cara menahan kencing

- Penulis Berita

Jumat, 4 Agustus 2023 - 19:32

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Rintiksedu.id – Apakah Anda pernah berada dalam situasi darurat di mana Anda harus menahan kencing tanpa kemungkinan segera untuk pergi ke toilet? Menahan kencing dalam keadaan seperti ini bisa menjadi sangat sulit dan menyakitkan. Tetapi ada beberapa cara efektif yang dapat Anda lakukan untuk menahan kencing dalam situasi darurat. Dalam artikel ini, kami akan membahas enam cara yang ampuh untuk menahan kencing serta bahaya-bahaya yang dapat timbul akibat sering menahan kencing.

wapt image post 63

Cara menahan kencing yang ampuh

1. Mengalihkan perhatian

Saat Anda merasa sangat ingin kencing, cobalah untuk mengalihkan perhatian Anda ke hal lain. Fokus pada kegiatan atau objek di sekitar Anda dapat membantu mengurangi rasa ingin kencing yang mendesak.

2. Berbicara dengan seseorang

Melakukan percakapan dengan orang lain dapat membuat Anda melupakan rasa ingin kencing. Percakapan dapat mengalihkan perhatian Anda dan membantu mengurangi tekanan pada kandung kemih Anda.

3. Berganti posisi

Jika Anda merasa sangat ingin kencing, mencoba berganti posisi dapat membantu. Misalnya, berdiri jika Anda sedang duduk atau berjalan-jalan secara perlahan. Perubahan posisi tubuh dapat mengubah tekanan pada kandung kemih dan memberikan sedikit rasa lega.

4. Jauhkan cairan dari pandangan

Memiliki air atau minuman di dekat Anda dapat membuat rasa ingin kencing semakin intens. Jauhkan minuman dari pandangan Anda agar tidak tergoda untuk minum. Semakin jauh Anda dari sumber cairan, semakin mudah bagi Anda untuk menahan keinginan untuk kencing.

5. Tetap diam

Berpikir tentang sesuatu yang tenang dan tidak menggerakkan tubuh Anda dapat membantu menahan kencing. Dengan tetap diam, Anda dapat mengalihkan fokus dari rasa ingin kencing dan memberikan sedikit rasa lega.

6. Menghangatkan diri

Menghangatkan tubuh dapat membantu mengurangi rasa ingin kencing. Anda dapat mencoba menggosokkan tangan atau menghangatkan bagian tubuh yang lain secara perlahan-lahan. Suhu hangat dapat memberikan efek menenangkan pada kandung kemih Anda.

Bahaya terlalu sering menahan kencing

Menahan kencing terlalu sering dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan Anda. Beberapa bahaya yang dapat timbul akibat sering menahan kencing antara lain:

1. Merasa sakit

Menahan kencing dalam periode yang lama dapat menyebabkan perasaan sakit dan tidak nyaman pada kandung kemih Anda. Hal ini dapat membuat aktivitas sehari-hari menjadi tidak menyenangkan.

2. Infeksi saluran kemih

Menahan kencing secara teratur dapat meningkatkan risiko terkena infeksi saluran kemih. Bakteri yang menginfeksi saluran kemih dapat berkembang biak dengan cepat jika urine tertahan dalam waktu yang lama. Infeksi saluran kemih dapat menyebabkan gejala seperti nyeri saat buang air kecil, sering buang air kecil, dan demam.

3. Peregangan kandung kemih

Sering menahan kencing dapat menyebabkan peregangan berlebihan pada kandung kemih Anda. Hal ini dapat mengganggu fungsi normal kandung kemih dan menyebabkan rasa sakit serta gangguan buang air kecil.

4. Kerusakan otot dasar panggul

Menahan kencing secara teratur dapat mengakibatkan kerusakan pada otot dasar panggul, terutama otot-otot yang bertanggung jawab untuk mengendalikan aliran urine. Kerusakan otot ini dapat menyebabkan gangguan buang air kecil dan inkontinensia urin.

5. Batu ginjal

Menahan kencing terlalu sering dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Ketika urine tertahan dalam waktu yang lama, konsentrasi mineral dan garam dalam urine dapat meningkat, sehingga meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal.

Tabel: Rincian tentang cara menahan kencing secara ampuh

Cara Menahan KencingBahaya Menahan Kencing Terlalu Sering
Mengalihkan perhatianMerasa sakit
Berbicara dengan seseorangInfeksi saluran kemih
Berganti posisiPeregangan kandung kemih
Jauhkan cairan dari pandanganKerusakan otot dasar panggul
Tetap diamBatu ginjal
Menghangatkan diri

Pertanyaan Umum tentang cara menahan kencing

1. Apakah sering menahan kencing berbahaya?

Iya, sering menahan kencing dapat memiliki banyak bahaya bagi kesehatan Anda. Bahaya tersebut mencakup perasaan sakit, infeksi saluran kemih, peregangan kandung kemih, kerusakan otot dasar panggul, dan pembentukan batu ginjal.

2. Apakah mengalihkan perhatian dapat membantu menahan kencing?

Ya, mengalihkan perhatian Anda ke hal lain dapat membantu mengurangi rasa ingin kencing yang mendesak.

3. Apakah menahan kencing secara teratur dapat menyebabkan infeksi saluran kemih?

Iya, menahan kencing secara teratur dapat meningkatkan risiko terkena infeksi saluran kemih karena bakteri dapat berkembang biak dengan cepat jika urine tertahan dalam waktu yang lama.

4. Bagaimana menahan kencing dapat menyebabkan peregangan kandung kemih?

Menahan kencing secara teratur dapat menyebabkan peregangan berlebihan pada kandung kemih, yang dapat mengganggu fungsi normalnya dan menyebabkan rasa sakit serta gangguan buang air kecil.

5. Apakah menahan kencing dapat menyebabkan kerusakan otot dasar panggul?

Ya, menahan kencing secara teratur dapat mengakibatkan kerusakan pada otot dasar panggul yang bertanggung jawab untuk mengendalikan aliran urine. Kerusakan otot ini dapat menyebabkan gangguan buang air kecil dan inkontinensia urin.

6. Apakah menahan kencing dapat menyebabkan batu ginjal?

Iya, menahan kencing terlalu sering dapat menyebabkan peningkatan konsentrasi mineral dan garam dalam urine, sehingga meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal.

7. Adakah cara lain yang efektif untuk menahan kencing?

Selain cara-cara yang telah disebutkan di atas, minum air secukupnya dan buang air kecil secara teratur juga dapat membantu dalam menahan kencing.

8. Berapa sering sebaiknya seseorang buang air kecil dalam sehari?

Sebagian besar orang dewasa membuang air kecil sekitar 4-8 kali dalam sehari. Namun, frekuensi buang air kecil dapat berbeda-beda untuk setiap individu, tergantung pada konsumsi cairan dan faktor-faktor lainnya.

9. Kapan sebaiknya saya memeriksakan diri ke dokter jika saya sering menahan kencing?

Jika Anda sering merasa perlu menahan kencing atau mengalami gejala-gejala yang mengganggu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda. Dokter dapat mendiagnosis penyebabnya dan memberikan penanganan yang sesuai.

10. Apakah ada pengobatan untuk masalah menahan kencing yang sering?

Pengobatan untuk masalah menahan kencing yang sering tergantung pada penyebabnya. Metode pengobatan dapat meliputi perubahan gaya hidup, terapi fisik, dan dalam kasus yang lebih parah, intervensi bedah. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk menentukan pengobatan yang tepat bagi Anda.

Kesimpulan

Jadi, ada beberapa cara efektif yang dapat Anda lakukan untuk menahan kencing dalam situasi darurat. Namun, penting juga untuk menyadari bahaya-bahaya yang dapat timbul akibat sering menahan kencing. Menahan kencing terlalu sering dapat menyebabkan ketidaknyamanan, infeksi saluran kemih, peregangan kandung kemih, kerusakan otot dasar panggul, dan pembentukan batu ginjal. Dalam kondisi normal dan sehat, sebaiknya Anda buang air kecil secara teratur dan tidak menahannya dalam waktu yang lama.

Saran Video Seputar : cara menahan kencing

Berita Terkait

Cara Cek NPSN: Panduan Lengkap dalam Bahasa Indonesia
Bagaimana Cara Kerja Pembuatan Karya Seni Rupa dengan Teknik Cetak
Jenis alat musik cara memainkan daerah asal sumber informasi
Bagaimana cara memainkan alat musik pianika
Cara memainkan gong bumbung mirip dengan cara memainkan alat musik
Cara Membuat Balok: Kreasi dan Teknik yang Berguna untuk Dikuasai
Berikut Ini yang Bukan Merupakan Cara Gol Dapat Terjadi
Cara menggiring bola yang dibenarkan adalah

Berita Terkait

Minggu, 16 Juni 2024 - 10:13

Sharing Artinya dalam Bahasa Indonesia

Minggu, 16 Juni 2024 - 10:07

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI): Scene adalah

Sabtu, 15 Juni 2024 - 08:23

Kata Baku Dan Tidak Baku

Kamis, 13 Juni 2024 - 19:44

Unsur Seni Rupa yang Paling Sederhana Adalah

Rabu, 12 Juni 2024 - 10:48

200 Dollar Berapa Rupiah, Menghitung Nilai Tukar

Rabu, 12 Juni 2024 - 10:46

Birama lagu aku anak Indonesia adalah

Rabu, 12 Juni 2024 - 10:43

Yang Termasuk sumber informasi terkait peluang usaha data primer adalah…

Selasa, 11 Juni 2024 - 15:00

Perkalian 1 Sampai 100

Berita Terbaru

Pendidikan

Sharing Artinya dalam Bahasa Indonesia

Minggu, 16 Jun 2024 - 10:13

Pendidikan

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI): Scene adalah

Minggu, 16 Jun 2024 - 10:07

Pendidikan

Kata Baku Dan Tidak Baku

Sabtu, 15 Jun 2024 - 08:23

Teknologi

Cara menemukan arti kosakata yang tepat adalah

Sabtu, 15 Jun 2024 - 08:09