cara mengobati asma

- Penulis Berita

Selasa, 22 Agustus 2023 - 13:06

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pendahuluan

Rintiksedu.id – Selamat datang di Rintiksedu.id, sumber informasi terpercaya untuk semua yang berkaitan dengan kesehatan. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara komprehensif tentang cara mengobati asma, kondisi yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Saya sendiri memiliki pengalaman dalam menangani asma dan memahami betapa pentingnya perawatan yang tepat.

wapt image post 346

Sebelum kita membahas tentang cara mengobati asma, mari kita pahami terlebih dahulu tentang apa itu asma. Asma adalah penyakit paru-paru yang ditandai dengan penyempitan saluran pernapasan. Ini dapat menyebabkan serangan napas pendek, napas yang berbunyi atau mengi, nyeri dada, dan batuk yang parah. Meskipun tidak ada obat untuk asma, dengan perawatan yang tepat, gejalanya dapat dikendalikan sehingga Anda dapat menjalani kehidupan yang normal dan aktif.

Inhaler

Inhaler untuk Jangka Pendek

Salah satu metode pengobatan umum untuk asma adalah dengan menggunakan inhaler. Inhaler digunakan untuk memberikan obat-obatan langsung ke saluran pernapasan Anda. Untuk asma jangka pendek, Anda mungkin akan diresepkan inhaler yang disebut “reliever inhaler”. Inhaler ini mengandung bronkodilator yang membantu melebarkan saluran pernapasan yang terkencang sehingga memungkinkan Anda bernapas lebih mudah.

Inhaler untuk Jangka Panjang

Untuk mengendalikan asma dalam jangka panjang, inhaler yang diresepkan adalah yang disebut “preventer inhaler”. Inhaler ini mengandung kortikosteroid yang membantu mengurangi peradangan dalam saluran pernapasan Anda. Penggunaan yang teratur dapat mengurangi frekuensi dan keparahan serangan asma.

Inhaler Kombinasi

Ada juga jenis inhaler yang disebut “inhaler kombinasi” yang mengandung bronkodilator dan kortikosteroid. Inhaler ini efektif untuk pengobatan jangka panjang dan membantu menjaga kontrol atas gejala asma Anda.

Cara Membuang Inhaler

Penting untuk mengetahui cara membuang inhaler dengan benar. Kebanyakan inhaler memiliki tanggal kedaluwarsa dan hanya dapat digunakan dalam waktu yang terbatas. Mengikuti petunjuk pembuangan yang tepat akan membantu menghindari paparan obat yang tidak perlu.

Tablet

Leukotriene Receptor Antagonist (LTRA)

Tablet LTRA bekerja dengan menghambat aksi zat kimia dalam tubuh yang meradang. Mereka membantu mengendalikan peradangan saluran pernapasan dan mengurangi gejala asma. Tablet LTRA sering diresepkan ketika penggunaan inhaler tidak memberikan efek yang cukup dalam mengendalikan asma Anda.

Theophylline

Theophylline adalah jenis obat yang membantu merelaksasi otot-otot saluran pernapasan. Mereka membantu melebarkan saluran pernapasan dan memungkinkan Anda bernapas lebih mudah. Theophylline sering diresepkan jika penggunaan inhaler dan tablet LTRA tidak memberikan pengendalian yang cukup atas gejala Anda.

Steroid Tablet

Steroid tablet dapat digunakan sebagai pengobatan jangka pendek untuk mengatasi serangan asma yang parah. Mereka membantu meredakan peradangan saluran pernapasan dalam waktu yang cepat dan efektif. Steroid tablet biasanya hanya digunakan jika pengobatan inhaler dan tablet lainnya tidak memberikan hasil yang memadai.

Pengobatan Lainnya

Injeksi

Jika asma Anda parah dan sulit dikendalikan dengan pengobatan lainnya, dokter Anda mungkin merekomendasikan injeksi. Injeksi ini mengandung obat antiinflamasi yang kuat dan diberikan melalui suntikan ke dalam otot atau vena Anda. Ini membantu mengendalikan peradangan saluran pernapasan dan mengurangi keparahan serangan asma.

Operasi

Meskipun jarang, dalam beberapa kasus yang sangat parah, dokter Anda mungkin merekomendasikan operasi sebagai pilihan terakhir. Operasi bertujuan untuk mengurangi obstruksi saluran pernapasan atau menghilangkan polip atau jaringan parut yang mungkin mempengaruhi pernapasan Anda. Operasi ini umumnya hanya dilakukan jika pengobatan lain tidak memberikan hasil yang memadai.

Terapi Komplementer

Terkadang, beberapa orang mencari alternatif pengobatan untuk asma. Terapi komplementer seperti akupunktur, yoga, dan pengobatan herbal telah digunakan oleh beberapa orang dengan keluhan asma. Namun, penting untuk berbicara dengan dokter Anda sebelum mencoba terapi ini, karena mereka mungkin tidak cocok atau dapat berinteraksi dengan pengobatan asma Anda yang sedang berlangsung.

Asma dan Pekerjaan

Ada juga kondisi yang dikenal sebagai asma yang terkait dengan pekerjaan. Terpapar bahan kimia, debu, dan serbuk di tempat kerja tertentu dapat menyebabkan iritasi saluran pernapasan dan menyebabkan serangan asma. Jika Anda merasa gejala asma Anda terkait dengan pekerjaan Anda, penting untuk melaporkannya kepada atasan Anda dan meminta saran dari dokter.

FAQ Mengenai Cara Mengobati Asma

1. Apakah asma dapat disembuhkan?

Asma saat ini tidak memiliki obat yang menyembuhkan sepenuhnya, tetapi dengan pengobatan yang tepat, gejalanya dapat dikendalikan sehingga Anda dapat menjalani kehidupan yang normal dan aktif.

2. Bagaimana cara menghindari pemicu asma?

Pemicu asma dapat bervariasi antara individu, tetapi beberapa yang umum termasuk debu, alergen seperti serbuk sari, bulu binatang, dan paparan asap rokok. Menghindari pemicu ini sebisa mungkin dapat membantu menjaga gejala asma Anda tetap terkendali.

3. Berapa kali sehari harus menggunakan inhaler?

Penggunaan inhaler dapat bervariasi tergantung pada keparahan asma Anda dan rekomendasi dokter Anda. Biasanya, inhaler jangka pendek dapat digunakan sesuai kebutuhan saat mengalami gejala asma, sedangkan inhaler jangka panjang diambil secara teratur sesuai dengan petunjuk dokter Anda.

4. Apakah ada efek samping yang terkait dengan penggunaan inhaler?

Seperti semua obat, inhaler juga dapat menyebabkan efek samping. Efek samping yang umum termasuk sakit tenggorokan, batuk, dan serangan jantung yang jarang terjadi. Penting untuk membaca informasi yang disertakan dengan inhaler Anda dan menghubungi dokter Anda jika Anda mengalami efek samping yang merugikan.

5. Apakah ada perawatan alami yang efektif untuk asma?

Terapi komplementer seperti akupunktur dan yoga telah digunakan oleh beberapa orang dengan keluhan asma. Namun, efektivitas terapi ini masih menjadi perdebatan dan bukan pengobatan standar untuk asma. Selalu bicarakan dengan dokter Anda sebelum mencoba terapi komplementer.

6. Bisakah asma muncul pada usia dewasa?

Ya, asma dapat muncul pada usia dewasa, bahkan jika Anda tidak pernah mengalami gejala sebelumnya. Itu disebut “asma dewasa pertama” dan sering kali dikaitkan dengan faktor lingkungan atau pekerjaan.

7. Apa yang harus saya lakukan jika saya mengalami serangan asma yang parah?

Jika Anda mengalami serangan asma yang parah dan merasa kesulitan bernapas, segeralah mencari bantuan medis segera. Hubungi nomor darurat lokal atau pergi ke unit gawat darurat terdekat.

8. Apakah asma dapat mempengaruhi kehamilan?

Iya, asma dapat mempengaruhi kehamilan. Penting untuk berbicara dengan dokter Anda tentang perawatan yang aman dan efektif untuk mengendalikan asma selama kehamilan.

9. Apakah asma didapatkan secara genetik?

Faktor genetik dapat memainkan peran dalam kejadian asma. Jika salah satu anggota keluarga Anda memiliki asma, Anda mungkin memiliki risiko lebih tinggi untuk mengembangkan kondisi ini.

10. Bisakah olahraga memperburuk gejala asma?

Bagi sebagian orang dengan asma, olahraga dapat memicu gejala asma atau bahkan serangan asma. Namun, dengan pengobatan yang tepat dan manajemen gejala yang efektif, sebagian besar orang dengan asma masih dapat melakukan olahraga secara normal.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas berbagai metode pengobatan yang dapat digunakan untuk mengendalikan dan mengobati asma. Mulai dari inhaler hingga tablet, pengobatan yang tepat dapat membantu menjaga gejala asma Anda tetap terkendali sehingga Anda dapat menjalani hidup yang normal dan aktif. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter Anda untuk menentukan perawatan yang paling cocok untuk Anda. Jaga kesehatan Anda dan tetap mengikuti perawatan yang direkomendasikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan membantu meningkatkan pemahaman tentang cara mengobati asma.

Saran Video Seputar : cara mengobati asma

Berita Terkait

Cara merapatkan daerah kewanitaan tanpa obat
Cara Menjaga HP Agar Tidak Dihack
Cara Menghilangkan Bercak Putih di LCD HP
Cara Allah mengobati stroke
Bersedekah Merupakan Salah Satu Cara Mendekatkan Diri kepada Allah
Cara kirim shopeepay ke dana
Cara transfer gopay ke shopee
Tata cara sholat isya 4 rakaat

Berita Terkait

Minggu, 21 Juli 2024 - 09:17

Cara merapatkan daerah kewanitaan tanpa obat

Sabtu, 20 Juli 2024 - 09:29

Cara Menjaga HP Agar Tidak Dihack

Sabtu, 20 Juli 2024 - 09:19

Cara Allah mengobati stroke

Jumat, 19 Juli 2024 - 08:51

Bersedekah Merupakan Salah Satu Cara Mendekatkan Diri kepada Allah

Rabu, 17 Juli 2024 - 10:06

Cara kirim shopeepay ke dana

Rabu, 17 Juli 2024 - 10:03

Cara transfer gopay ke shopee

Selasa, 16 Juli 2024 - 09:38

Tata cara sholat isya 4 rakaat

Selasa, 16 Juli 2024 - 09:34

Beriman kepada qada dan qadar sebaiknya kita pelajari dengan cara

Berita Terbaru

LifeStyle

Brand Gamis Lokal, Rekomendasi untuk Lebaran

Minggu, 21 Jul 2024 - 09:34

Brand Lokal Baju Wanita

Atasan

Brand Lokal Baju Wanita, Bagus dengan Harga Terjangkau

Minggu, 21 Jul 2024 - 09:21

Cara

Cara merapatkan daerah kewanitaan tanpa obat

Minggu, 21 Jul 2024 - 09:17

Cara

Cara Menjaga HP Agar Tidak Dihack

Sabtu, 20 Jul 2024 - 09:29