cara mengembalikan foto yang terhapus permanen

- Penulis Berita

Kamis, 24 Agustus 2023 - 17:48

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Bagian Pendahuluan

Selamat datang di Rintiksedu.id! Saya, Rintik, akan berbagi pengalaman dan informasi mengenai cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di HP. Sebagai pengguna smartphone, kita sering menghadapi situasi di mana foto yang kita anggap berharga tiba-tiba terhapus secara tidak sengaja.

Sayangnya, proses untuk mengembalikan foto yang terhapus permanen tidaklah mudah, namun saya akan memberikan panduan dan tip yang berguna untuk membantu Anda dalam proses pemulihan. Artikel ini berisi informasi yang selengkap mungkin tentang cara mengembalikan foto yang terhapus permanen. Mari kita mulai!

Cara Mengembalikan Foto dari Google Photo

Langkah 1: Cari di Folder Sampah Google Photo

Google Photo memiliki fitur folder Sampah yang menyimpan foto yang dihapus selama 60 hari. Anda dapat mengunjungi folder ini melalui aplikasi Google Photo di HP Anda atau menggunakan peramban web melalui alamat https://photos.google.com/trash. Cek folder ini terlebih dahulu untuk melihat apakah foto yang terhapus masih tersimpan di sini.

Langkah 2: Gunakan Aplikasi Pemulihan Foto di HP Android

Jika foto Anda tidak tersedia di folder Sampah Google Photo, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengembalikan foto yang terhapus. Beberapa aplikasi yang dapat Anda coba adalah:

  1. Deleted Photo Recovery: Aplikasi ini dapat memindai dan mengembalikan foto yang terhapus dari penyimpanan internal atau SD card HP Android. Pastikan untuk menggunakan aplikasi dari sumber yang terpercaya.
  2. Dumpster: Dumpster merupakan aplikasi penghapus berkas yang memiliki fitur untuk menyimpan dan mengembalikan foto yang terhapus.
  3. DiskDigger Photo Recovery: Aplikasi ini dapat memulihkan foto yang terhapus baik dari penyimpanan internal maupun SD card.
  4. DigDeep Image Recovery: Aplikasi ini menggunakan metode pemindaian yang mendalam untuk mengembalikan foto yang terhapus.
  5. Restore Image: Aplikasi ini dapat mengembalikan foto yang terhapus dengan cepat dan mudah.

Unduh aplikasi ini melalui Play Store, instal, dan ikuti petunjuknya untuk memulihkan foto yang terhapus.

Cara Mengembalikan Foto di iPhone

Langkah 1: Periksa di Folder Terbaru

Setelah menghapus foto secara permanen di iPhone, foto tersebut masih dapat ditemukan di folder Terbaru. Tuju ke aplikasi Galeri pada iPhone Anda lalu pilih tab Terbaru untuk memeriksa apakah foto yang terhapus masih tersedia di sini.

Langkah 2: Menggunakan iTunes

Jika Anda telah melakukan sinkronisasi iPhone Anda dengan iTunes sebelumnya, Anda dapat menggunakan iTunes untuk mengembalikan foto yang terhapus. Hubungkan iPhone ke komputer melalui kabel USB dan buka iTunes. Pilih perangkat Anda dan pilih tab Ringkasan. Pilih opsi Pulihkan Cadangan untuk memulihkan foto dari cadangan iTunes terbaru.

Langkah 3: Pulihkan Menggunakan iCloud

Jika Anda telah mengaktifkan fitur iCloud dan foto-foto Anda terbackup dalam iCloud, Anda dapat memulihkan foto yang terhapus melalui iCloud. Buka Pengaturan pada iPhone Anda dan pilih Akun & Sandi. Pilih opsi iCloud dan masuk menggunakan ID Apple Anda. Gulir ke bawah dan pilih Foto. Aktifkan opsi Foto iCloud dan foto-foto Anda akan otomatis dikembalikan ke perangkat Anda.

Langkah 4: Gunakan Aplikasi Pemulihan Foto di iPhone

Jika foto Anda tidak terdapat di folder Terbaru ataupun tidak berhasil dikembalikan menggunakan iTunes atau iCloud, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pemulihan foto khusus iPhone. Beberapa aplikasi yang dapat Anda coba adalah:

  1. EaseUS MobiSaver: Aplikasi ini dapat memulihkan foto yang terhapus baik dari penyimpanan internal maupun iCloud.
  2. iBackup Extractor: Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memulihkan foto dari cadangan iTunes atau iCloud yang ada.

Unduh aplikasi ini melalui App Store, instal, dan ikuti petunjuknya untuk memulihkan foto yang terhapus.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di WhatsApp

Langkah 1: Lakukan Recovery Pesan

Jika Anda ingin mengembalikan foto yang terhapus di WhatsApp, Anda dapat memulihkannya melalui fitur recovery pesan WhatsApp. Jika Anda belum mencadangkan obrolan WhatsApp Anda, ada kemungkinan Anda dapat memulihkan foto yang terhapus dari cadangan terakhir. Saat Anda menginstal ulang WhatsApp, WhatsApp akan memulihkan obrolan dari cadangan terakhir dan foto-foto dalam obrolan tersebut akan juga dikembalikan.

Langkah 2: Uninstall Aplikasi WhatsApp

Saya tidak merekomendasikan langkah ini jika Anda tidak yakin tentang bagaimana mengatasi penghapusan dan penginstal ulang WhatsApp dengan benar. Namun, jika semua upaya sebelumnya gagal, langkah ini dapat membantu. Sebelum menghapus aplikasi WhatsApp, pastikan untuk mencadangkan pesan dan file media terlebih dahulu. Setelah menghapus aplikasi WhatsApp, instal kembali dari Play Store dan ikuti petunjuk untuk memulihkan obrolan dan foto-foto yang terhapus.

Langkah 3: Mengembalikan Foto WhatsApp dari Penyimpanan Eksternal (Micro SD)

Jika HP Anda dilengkapi dengan slot micro SD dan Anda telah mengatur WhatsApp untuk menyimpan foto dan video di kartu SD, Anda dapat mengakses foto-foto yang terhapus melalui perangkat komputer. Pasang kartu SD di komputer dan gunakan software pemulihan data untuk memulihkan foto yang hilang.

Langkah 4: Gunakan Google Drive

Jika Anda telah mengaktifkan fitur pencadangan ke Google Drive di WhatsApp, Anda dapat memulihkan foto yang terhapus. Saat menginstal ulang WhatsApp, pilih opsi Pulihkan dari Google Drive dan pilih akun yang digunakan untuk mencadangkan obrolan WhatsApp Anda. Foto-foto yang terhapus akan otomatis dikembalikan ke aplikasi WhatsApp Anda.

Langkah 5: Pakai Aplikasi WhatsRemoved+

WhatsRemoved+ adalah aplikasi Android yang dapat melacak dan memulihkan pesan WhatsApp yang dihapus, termasuk foto dan video. Aplikasi ini memonitor notifikasi aplikasi WhatsApp dan mengambil data dari notifikasi tersebut. Unduh aplikasi WhatsRemoved+ dari Play Store, lakukan pengaturan awal, dan biarkan aplikasi ini bekerja untuk memulihkan foto yang terhapus di WhatsApp.

Pertanyaan Umum Seputar Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP

1. Apakah Foto yang Dihapus Permanen Bisa Dikembalikan?

Iya, dalam beberapa kasus, foto yang dihapus permanen masih dapat dikembalikan. Dalam panduan ini, saya telah memberikan beberapa metode yang dapat Anda coba untuk memulihkan foto yang terhapus.

2. Bagaimana Cara Mengembalikan Foto yang Sudah Terhapus di HP?

Anda dapat menggunakan metode yang telah dijelaskan di atas untuk mengembalikan foto yang terhapus di HP Anda. Tingkat kesuksesan pemulihan foto tergantung pada seberapa cepat tindakan dilakukan dan metode yang digunakan.

3. Bagaimana Cara Mengembalikan Foto yang Sudah Lama Terhapus?

Jika foto telah lama terhapus dari penyimpanan internal atau penyimpanan cloud, kemungkinan pemulihan foto akan semakin kecil. Namun, Anda tetap dapat mencoba metode yang telah dijelaskan di atas.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, Rintik telah membahas tuntas tentang cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di HP. Kami telah membahas metode untuk mengembalikan foto di HP Android, iPhone, dan WhatsApp. Ingatlah untuk selalu mencadangkan data Anda secara teratur dan menghindari menghapus foto atau file penting dengan tidak sengaja. Apabila Anda memerlukan bantuan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi dukungan HP atau layanan pemulihan data profesional.

Saran Video Seputar : cara mengembalikan foto yang terhapus permanen

Berita Terkait

Cara Menjaga HP Agar Tidak Dihack
Cara Menghilangkan Bercak Putih di LCD HP
Cara Allah mengobati stroke
Bersedekah Merupakan Salah Satu Cara Mendekatkan Diri kepada Allah
Cara kirim shopeepay ke dana
Cara transfer gopay ke shopee
Tata cara sholat isya 4 rakaat
Beriman kepada qada dan qadar sebaiknya kita pelajari dengan cara

Berita Terkait

Senin, 8 Juli 2024 - 08:24

Isi Perjanjian Tumenggung Surapati

Rabu, 3 Juli 2024 - 12:00

Cara menjaga kesehatan tulang

Rabu, 26 Juni 2024 - 01:14

Cara menghitung bilangan biner

Sabtu, 15 Juni 2024 - 08:09

Cara menemukan arti kosakata yang tepat adalah

Kamis, 13 Juni 2024 - 07:29

5 Merk Kompor Gas Terbaik di Indonesia 2023

Kamis, 13 Juni 2024 - 07:28

Review Kualitas Kompor Gas Merk Progas

Sabtu, 1 Juni 2024 - 02:43

Pancasila sebagai ideologi bangsa terbentuk dengan cara

Rabu, 22 Mei 2024 - 10:46

Kompor Tanam yang Bagus dan Awet: Pilihan Terbaik untuk Dapur Modern Anda

Berita Terbaru

Cara

Cara Menjaga HP Agar Tidak Dihack

Sabtu, 20 Jul 2024 - 09:29

Cara

Cara Menghilangkan Bercak Putih di LCD HP

Sabtu, 20 Jul 2024 - 09:26

Cara

Cara Allah mengobati stroke

Sabtu, 20 Jul 2024 - 09:19