Ikan Hias Bala Shark: Segala yang Perlu Anda Ketahui

- Penulis Berita

Rabu, 13 September 2023 - 06:06

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Bala shark (Balantiocheilus melanopterus)

Bala shark (Balantiocheilus melanopterus)

Hello RintikLovers, jika Anda sedang mencari ikan hias yang menarik untuk mempercantik akuarium Anda, maka ikan hias Bala shark bisa menjadi pilihan yang menarik. Ikan hias Bala shark memiliki penampilan yang menawan dan karakter yang unik, membuatnya menjadi ikan hias populer di kalangan penggemar akuarium.

Asal Usul dan Penyebaran

Bala shark berasal dari Sungai Mekong dan Chao Phraya di Asia Tenggara, dan juga ditemukan di beberapa wilayah di Asia seperti Thailand, Kamboja, dan Vietnam. Ikan hias ini sangat terkenal di kalangan penggemar akuarium karena ukurannya yang besar dan penampilannya yang menarik.

Ciri-ciri Fisik

Bala shark memiliki bentuk tubuh yang menyerupai hiu, dengan warna tubuh keperakan dan sirip keabu-abuan. Ikan ini memiliki sirip punggung yang besar dan terletak di bagian tengah tubuh, dengan sirip dubur yang lebih kecil di bagian belakang. Bala shark juga memiliki mulut yang cukup besar dan terlihat seperti mulut hiu. Ikan ini dapat tumbuh hingga 35 cm dalam akuarium dan memiliki umur sekitar 8-10 tahun.

Perilaku

Bala shark adalah ikan yang sangat aktif dan suka bergerak. Mereka biasanya berenang di lapisan tengah akuarium dan suka bermain-main dengan ikan lainnya. Ikan ini juga dikenal memiliki kecerdasan yang cukup tinggi dan dapat mengenali pemiliknya. Bala shark juga cukup ramah dengan ikan hias lainnya, membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk dijadikan teman berenang bagi ikan lainnya dalam satu akuarium.

Perawatan dan Pemeliharaan

Untuk memelihara Bala shark, Anda harus menyediakan akuarium yang cukup besar dan memiliki fasilitas yang sesuai. Ikan ini membutuhkan ruang yang luas untuk berenang dan aktifitasnya. Pastikan Anda menyediakan akuarium dengan ukuran minimal 300 liter. Selain itu, pastikan bahwa suhu air di dalam akuarium sekitar 22-28 derajat Celcius, pH antara 6,5-7,5, dan kadar air yang bersih.

Baca Juga  10 Jenis Ikan Hias Air Tawar Langka yang Wajib Kamu Miliki di Akuarium

Pemberian makanan juga sangat penting untuk kesehatan Bala shark. Anda dapat memberikan pakan ikan hidup, pakan ikan beku, atau pakan kering. Pastikan Anda memberikan pakan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan nutrisi ikan hias Bala shark.

Keunikan Bala Shark

Bala shark memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya menarik bagi penggemar akuarium. Selain penampilannya yang menarik, ikan ini juga dikenal memiliki kecerdasan yang cukup tinggi dan bisa dijinakkan dengan baik oleh pemiliknya. Selain itu, Bala shark juga suka bermain dan berenang bersama ikan lainnya dalam satu akuarium, membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk dijadikan teman bagi ikan hias lainnya.

Namun, perlu diingat bahwa ikan hias Bala shark membutuhkan perawatan yang baik dan sesuai agar tetap sehat dan aktif. Pastikan Anda memberikan perhatian dan perawatan yang cukup untuk Bala shark di akuarium Anda.

Masalah Kesehatan yang Sering Dihadapi

Bala shark juga memiliki masalah kesehatan yang sering dihadapi oleh pemiliknya. Salah satu masalah kesehatan yang umum dialami adalah infeksi jamur dan parasit. Untuk mencegah masalah ini, pastikan Anda membersihkan akuarium secara rutin dan memberikan makanan yang sehat dan bergizi untuk Bala shark.

Kesimpulan

Bala shark adalah ikan hias yang menarik dan populer di kalangan penggemar akuarium. Ikan ini memiliki penampilan yang menawan dan karakter yang unik, membuatnya menjadi pilihan yang menarik untuk mempercantik akuarium Anda. Namun, perlu diingat bahwa Bala shark membutuhkan perawatan dan pemeliharaan yang baik agar tetap sehat dan aktif. Pastikan Anda memberikan perhatian dan perawatan yang cukup untuk Bala shark di akuarium Anda.

Terima kasih telah membaca artikel ini, RintikLovers. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin memelihara ikan hias Bala shark. Sampai jumpa di artikel menarik kami berikutnya!

Berita Terkait

Cara Budidaya Pari Air Tawar
20 Rekomendasi Ikan Hias Yang Mudah Dipelihara
Discus Ikan Hias Tercantik Yang Banyak Digemari
Hidup Penuh Warna dengan Ikan Botia Badut: Mengenal Karakteristik dan Cara Merawatnya
10 Jenis Ikan Hias Air Tawar Langka yang Wajib Kamu Miliki di Akuarium
Ini Dia 10 Ikan Hias Aquarium Air Tawar Tercantik
Ikan Hias Kecil Air Tawar Yang Warna Warni: Jenis-Jenis dan Cara Merawatnya
Ikan Hias Channa: Jenis, Perawatan, dan Tips Budidaya

Berita Terkait

Sabtu, 6 April 2024 - 04:22

Apa Keunggulan Serum Hanasui untuk Flek Hitam?

Jumat, 5 April 2024 - 18:44

Apa Manfaat Serum Hanasui Untuk Kulit Wajah?

Jumat, 5 April 2024 - 18:25

Bagaimana Efektivitas Serum Hanasui untuk Jerawat?

Jumat, 5 April 2024 - 17:05

Apa Manfaat Serum Hanasui untuk Kulit?

Jumat, 5 April 2024 - 09:26

Berapa Kisaran Harga Serum Hanasui di Pasaran Saat Ini?

Kamis, 4 April 2024 - 17:41

Apa Manfaat Serum Hanasui Biru untuk Kulit Anda?

Kamis, 4 April 2024 - 08:23

Apa Keistimewaan Serum Hanasui Biru untuk Kulit?

Kamis, 4 April 2024 - 07:36

Apa Keunggulan Serum Hanasui Pink untuk Perawatan Kulit Wajah?

Berita Terbaru

Hanasui

Apa Keunggulan Serum Hanasui untuk Flek Hitam?

Sabtu, 6 Apr 2024 - 04:22

Hanasui

Apa Manfaat Serum Hanasui Untuk Kulit Wajah?

Jumat, 5 Apr 2024 - 18:44

Hanasui

Bagaimana Efektivitas Serum Hanasui untuk Jerawat?

Jumat, 5 Apr 2024 - 18:25

Hanasui

Apa Manfaat Serum Hanasui untuk Kulit?

Jumat, 5 Apr 2024 - 17:05