13 Jenis Ikan Hias Arwana dan Perawatannya

- Penulis Berita

Rabu, 30 Agustus 2023 - 15:17

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ikan Hias Arwana

Ikan Hias Arwana

Hello, RintikLovers! Apa kabar? Kali ini kita akan membahas tentang ikan hias yang sangat populer, yaitu ikan Arwana. Arwana merupakan ikan yang memiliki nilai jual yang tinggi dan menjadi incaran banyak penghobi ikan hias. Berikut adalah 13 jenis ikan hias Arwana beserta perawatannya:

Asal Usul Ikan Arwana

Ikan Arwana merupakan ikan hias predator air tawar aquarium yang memiliki asal usul dari benua Asia, khususnya Indonesia, Malaysia, dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya. Ikan ini sudah populer sejak zaman dahulu kala dan menjadi salah satu ikan hias yang paling terkenal di dunia.

Menurut legenda Cina kuno, ikan Arwana merupakan binatang suci yang terkenal sebagai ikan naga yang mempunyai kekuatan magis dan dapat membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Konon, ikan Arwana sering menjadi hadiah bagi keluarga kerajaan di Cina sebagai tanda penghormatan.

Di Indonesia, ikan hias Arwana juga memiliki nilai simbolis yang tinggi. Ikan Arwana sering dianggap sebagai simbol kekuatan, keberuntungan, dan kemakmuran. Oleh karena itu, banyak orang yang memelihara ikan Arwana sebagai hewan peliharaan yang bernilai tinggi.

Dalam beberapa tahun terakhir, ikan Arwana menjadi salah satu primadona dalam perdagangan ikan hias. Namun, karena permintaan yang tinggi dan keterbatasan pasokan, ikan Arwana kini sudah masuk dalam daftar spesies yang dilindungi oleh CITES (Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora) dan dilarang untuk diperjual belikan di banyak negara.

13 Jenis Ikan Hias Arwana

Ikan Arwana adalah salah satu ikan hias yang paling populer di dunia karena keindahan warnanya dan bentuk tubuhnya yang unik. Berikut jenis jenis ikan hias air tawar arwana :

1. Arwana Super Red

Arwana Super Red memiliki warna merah yang sangat memukau dan menjadi daya tarik utama. Ikan ini termasuk jenis yang paling banyak dicari oleh penghobi ikan hias. Untuk menjaga kesehatan Arwana Super Red, perlu memperhatikan kualitas air dan memberikan makanan yang bergizi seperti cacing sutera atau udang rebon.

Baca Juga  Cara Budidaya Pari Air Tawar

2. Arwana Golden

Arwana Golden memiliki warna keemasan yang memukau dan membuatnya menjadi salah satu jenis ikan hias yang paling diminati. Untuk menjaga keindahan warnanya, perlu memberikan makanan yang mengandung karotenoid seperti krill atau udang. Selain itu, perlu menjaga kualitas air dengan rajin mengganti air akuarium.

3. Arwana Silver

Arwana Silver memiliki warna abu-abu keperakan yang sangat indah dan menarik perhatian. Perawatan untuk ikan ini cukup mudah, yaitu memberikan makanan yang seimbang dan menjaga kualitas air yang baik.

4. Arwana Red Tail Golden

Arwana Red Tail Golden memiliki kombinasi warna antara emas dan merah pada ekornya. Ikan ini termasuk jenis yang cukup mudah dipelihara dan dianjurkan untuk diberi makanan berupa ikan kecil atau cacing sutera.

5. Arwana Crossback

Ikan Hias Arwana Crossback memiliki warna silver yang memukau dan dipercaya membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Ikan ini perlu diberi makanan yang mengandung karotenoid dan protein serta menjaga kualitas air dengan baik.

6. Arwana Jardini

Arwana Jardini memiliki warna silver dengan corak hitam dan putih pada bagian tubuhnya. Ikan ini membutuhkan akuarium yang besar dan dianjurkan untuk diberi makanan yang mengandung protein tinggi seperti udang atau ikan kecil.

7. Arwana Black

Arwana Black memiliki warna hitam yang sangat memukau dan menjadi daya tarik utama. Ikan ini termasuk jenis yang sulit dipelihara dan perlu perhatian khusus dalam menjaga kualitas air dan memberikan makanan yang bergizi.

8. Arwana Banjar Red

Arwana Banjar Red memiliki warna merah yang terang dan memukau. Ikan ini perlu diberi makanan yang mengandung protein tinggi dan karotenoid serta menjaga kualitas air dengan baik agar ikan tetap sehat dan indah.

9. Arwana Green

Arwana Green memiliki warna hijau kebiruan yang memukau dan menjadi daya tarik utama. Ikan ini perlu diberi makanan yang mengandung protein tinggi seperti cacing sutera atau ikan kecil serta menjaga kualitas air dengan baik.

Baca Juga  Ikan Hias Electric Blue Ram: Fakta dan Informasi Lengkap

10. Arwana Blue Base

Arwana Blue Base memiliki warna dasar biru dengan bintik-bintik hitam di bagian atasnya. Ikan ini perlu diberi makanan yang seimbang dan berkualitas serta menjaga kualitas air dengan baik.

11. Arwana Red Tail

Arwana Red Tail memiliki warna keemasan dengan ekor merah yang memukau. Ikan ini perlu diberi makanan yang bergizi dan berkualitas serta menjaga kualitas air yang baik agar ikan tetap sehat dan indah.

12. Arwana Albino

Arwana Albino memiliki warna putih yang sangat memukau dan menjadi daya tarik utama. Ikan ini termasuk jenis yang sulit dipelihara dan perlu perhatian khusus dalam menjaga kualitas air dan memberikan makanan yang berkualitas.

13. Arwana Red Chili

Arwana Red Chili memiliki warna merah yang terang dan memukau. Ikan ini perlu diberi makanan yang seimbang dan berkualitas serta menjaga kualitas air dengan baik agar ikan tetap sehat dan indah.

Perawatan Ikan Arwana

Untuk menjaga kesehatan ikan Arwana, perlu diperhatikan beberapa hal seperti kualitas air dan pemberian makanan yang seimbang. Ikan Arwana membutuhkan akuarium yang besar dan luas agar mereka dapat berenang dengan bebas. Selain itu, perlu rajin mengganti air akuarium dan menjaga suhu air yang sesuai dengan kebutuhan ikan Arwana.

Untuk pemberian makanan, ikan Arwana membutuhkan makanan yang seimbang antara protein, karbohidrat, dan lemak. Makanan yang cocok untuk ikan Arwana antara lain cacing sutera, krill, udang rebon, ikan kecil, dan lain sebagainya. Perlu dihindari pemberian makanan yang berlebihan atau tidak seimbang karena dapat menyebabkan obesitas atau masalah kesehatan lainnya pada ikan Arwana.

Harga Ikan Arwana

Harga ikan Arwana bervariasi tergantung pada jenisnya, ukuran, dan kondisi fisiknya. Berikut adalah beberapa perkiraan harga ikan Arwana di Indonesia:

  1. Arwana Super Red: Rp. 15 juta hingga Rp. 100 juta
  2. Arwana Golden: Rp. 10 juta hingga Rp. 50 juta
  3. Arwana Silver: Rp. 2 juta hingga Rp. 10 juta
  4. Arwana Black: Rp. 3 juta hingga Rp. 15 juta
  5. Arwana Crossback: Rp. 5 juta hingga Rp. 25 juta
Baca Juga  Ikan Hias Kecil Air Tawar Yang Warna Warni: Jenis-Jenis dan Cara Merawatnya

Arwana termasuk ikan hias air tawar termahal Namun, harga tersebut bisa berbeda-beda tergantung pada tempat penjualan, kondisi pasar, dan negosiasi antara penjual dan pembeli. Harga ikan Arwana juga bisa lebih mahal untuk ukuran yang lebih besar atau dengan warna yang lebih unik dan langka. Penting untuk diingat bahwa ikan Arwana termasuk dalam daftar spesies yang dilindungi, dan perdagangan ilegalnya dapat dikenakan sanksi pidana. Oleh karena itu, sebaiknya membeli ikan Arwana hanya dari penjual yang terpercaya dan memiliki izin resmi.

Kesimpulan

Ikan Arwana adalah jenis ikan hias yang sangat populer dan memiliki nilai jual yang tinggi. Ada banyak jenis ikan Arwana yang memukau dan menarik perhatian. Untuk menjaga kesehatan dan keindahan ikan Arwana, perlu diperhatikan kualitas air dan pemberian makanan yang seimbang serta menjaga suhu air agar sesuai dengan kebutuhan ikan Arwana. Perlu diingat bahwa setiap jenis ikan Arwana membutuhkan perawatan yang berbeda-beda, jadi pastikan untuk mempelajari perawatan yang tepat untuk jenis ikan Arwana yang Anda miliki.

Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda, terutama bagi para RintikLovers yang sedang tertarik untuk memelihara ikan Arwana. Dengan perawatan yang tepat, ikan Arwana bisa tumbuh besar dan indah di dalam akuarium Anda. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kualitas air dan pemberian makanan yang seimbang agar Ikan Hias Arwana tetap sehat dan indah. Terima kasih telah membaca artikel ini, sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya!

Berita Terkait

Cara Budidaya Pari Air Tawar
20 Rekomendasi Ikan Hias Yang Mudah Dipelihara
Discus Ikan Hias Tercantik Yang Banyak Digemari
Hidup Penuh Warna dengan Ikan Botia Badut: Mengenal Karakteristik dan Cara Merawatnya
10 Jenis Ikan Hias Air Tawar Langka yang Wajib Kamu Miliki di Akuarium
Ini Dia 10 Ikan Hias Aquarium Air Tawar Tercantik
Ikan Hias Kecil Air Tawar Yang Warna Warni: Jenis-Jenis dan Cara Merawatnya
Ikan Hias Channa: Jenis, Perawatan, dan Tips Budidaya

Berita Terkait

Sabtu, 6 April 2024 - 04:22

Apa Keunggulan Serum Hanasui untuk Flek Hitam?

Jumat, 5 April 2024 - 18:44

Apa Manfaat Serum Hanasui Untuk Kulit Wajah?

Jumat, 5 April 2024 - 18:25

Bagaimana Efektivitas Serum Hanasui untuk Jerawat?

Jumat, 5 April 2024 - 17:05

Apa Manfaat Serum Hanasui untuk Kulit?

Jumat, 5 April 2024 - 09:26

Berapa Kisaran Harga Serum Hanasui di Pasaran Saat Ini?

Kamis, 4 April 2024 - 17:41

Apa Manfaat Serum Hanasui Biru untuk Kulit Anda?

Kamis, 4 April 2024 - 08:23

Apa Keistimewaan Serum Hanasui Biru untuk Kulit?

Kamis, 4 April 2024 - 07:36

Apa Keunggulan Serum Hanasui Pink untuk Perawatan Kulit Wajah?

Berita Terbaru

Hanasui

Apa Keunggulan Serum Hanasui untuk Flek Hitam?

Sabtu, 6 Apr 2024 - 04:22

Hanasui

Apa Manfaat Serum Hanasui Untuk Kulit Wajah?

Jumat, 5 Apr 2024 - 18:44

Hanasui

Bagaimana Efektivitas Serum Hanasui untuk Jerawat?

Jumat, 5 Apr 2024 - 18:25

Hanasui

Apa Manfaat Serum Hanasui untuk Kulit?

Jumat, 5 Apr 2024 - 17:05