Inilah 5 Cara Mengutip dari Jurnal yang Benar untuk Karya Ilmiah

- Penulis Berita

Jumat, 8 September 2023 - 11:06

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Selamat datang di Rintiksedu.id! Saya Rintik, penulis artikel berpengalaman yang akan membahas topik menarik ini. Bagi para akademisi, mengutip jurnal dalam karya ilmiah adalah suatu hal yang sangat penting. Selain membantu mendukung argumen dan teori yang diusulkan, mengutip dengan benar juga berfungsi untuk menghindari plagiarisme dan menjaga integritas karya ilmiah.

Mengutip jurnal bisa dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya adalah dengan menggunakan kutipan langsung dan kutipan tidak langsung. Selain itu, ada juga cara mengutip ketika jurnal tidak memiliki nama penulis, menggabungkan kutipan dari dua sumber yang berbeda, dan mengutip dengan memasukkan nama penulis ke dalam teks. Mari kita bahas satu persatu cara-cara tersebut.

1. Cara Mengutip dari Jurnal dengan Kutipan Langsung

Kutipan langsung adalah cara mengutip jurnal dengan menggunakan kata-kata yang sama persis seperti yang terdapat dalam teks aslinya. Ketika menggunakan kutipan langsung, penting untuk mengapit kutipan tersebut dengan tanda petik ganda (“”). Selain itu, sertakan juga informasi mengenai nama penulis, tahun terbit, dan halaman tempat kutipan itu ditemukan.

Contoh:

“Penelitian ini menunjukkan bahwa konsumsi makanan yang kaya serat dapat mengurangi risiko penyakit jantung (Smith, 2018, hlm. 25).”

2. Cara Menulis Kutipan Tidak Langsung

Kutipan tidak langsung adalah cara mengutip jurnal dengan menggunakan kalimat-kalimat baru yang mengulang ide-ide atau hasil penelitian dari jurnal tersebut. Kutipan tidak langsung tidak memerlukan tanda petik ganda dan halaman tempat kutipan itu ditemukan. Namun, tetap sertakan informasi mengenai nama penulis dan tahun terbit jurnal.

Contoh:

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Smith (2018), konsumsi makanan yang kaya serat dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Cara Mengutip dari Jurnal Tanpa Nama Penulis

Terkadang, kita menemui jurnal yang tidak memiliki nama penulis. Dalam hal ini, gunakanlah judul publikasi tersebut sebagai pengganti nama penulis. Jangan lupa mencantumkan tahun terbit jurnal dan halaman tempat kutipan itu ditemukan.

Contoh:

Menurut penelitian yang berjudul “Pengaruh PEMBERI MAKANAN Sekolah Terhadap Pola Makan Anak” (2020, hlm. 15), faktor pemberian makanan di sekolah berperan penting dalam membentuk pola makan anak.

4. Cara Menulis Kutipan dengan Dua Sumber Berbeda

Saat mengutip dari dua sumber jurnal yang berbeda tetapi memiliki tema atau topik yang sama, bisa dilakukan dengan menggabungkan kutipan tersebut dengan menggunakan tanda &. Pastikan tetap mencantumkan nama penulis dan tahun terbit jurnal dalam kutipan tersebut.

Contoh:

(Smith, 2018 & Johnson, 2019) menemukan bahwa pola makan yang seimbang sangat berpengaruh terhadap kesehatan gigi dan mulut.

5. Mengutip dengan Memasukkan Nama Penulis

Selain menggunakan kutipan langsung atau tidak langsung, kita juga bisa mengutip dengan memasukkan nama penulis ke dalam teks. Dalam cara ini, nama penulis diikuti oleh tahun terbit dan halaman tempat kutipan itu ditemukan.

Contoh:

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Smith (2018, hlm. 25), konsumsi makanan yang kaya serat dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Sekarang, Anda telah mempelajari lima cara mengutip dari jurnal yang benar untuk karya ilmiah. Penting untuk selalu mengutip dengan akurat dan memastikan bahwa sumber yang digunakan dapat dipercaya. Dengan mengutip dengan benar, Anda akan mendukung argumen Anda dan menjaga integritas karya ilmiah Anda.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa pentingnya mengutip jurnal dalam karya ilmiah?

Mengutip jurnal dalam karya ilmiah penting untuk mendukung argumen dan teori yang diusulkan. Selain itu, mengutip dengan benar juga membantu menghindari plagiarisme dan menjaga integritas karya ilmiah.

2. Apa saja metode yang dapat digunakan untuk mengutip jurnal?

Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengutip jurnal, antara lain dengan menggunakan kutipan langsung, kutipan tidak langsung, memasukkan nama penulis ke dalam teks, mengutip dua sumber yang berbeda, dan mengutip tanpa nama penulis.

3. Bagaimana cara mengutip jurnal jika tidak ada nama penulis?

Jika jurnal tidak memiliki nama penulis, gunakan judul publikasi sebagai pengganti nama penulis. Jangan lupa mencantumkan tahun terbit dan halaman tempat kutipan itu ditemukan.

4. Bagaimana cara menggabungkan kutipan dari dua sumber yang berbeda?

Untuk menggabungkan kutipan dari dua sumber yang berbeda, gunakan tanda & untuk memisahkan nama penulis dari kedua sumber tersebut. Tetap sertakan juga tahun terbit jurnal dan halaman tempat kutipan itu ditemukan.

5. Apakah ada cara lain untuk mengutip jurnal selain menggunakan kutipan langsung atau tidak langsung?

Ya, cara lain untuk mengutip jurnal adalah dengan memasukkan nama penulis ke dalam teks. Dalam cara ini, nama penulis diikuti oleh tahun terbit dan halaman tempat kutipan itu ditemukan.

6. Mengapa penting untuk mengikuti aturan mengutip dengan benar?

Mengutip dengan benar penting untuk menjaga integritas karya ilmiah, menghindari plagiarisme, dan memberikan penghargaan kepada peneliti sebelumnya atas upaya mereka. Mengutip dengan benar juga meningkatkan kredibilitas tulisan akademik.

7. Apa yang harus dilakukan jika ingin mengutip kutipan dari orang lain?

Jika ingin mengutip kutipan dari orang lain, pastikan untuk mencantumkan informasi mengenai penulis asli yang dikutip beserta sumber jurnal aslinya. Hal ini akan membantu memperjelas informasi dan mempertahankan hubungan antara kutipan dan sumber asalnya.

8. Apakah ada pedoman tertentu dalam mengutip dari sumber internet?

Ya, dalam mengutip dari sumber internet, penting untuk mencantumkan URL lengkap dan tanggal akses informasi. Gunakan juga tanda petik ganda untuk kutipan langsung, atau parafrase dengan kalimat baru untuk kutipan tidak langsung.

9. Bagaimana saya bisa menjadi lebih mahir dalam mengutip dari jurnal?

Untuk menjadi lebih mahir dalam mengutip dari jurnal, penting untuk membaca dan memahami pedoman gaya penulisan yang digunakan dalam bidang ilmu Anda. Pedoman seperti APA, MLA, atau Chicago Style memberikan aturan yang jelas mengenai bagaimana mengutip dengan benar.

10. Apa kesimpulan dari topik “cara mengutip dari jurnal” di atas?

Sebagai penutup, mengutip jurnal dengan benar sangat penting dalam karya ilmiah. Metode yang dapat digunakan antara lain dengan menggunakan kutipan langsung, kutipan tidak langsung, memasukkan nama penulis ke dalam teks, mengutip dua sumber yang berbeda, dan mengutip tanpa nama penulis. Dengan mengutip dengan benar, Anda tidak hanya menjaga integritas karya ilmiah Anda, tetapi juga memberikan penghargaan kepada peneliti sebelumnya. Teruslah mengasah keterampilan mengutip Anda dan selalu mengikuti pedoman gaya penulisan yang berlaku dalam bidang ilmu Anda.

Berita Terkait

Cara merapatkan daerah kewanitaan tanpa obat
Cara Menjaga HP Agar Tidak Dihack
Cara Menghilangkan Bercak Putih di LCD HP
Cara Allah mengobati stroke
Bersedekah Merupakan Salah Satu Cara Mendekatkan Diri kepada Allah
Cara kirim shopeepay ke dana
Cara transfer gopay ke shopee
Tata cara sholat isya 4 rakaat

Berita Terkait

Minggu, 21 Juli 2024 - 09:17

Cara merapatkan daerah kewanitaan tanpa obat

Sabtu, 20 Juli 2024 - 09:29

Cara Menjaga HP Agar Tidak Dihack

Sabtu, 20 Juli 2024 - 09:19

Cara Allah mengobati stroke

Jumat, 19 Juli 2024 - 08:51

Bersedekah Merupakan Salah Satu Cara Mendekatkan Diri kepada Allah

Rabu, 17 Juli 2024 - 10:06

Cara kirim shopeepay ke dana

Rabu, 17 Juli 2024 - 10:03

Cara transfer gopay ke shopee

Selasa, 16 Juli 2024 - 09:38

Tata cara sholat isya 4 rakaat

Selasa, 16 Juli 2024 - 09:34

Beriman kepada qada dan qadar sebaiknya kita pelajari dengan cara

Berita Terbaru

LifeStyle

Brand Gamis Lokal, Rekomendasi untuk Lebaran

Minggu, 21 Jul 2024 - 09:34

Brand Lokal Baju Wanita

Atasan

Brand Lokal Baju Wanita, Bagus dengan Harga Terjangkau

Minggu, 21 Jul 2024 - 09:21

Cara

Cara merapatkan daerah kewanitaan tanpa obat

Minggu, 21 Jul 2024 - 09:17

Cara

Cara Menjaga HP Agar Tidak Dihack

Sabtu, 20 Jul 2024 - 09:29