belakang skripsi ini, kami ingin menyampaikan pentingnya menjaga minat membaca siswa yang ditantang oleh kemajuan teknologi. Kami meyakini bahwa penggunaan Google Book dapat menjadi solusi yang efektif untuk meningkatkan minat baca siswa SMP di Mojokerto dan di tempat lainnya.

FAQ: Pertanyaan Umum tentang Cara Membuat Latar Belakang Skripsi

1. Apa yang dimaksud dengan latar belakang skripsi?

Latar belakang skripsi adalah bagian awal skripsi yang menjelaskan konteks penelitian, relevansi topik, dan alasan mengapa penelitian ini penting untuk dilakukan.

2. Apa yang harus saya tulis dalam latar belakang skripsi?

Dalam latar belakang skripsi, Anda harus membahas topik penelitian Anda, relevansi dengan konteks sosial atau ilmiah yang lebih luas, tujuan penelitian, masalah penelitian, batasan penelitian, dan metode penelitian yang akan Anda gunakan.

3. Mengapa latar belakang skripsi penting dalam penelitian?

Latar belakang skripsi penting karena memberikan dasar yang kuat untuk penelitian Anda. Ini membantu memperjelas tujuan dan relevansi penelitian Anda, menyediakan konteks dan pemahaman yang baik untuk membantu pembaca memahami penelitian Anda.

4. Apakah saya harus menggunakan referensi dalam latar belakang skripsi?

Iya, sangat penting untuk menggunakan referensi yang valid dan terpercaya dalam latar belakang skripsi Anda. Referensi yang baik akan memberikan dasar teoritis dan dukungan yang kuat untuk penelitian Anda.

5. Berapa panjang latar belakang skripsi yang ideal?

Latat belakang skripsi harus ditulis secara singkat dan padat. Biasanya, latar belakang skripsi sekitar 2-3 halaman tergantung pada kompleksitas topik dan ruang lingkup penelitian.

6. Bagaimana cara menjaga latar belakang skripsi tetap fokus pada topik?

Untuk menjaga latar belakang skripsi tetap fokus, pastikan Anda meletakkan tujuan, masalah, dan batasan penelitian Anda sesuai dengan topik penelitian. Jangan menyertakan informasi yang tidak relevan atau tidak mendukung topik Anda.

7. Apakah saya perlu menyertakan kutipan langsung dari sumber referensi di latar belakang skripsi?

Tidak selalu perlu menyertakan kutipan langsung dalam latar belakang skripsi. Namun, jika ada teori atau temuan penelitian penting yang perlu didiskusikan, disarankan untuk menyertakan kutipan langsung tersebut untuk menguatkan argumen Anda.

8. Apakah saya perlu menguraikan status penelitian sebelumnya dalam latar belakang skripsi?

Ya, sangat penting untuk menguraikan penelitian sebelumnya yang sudah ada dalam latar belakang skripsi Anda. Diskusikan temuan penelitian terkait dengan topik Anda dan jelaskan relevansinya dengan penelitian Anda.

9. Apakah latar belakang skripsi harus berurutan secara kronologis?

Tidak selalu, terutama jika urutan kronologis tidak relevan dengan topik penelitian Anda. Latar belakang skripsi harus disusun sedemikian rupa sehingga membantu memahami konteks penelitian Anda dan alasan mengapa penelitian Anda penting.

10. Bisakah saya menggunakan latar belakang penelitian yang sama dengan penelitian sebelumnya?

Anda dapat menggunakan latar belakang penelitian sebelumnya sebagai referensi, tetapi pastikan untuk menulis ulang dengan kata-kata Anda sendiri dan menyesuaikannya dengan topik dan tujuan penelitian Anda.

Kesimpulan

Dalam setiap penelitian skripsi, latar belakang penelitian adalah bagian yang sangat penting. Anda perlu membuat latar belakang skripsi yang baik dan benar untuk memperbaiki kualitas skripsi Anda. Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan dan contoh latar belakang skripsi yang dapat membantu Anda dalam menulis latar belakang skripsi Anda. Ingatlah untuk fokus pada topik Anda, menjelaskan relevansi penelitian Anda, dan memberikan argumen dan bukti yang kuat untuk mendukung penelitian Anda. Semoga sukses dalam menyelesaikan skripsi Anda!

Berita Terkait

Cara download tiktok tanpa watermark
Cara Cipokan: Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Kenikmatan Maksimal
Cara aktifkan lazada paylater
Cara pinjam uang di lazada
Cara mendapatkan gratis ongkir di lazada
Cara menggunakan bonus dadakan di lazada
Cara mendapatkan voucher 30rb lazada pengguna baru
Cara Melihat No Rekening BRI: Panduan Lengkap

Berita Terkait

Minggu, 26 Mei 2024 - 11:33

Cara download tiktok tanpa watermark

Sabtu, 18 Mei 2024 - 11:33

Cara aktifkan lazada paylater

Sabtu, 18 Mei 2024 - 11:27

Cara pinjam uang di lazada

Sabtu, 18 Mei 2024 - 11:25

Cara mendapatkan gratis ongkir di lazada

Sabtu, 18 Mei 2024 - 10:42

Cara menggunakan bonus dadakan di lazada

Sabtu, 18 Mei 2024 - 10:25

Cara mendapatkan voucher 30rb lazada pengguna baru

Minggu, 5 Mei 2024 - 22:48

Cara Melihat No Rekening BRI: Panduan Lengkap

Sabtu, 4 Mei 2024 - 15:08

Cara memakai eyeliner yang baik dan benar

Berita Terbaru

Cara Menghitung Tanggal Jadian

Tips

Cara Menghitung Tanggal Jadian Seperti di TikTok

Senin, 27 Mei 2024 - 11:48

Cara Membuat Magnet yang Mudah dan Murah

Tips

Cara Membuat Magnet yang Mudah dan Murah

Senin, 27 Mei 2024 - 11:43

Cara Cek Nomor Indosat IM3 Lewat SMS

Tips

Cara Cek Nomor Indosat IM3 Lewat SMS

Senin, 27 Mei 2024 - 11:40

Cara

Cara download tiktok tanpa watermark

Minggu, 26 Mei 2024 - 11:33

Cara Perawatan Kulit Wajah Berminyak

Tips

Cara Perawatan Kulit Wajah Berminyak

Minggu, 26 Mei 2024 - 11:30