Cara Filter di Excel

- Penulis Berita

Senin, 11 September 2023 - 05:30

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Memfilter Data dalam Rentang atau Tabel

Rintiksedu.id – Apakah Anda pernah merasa kesulitan menemukan nilai-nilai tertentu di dalam spreadsheet Excel Anda? Tidak perlu khawatir! Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah-demi-langkah tentang cara memfilter data di Excel dengan menentukan kriteria tertentu dan menggunakan berbagai filter seperti filter teks atau filter angka. Kami akan menjelaskan bagaimana memfilter data dalam rentang sel maupun dalam tabel, bagaimana menerapkan dan menghapus filter, serta menggunakan karakter wildcard untuk memperluas kemampuan pengfiltroan. Artikel ini juga akan membahas perbedaan antara pengfiltroan dan pengurutan data di Excel.

Memfilter Rentang Data

Anda dapat memfilter data dalam rentang sel untuk menampilkan hanya informasi yang spesifik dan menyembunyikan yang lainnya secara sementara. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya:

1. Gunakan Opsi Filter di Tab Data

Pertama-tama, pilih rentang sel yang ingin Anda filter, kemudian buka tab Data dan klik opsi Filter. Hal ini akan menampilkan tanda panah kecil di bagian kanan setiap header kolom.

2. Pilih Tanda Panah di Header Kolom

Klik tanda panah kecil di header kolom yang ingin Anda filter. Ini akan membuka menu drop-down dengan berbagai pilihan filter.

3. Masukkan Kriteria Filter dan Klik OK

Masukkan kriteria filter yang ingin Anda terapkan, misalnya “Sama dengan“, “Tidak Mengandung“, atau “Antara“. Setelah Anda memilih kriteria yang diinginkan, klik OK. Hanya data yang memenuhi kriteria filter akan ditampilkan, sementara yang lainnya akan disembunyikan.

Memfilter Data dalam Tabel

Jika Anda memiliki data yang diorganisir dalam tabel di Excel, Anda dapat menggunakan kontrol filter otomatis yang disediakan oleh Excel untuk memfilter data. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Menempatkan Data dalam Tabel

Pertama-tama, pastikan data Anda diorganisir dalam tabel. Anda dapat melakukannya dengan memilih seluruh rentang data dan mengeklik opsi Tabel di tab Insert.

2. Pilih Tanda Panah di Header Kolom

Kemudian, pada kolom yang ingin Anda filter, klik tanda panah kecil di header kolom. Ini akan membuka menu drop-down dengan kontrol filter.

3. Memfilter Nilai Spesifik

Dalam menu drop-down, hapus centang pada kotak “Select All” dan pilih nilai-nilai yang ingin Anda filter. Setelah itu, klik OK. Hanya data yang memiliki nilai-nilai yang Anda pilih akan ditampilkan dalam tabel.

Memfilter Berdasarkan Kriteria Tertentu

Jangan khawatir jika Anda perlu memfilter data berdasarkan kriteria tertentu seperti teks atau angka. Excel juga menyediakan opsi untuk melakukannya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Memfilter Berdasarkan Angka atau Rentang Angka

Jika Anda ingin memfilter data berdasarkan angka, pilih rentang data yang ingin Anda filter dan klik kanan di atasnya. Pilih opsi “Filter” pada menu konteks. Sekarang Anda dapat memilih dari berbagai opsi filter angka seperti “Lebih Besar dari“, “Kurang dari“, atau “Antara“.

2. Memfilter Berdasarkan Teks

Jika Anda ingin memfilter data berdasarkan teks, pilih rentang data yang ingin Anda filter dan klik kanan di atasnya. Pilih opsi “Filter” pada menu konteks. Sekarang Anda dapat memilih dari berbagai opsi filter teks seperti “Sama dengan“, “Mengandung“, atau “Tidak Mengandung“.

Menerapkan Beberapa Filter dan Menggunakan Karakter Wildcard

Anda juga dapat menggabungkan berbagai opsi filter, misalnya memfilter berdasarkan warna dan teks. Selain itu, Anda dapat menggunakan karakter wildcard seperti “?” dan “*” untuk filtering yang lebih fleksibel. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Menggabungkan Filter Angka dan Teks

Pilih rentang data yang ingin Anda filter dan aktifkan opsi “Filter“. Sekarang Anda dapat memilih opsi filter angka seperti “Lebih Besar dari“, kemudian pilih opsi filter teks seperti “Mengandung“. Akhirnya, masukkan kriteria filter yang Anda inginkan dan klik OK. Data yang memenuhi kedua kriteria filter tersebut akan ditampilkan.

2. Menggunakan Karakter Wildcard untuk Filtering

Pilih rentang data yang ingin Anda filter dan aktifkan opsi “Filter“. Sekarang Anda dapat menggunakan karakter wildcard seperti “?” untuk menggantikan satu karakter dan “*” untuk menggantikan beberapa karakter atau tidak ada karakter sama sekali. Masukkan kriteria filter yang mengandung karakter wildcard dan klik OK. Data yang memenuhi kriteria filter akan ditampilkan.

Menghapus atau Menerapkan Kembali Filter

Jika Anda ingin menghapus filter yang telah Anda terapkan, Anda dapat kembali ke tab Data dan klik opsi Clear pada grup Sort & Filter. Jika Anda ingin menerapkan ulang filter setelah menghapusnya, klik opsi Reapply pada grup yang sama.

Pelajari Selengkapnya tentang Memfilter

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara memfilter data dengan Excel, Anda bisa menjelajahi fitur-fitur pengfilteran lainnya seperti memfilter berdasarkan warna font, warna sel, atau rangkaian ikon. Excel menyediakan berbagai opsi filter yang dapat membantu Anda menemukan data yang spesifik dengan cepat dan efisien.

Kesimpulan

Memfilter data di Excel adalah cara yang efektif untuk menampilkan nilai-nilai tertentu dan menyembunyikan yang lainnya sementara. Dalam artikel ini, kami telah membahas cara memfilter data dalam rentang sel dan dalam tabel, menggunakan kriteria tertentu seperti angka atau teks, dan menggabungkan filter serta menggunakan karakter wildcard. Kami juga telah memberikan tips tentang menghapus dan menerapkan ulang filter, serta menjelajahi fitur-fitur pengfilteran lainnya di Excel. Dengan menggunakan teknik-teknik ini, Anda dapat dengan mudah menemukan nilai-nilai spesifik yang Anda butuhkan dalam spreadsheet Anda.

Artikel Terkait

Berikut adalah artikel terkait yang mungkin menarik bagi Anda:

  • Cara Mengurutkan Data di Excel
  • Cara Menggunakan Rumus IF di Excel
  • Cara Menggabungkan Sel di Excel

Online Tools

Jika Anda memerlukan alat online untuk membantu Anda bekerja dengan Excel, ada berbagai alat yang tersedia secara gratis di internet. Beberapa di antaranya termasuk:

  • “Excel Tools oleh Excel Easy”
  • “Excel to PDF Converter Online”

Translator Aksara

Jika Anda perlu menerjemahkan artikel ini ke dalam aksara, Anda dapat menggunakan alat terjemahan aksara seperti “Pandanus”.

Redaksi

Artikel ini ditulis oleh Rintiksedu.id dan terdiri dari informasi yang dibuktikan secara akurat dan disesuaikan dengan kebutuhan Anda untuk memfilter data di Excel.

Kesimpulan

Dengan memfilter data di Excel, Anda dapat dengan mudah menemukan nilai tertentu dan mengontrol apa yang ditampilkan. Mulailah dengan menggunakan opsi filter dalam tab Data untuk memilih tipe filter yang sesuai dengan kriteria Anda. Anda juga dapat menggunakan fitur filter dalam tabel untuk mengotomatiskan pengfiltroan data. Ingatlah untuk menghapus atau menerapkan ulang filter sesuai kebutuhan Anda. Dengan menguasai teknik-teknik ini, Anda akan dapat mengoptimalkan penggunakan Excel dan meningkatkan produktivitas Anda dalam bekerja dengan data di Excel.

Berita Terkait

Cara menggambar gunung dan air terjun
Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Tubuh pada Masa Pubertas
Cara membuat novel di hp
Cara mendapatkan uang dari fizzo novel
Cara merapatkan daerah kewanitaan tanpa obat
Cara Menjaga HP Agar Tidak Dihack
Cara Menghilangkan Bercak Putih di LCD HP
Cara Allah mengobati stroke

Berita Terkait

Kamis, 25 Juli 2024 - 15:20

Salah satu media mewarnai gambar dengan menggunakan teknik basah adalah

Senin, 22 Juli 2024 - 10:21

Yang bukan merupakan unsur-unsur dalam resensi novel

Jumat, 19 Juli 2024 - 08:54

Allah Subhanahu wa Ta ala: Menelusuri Keagungan Sang Pencipta

Kamis, 18 Juli 2024 - 09:30

Jelaskan pengertian iman kepada kitab allah subhanahu wa ta’ala

Kamis, 18 Juli 2024 - 09:25

Mengapa beriman kepada malaikat Allah dapat mendorong kita gemar bersedekah

Kamis, 18 Juli 2024 - 09:21

Apa maksud beriman kepada Allah melalui kitab suci jelaskan

Rabu, 17 Juli 2024 - 09:50

Apa yang dimaksud dengan istilah Net-a-Porter?

Rabu, 17 Juli 2024 - 09:42

Pengertian Informatika: Menyelami Dunia Teknologi Informasi secara Mendalam

Berita Terbaru

Teknologi

Cara menggambar monyet

Kamis, 25 Jul 2024 - 15:26

Cara

Cara menggambar gunung dan air terjun

Kamis, 25 Jul 2024 - 15:23

Teknologi

Cara menghilangkan rasa dingin pada tubuh

Selasa, 23 Jul 2024 - 12:46