Dua

Andai suara yang bisa didengar nggak cuma dari mulut doang, ya. Andai yang ada di kepala juga bisa didengar orang lain tanpa perlu dikatakan. Maka barangkali, tiap manusia nggak akan lagi saling menyakiti, karena telepati akan jadi hal umum buat semua orang. Maka barangkali juga, Kinan akan mengenyahkan semua puisi-puisi jelek yang tidak akan bisa dihapus dari dalam kepala Pra. Ia ingat betul apa yang pernah dikatakan laki-laki yang memiliki nama depan Dewa itu, Nan, aku sedang mengumpulkan serpihan angkat-angka dari sisa umurku ke dalam sebuah buku. Nanti kamu baca, ya.

“Puisi itu tidak bisa dimakan, Nan.” Salah seorang temannya yang juga bekerja di tempat yang sama dengannya itu berkata demikian, ketika Kinan coba untuk minta pendapatnya. Seolah-olah, sedikit saja naluri perasaan yang ia miliki tidak boleh digunakan barang sekali saja dalam seumur hidupnya. “Lagian, cowok macam dia itu pasti pacarnya ada selusin!”

Yang bisa membenarkan kabar angin itu cuma Pra atau bahkan dirinya sendiri. Kinan tahu Pra bukan laki-laki sempurna, bahkan ia juga tahu Pra bukan orang baik, tapi semua yang keluar dari mulutnya adalah hal yang nyata adanya, sekalipun puisi-puisi bodoh yang tidak masuk akal itu. Kinan percaya dengan deretan kata-kata yang Pra ciptakan, karena entah apa ada yang lebih jelas dari itu.
“Kamu ini hidup di mana, Pra?”
“Di sini bersamamu.”
“Tubuhmu, ya. Isi kepalamu? Aku tidak pernah tahu.”
“Mau?”
“Mau?”
“Mau masuk ke kepalaku?”
“Ogah! Kalau aku keluar lalu jadi penyair juga sepertimu, lantas bagaimana? Siap kalah saing denganku?”
“Aku sudah selalu kalah kalau harus berhadapan denganmu, Nan.”

Kinan tersenyum. Kenapa dia mesem-mesem begitu? Jangan-jangan dia mulai suka aku. Atau memang ke semua dia begitu. Kinan… Kinan… Harusnya kau simpan saja senyummu itu sendirian.

Keduanya saling diam dan tidak memerhatikan. Saling atur rencana setelah ini harus apa. Harusnya ini kesempatan buat Pra memulai pertunjukan kata-kata, atau mungkin dengan sengaja Kinan sudah membungkam pemikirannya.

Tiba-tiba, perempuan yang senang menonton acara memasak di internet itu dihampiri kecurigaan, bahwa mungkin saja ada yang ganjal di dalam perasaannya. Apa ini yang dinamakan rasa senang? Apakah ini perasaan yang selalu dibicarakan orang-orang?
“Kamu ini kayak orang yang suka masak, tapi cuma masak buat dirinya sendiri.”
“Menulis puisi nggak bisa pakai resep di televisi, Nan.”
“Terus pakai resep apa?”
“Resep ikan laut?”
“Ikan air tawar saja nggak bisa memangnya?”
“Bangkrut dong usahaku,”
“Sejak kapan kamu dicatat jadi pengusaha?”
“Kita pengusaha sejak keluar dari tubuh ibu, Nan. Harus begitu kalau belum mau mati.”

Kinan tersenyum kembali. Didapati hatinya berjalan keluar dari batas aman yang dijaganya selama ini. Mungkin ia akan tersandung perasaannya sendiri esok hari, atau mungkin ia sudah jatuh dan ketika itu segera berdiri lagi, atau ia akan selalu jatuh dan tidak mampu menyelamatkan dirinya sendiri.
“Ditulis, Pra…Kalau cuma ada di kepalamu, nggak akan pernah jadi puisi.”
“Terus selama ini aku buat apa?”
“Kamu tidak pernah buat apa-apa.”
“Nah, kamu ke aku kayak gitu. Ada, tapi nggak nyata. Nggak ada, tapi nyata di kepala.”
“Kamu suka aku?”
“Aku mau kamu.”

Seketika, jarum jam yang selama ini begitu terlihat pasti, mendadak berjalan dengan langkah yang begitu jarang. Seakan malu mengaku ragu, seakan mau menyembunyikan masa lalu.

Pra menoleh, sebab perempuan yang paling disayanginya itu justru tertawa. Kenapa? Tidak. Terlalu puitis menanyakan kabarnya. Apa, sih? Tidak juga. Terlalu posesif. Tidak ada surat kepemilikan di antara mereka. Jadi secara hukum semesta, itu tidak bisa tercipta.
“Kamu tidak pernah suatu hari bercermin lalu tertawa, Nan?”
“Memangnya aku gila?”
“Entahlah, karena tiap kali kamu tertawa, aku tidak bisa waras.”
“Lho, memang pernah? Memang pernah waras?”

Satu-satunya nelayan yang dikenal tidak waras oleh Kinan itu, menahan tawanya. Bukan cuma tawa, tapi rasanya juga. Ia merelakan kenyamanan itu, bukan karena ia takut kehilangan Kinan di sebuah cerita yang buruk, tapi karena ia tahu bahwa ia sudah memilikinya di waktu singkat yang baik.

***

“Besok libur?”
“Ya, aku ada janji dengan Pra.”
“Masih mau kau bertemu orang gila seperti dia?”

Yang boleh bilang Pra orang gila cuma aku. Yang boleh jahat padanya cuma aku. Siapa saja yang tidak mengenalnya, yang tidak tahu perjuangannya di tengah samudra yang bisa saja tidak mengizinkannya pulang, tidak boleh menyerangnya. Karena sebenarnya dia tidak gila, dia cuma menginginkan aku dan itu bukan salahnya. Kinan tidak berhenti belajar untuk mendesain rasio berpikirnya supaya mampu menangkap pandangan Pra terhadap dunia. Walau ia sering kesulitan bila harus berhadapan dengan mimpi-mimpi Pra yang sering tidak masuk akal, sekaligus hebat di saat yang bersamaan.

Mimpi-mimpi tentang sebuah ruang yang bisa membekukan angka-angka. Tentang perjalanan ke tempat yang banyak orang menyebutnya dengan masa lalu. Tentang memeluk tubuh seorang ibu yang baginya lebih baik mati, daripada harus tahu bagaimana pahitnya rasa merindu. Tentang ayah yang tidak pernah mengetuk pintu sejak rumah jadi kenyamanan yang membelenggu. Tentang potret Jakarta yang menelan habis bahagia dan jiwanya. Aku sudah lama mati, Nan. Aku yang ada di hadapanmu adalah manusia baru yang berharap tidak pernah dilahirkan.
“Kalian tuh apa sih, Nan? Kekasih?”
“Kami berteman baik, Rin.”
“Teman kok selalu saja berantem.”
“Nah, iya, kan? Mana mungkin jadi kekasih.”
“Ya-”
“Sudah, aku pulang duluan, ya.”

Akerina, teman kerja Kinan. Perempuan yang lahir dan besar di Maluku. Ia juga yang mengajak Kinan bekerja, ketika waktu itu Kinan masih jadi buruh pabrik di sebuah perusahaan tekstil. Sekarang, perusahaan tekstil itu sudah gulung tikar karena produk kain impor yang membanjir. Memang nggak ada yang pernah pasti hidup di negeri ini. Semua berubah dengan cepat. Bahkan untuk menyadarinya saja nggak sempat.

Tapi aku selalu sama, Nan, aku akan selalu jadi Pra.
Itu barusan kamu kasih aku berita buruk?
Ya, bahwa beberapa hal emang nggak akan berubah, Nan.
Buat kamu, mungkin.
Loh, aku nggak berubah buat kamu.
Pra, kamu sekarang lihat aku. Lihat hidupku. Kemeja putihku sudah memudar warnanya, dan untuk beli yang baru aja aku harus mikir-mikir lagi. Memangnya kamu bisa beliin aku? Hah? Kamu sehari bisa makan saja udah lumayan. Pra, nyatanya, beberapa roda memang nggak akan berputar. Kesedihan ini stagnan, bahkan kayaknya, cuma itu satu-satunya yang pasti.

Kinan harus mencari kerja tambahan, karena gaji pokoknya di salon kecantikan tempat ia bekerja, tidak cukup untuk bayar tagihan. Pernah suatu hari, Rina, begitu panggilan akrabnya pada Akerina, memberi tahu bahwa ada lowongan penyiar radio di pusat kota. Sudah dicoba, berujung gagal karena Kinan bukan orang yang pintar bicara. Pernah juga ditawari jadi penyanyi di kafe, juga gagal karena Pra tidak menyetujuinya.

“Ya, aku tau suaramu bagus tapi bukan berarti harus nyanyi di kafe begitu, Nan.”
“Tapi uangnya lumayan.”
“Apa tidak ada yang lain selain perkara uang di otakmu itu?”
“Apa tidak ada yang lain selain kertas-kertas jelek yang tidak pernah ada wujudnya itu?”
“Pokoknya aku tidak setuju.”
“Aku tidak minta setujumu.”
“Jadi?”
“Aku mengambil pekerjaan itu.”

Harinya tiba. Kinan sudah siap dengan bibir merah yang sebenarnya tidak membuatnya nyaman, tapi bila atas urusan pekerjaan, terjun ke jurang sekalipun akan ia lakukan. Kadang-kadang aku berpikir, seandainya ibu masih ada dan aku bisa tahu bagaimana rasanya tinggal di rumah yang utuh, apakah yang terjadi hari ini tidak akan lebih buruk? Orang lain bisa meraih bintang harapannya. Bahkan ada yang sudah sampai ke bulan. Sedangkan aku? Bersenang-senang saja tidak pernah. Aku tidak tahu rasanya jadi manusia. Atau memang cuma begini saja rasanya?

“Kau sudah siap?”

Seorang laki-laki berbicara ke arahnya. Dia sepertinya yang bertugas mengurus pembayaran tiap penyanyi yang bekerja di sana, termasuk Kinan salah satunya. Ia mengamati penampilan Kinan dari atas hingga ujung kaki, bergumam lewat tatapan jahat yang bisa dengan mudah dilihat lewat matanya, yang tak berhenti memandangi bibir Kinan yang indah. Kinan merasakan ada respon yang aneh dari tubuhnya. Ia bahkan juga mendengar suara Pra seperti memintanya pulang. Persiapan yang sudah begitu sempurna, runtuh dalam sedetik saja.

“Maaf, saya mau pulang aja.”

Laki-laki itu membentaknya, “Sudah gila, kau?! Mau pulang bagaimana semua sudah menunggu? Cepat!!”

Ia kemudian menarik tangan Kinan sekeji-kejinya. Begitu kasar. Tidak manusiawi sama sekali. Perempuan yang dikenal begitu tangguh itu menangis, ketakutan. “Lepaskan aku!!! Lepaskan aku!”

“Biarkan ia pulang.”

Muncul seorang laki-laki. Tubuhnya tinggi. Dilihat dari wajahnya, sepertinya masih muda. Dia sebentar melihat ke arah Kinan. Kinan pun ikut mencari di mana sumber suara yang dengan begitu lembutnya membolehkan ia pulang. Tanpa berpikir, Kinan segera berlari keluar kafe sampai ketika tubuhnya menabrak seseorang.

“Nan?”
“Pra, kita pulang!”

Mereka pun pulang berjalan kaki. Kinan berjalan di depan, dan Pra mengikutinya di belakang. Kinan masih tidak berucap apa pun, yang dilakukannya cuma mengingat kembali bagaimana sentuhan kasar itu menindas habis perasaannya. Ia tidak suka menangis. Ia tahu harusnya ia tidak perlu sampai menangis. Apalagi bila Pra sampai melihatnya, satu-satunya orang yang mengenalnya kuat dan tidak mudah dikalahkan. Namun, semakin ditahan semakin menggetarkan hatinya sendiri. Begitu rendahkah aku di mata seorang laki-laki? Apa mungkin bapak juga pernah bersikap kasar kepada ibu seperti apa yang dilakukan orang di kafe tadi? Apakah Pra juga bisa memenuhi kemungkinan itu? Diam-diam, ia terus menangis walau sebenarnya yang ingin ia lakukan adalah meneriakkan berbagai kata-kata, tetapi tidak. Ia tidak akan membiarkan hatinya menguasainya tanpa ada yang tersisa. Nggak. Ini semua nggak nyata.

Pra berjalan mendekatinya, berusaha mengambil tangannya ke dalam genggamannya, namun Kinan yang masih sensitif dengan segala macam sentuhan itu menolaknya dan menahan dirinya untuk tidak bersuara.

“Nan, tunggu,”
“Berhenti, Kinanti!”

Kinan menghentikan langkahnya, Pra menghampiri dan melihat wajahnya berubah merah seperti ada amarah yang berkecamuk di dalam hati dan pikirannya. Kinan lalu menundukkan kepalanya.

“Nan, maaf aku tidak setuju kamu bernyanyi, tapi aku datang karena ingin melihatmu. Sekarang kenapa jadi begini?”
“Sudahlah,” Kinan membuang pandangannya dan menguatkan suaranya.
“Apanya yang sudah, Nan? Kamu menangis, dan tidak bisa jadi sudah begitu saja.”
“Maaf aku tidak menuruti perkataanmu,” katanya dengan terisak dan menyambung, “Aku mau pulang, Pra, aku cuma mau pulang saja.”

Kinan menangis dan melepas tangisannya sampai ia bahkan tidak bisa merasakan tubuhnya sendiri. Pra mengambilnya ke pelukannya, dan pada saat itu, untuk pertama kalinya Kinan merasakan kelembutan seorang laki-laki, kelembutan yang kalau diperhatikan adalah satu-satunya kelembutan yang bisa ia temukan setelah ibunya berpulang.

“Hal paling bodoh yang kulakukan adalah memelukmu, jadi jika setelah ini kamu ingin membunuhku, lakukan saja, Nan. Aku cuma tidak bisa melihatmu menangis.”

Betapa tenangnya hatiku mendengar apa yang barusan dikatakannya. Aku memang pernah bilang akan mengirimnya ke ujung dunia kalau sampai ia jatuh cinta denganku, tapi tidak bisa kuelakkan bahwa aku nyaman sekali berada dalam dekapannya. Kinan sudah lama menyadari perhatian Pra terhadap hidupnya. Dia melihat bagaimana Pra berusaha menjaganya, dan untuk sekarang ini, Pra adalah satu-satunya orang yang paling memahaminya. Tapi Pra tidak pernah memerhatikan hidupnya sendiri, itu yang jadi satu-satunya alasan mengapa Kinan mengutuk segala macam rasa yang menghuni Pra. Ia tidak akan mengizinkan siapa pun membuat hidupnya berantakan karena cinta, apalagi kalau orang itu adalah Pra. Tidak. Tidak akan pernah.

Malam itu, mereka seperti memerankan sebuah pertunjukan. Waktu Kinan menyatu dalam separuh dari tubuh Pra, ada kasih sayang yang diharapkan Pra lebih dari apapun. Ia selalu tahu bahwa yang dihadapinya setiap hari tetaplah seorang perempuan. Sekuat dan setangguh apapun kelihatannya, Kinan tetap perempuan, apalagi bila urusannya dengan tentang rasa yang tak pernah mau diungkapkannya. Kesedihan menciptakan harapan baru. Kinan harus mau dipaksa belajar bahwa hidup ini memang tentang rasa sakit, ia harus mau menerima bahwa ia tetap manusia paling lemah di dunia walau sebesar apapun usahanya untuk berpura-pura. Nan, aku memahamimu, lebih dari pemahamanku tentang mengapa waktu harus terus berjalan, bila akan lebih mudah kalau kita hentikan di sini saja. Aku sungguh-sungguh waktu aku bilang aku menginginkanmu. Dan kalau rumah tentang pulang, dan tiap pengelana harus mencari tujuan, maka kamu adalah bekal sekaligus tanah kematianku, Nan. Kalau tidak kamu, maka tidak siapa pun. Itu kutukan yang bisa saja selesai, tapi lebih baik hidup dalam kutukan daripada harus meninggalkanmu. Menangislah, Nan. Menangislah karena pertunjukan ini tidak akan bisa jadi abadi. Menangislah karena itu satu-satunya yang bisa kulakukan untuk bisa memilikimu.

653 Comments

  1. Putri nadyaMay 21, 2020

    AKHIRNYAAA

    Reply
    1. rifda nafisaahMay 21, 2020

      ❤️❤️❤️❤️

      Reply
      1. syahbillah jlJune 10, 2020

        😭❤🥺

        Reply
    2. adoraMay 21, 2020

      ketika cerita manis membuat mu menangis, karena kamu tau kamu tidak akan bisa mengalami nya.

      Reply
      1. liaMay 21, 2020

        lembut sekali. aku menangis.

        Reply
      2. nisyaaMay 21, 2020

        praa 😭

        Reply
        1. biruJune 3, 2020

          plisss sapa yg naro bawang sih

          Reply
      3. KancielMay 21, 2020

        Aku bisa merasakan nyamannya pelukan Pra. Seperti pelukan seseorang yang selalu aku mimpikan tapi tak kan pernah jadi nyata.

        Reply
      4. SarahMay 21, 2020

        Ahhh benerr

        Reply
      5. SilvaMay 21, 2020

        Praaa✨🥺
        Apakah wujud asli mu ada di dunia nyata? 🥺

        Reply
        1. UyungJune 10, 2020

          Tersentuh bngttt bacanya 😭

          Reply
        2. Reicha RiastianiJune 17, 2020

          Pra… sosokmu adalah ekspektasi yang terlalu tinggi untuk ada di semesta ini… walaupun begitu, aku harap nanti aku menemukan satu sepertimu

          Reply
      6. Pramesti SalmaMay 26, 2020

        Pra yang hampir mirip denganku.

        Reply
        1. SJune 8, 2020

          Ye emang nama lu pra :”

          Reply
    3. ArriapramudiaMay 21, 2020

      Hal paling bodoh yang kulakukan adalah memelukmu, jadi jika setelah ini kamu ingin membunuhku, lakukan saja, Nan. Aku cuma tidak bisa melihatmu menangis.”

      Pra_😇😇

      Reply
    4. unknownMay 21, 2020

      petjaaahhh😭😭❤

      Reply
    5. KainaMay 21, 2020

      Perempuan mana yang tidak goyah menghadapi lelaki perhatian yang keras kepala.
      Ahh dasar Pra!

      Reply
      1. SabillaJune 3, 2020

        Pra yang selalu di tunggu ceritanya

        Reply
    6. meyyMay 21, 2020

      Uwuuu… saling sayang, tanpa harus mengungkapkann..

      Reply
    7. ynMay 21, 2020

      setiap kalimat yang terlintas aku menyukainya, paus!❤

      Reply
    8. Intan Sri ArindraniMay 21, 2020

      Dan,aku menangis.

      Reply
    9. NadiaMay 21, 2020

      akhirnya yang ditunggu tunggu🥰🥰

      Reply
      1. BahiraaMay 21, 2020

        Speechless gw sama kata2 lo us

        Reply
        1. PutriMay 23, 2020

          Us makin lama makin keren aja gilakkk

          Reply
      2. FidellMay 21, 2020

        Pra adalah anak dari nug, keponakan biru, cucu nya geez

        Reply
        1. PandakecilJune 5, 2020

          Serius?

          Reply
          1. widyaJune 12, 2020

            ya enggak lah wwkwkw

    10. MelaniMay 21, 2020

      Unik aku suka ❤

      Reply
    11. AzellMay 21, 2020

      Aku yg gasuka baca, malah sekarang jdi penasaran kelanjutan cerita ini. Terima kasih paus

      Reply
    12. FiraaoktviaMay 21, 2020

      Kagum gw us😭😭😭

      Reply
    13. dfcnMay 21, 2020

      Pausss semangat trs ya! Bahagia selalu dan ciptain karya2 yg luar biasa!!!

      Reply
    14. AlfiyantiisMay 21, 2020

      Kerennn😘

      Reply
    15. Dea NurajizahMay 22, 2020

      00:31

      Reply
      1. IndyMay 22, 2020

        Cerita ini tidak hanya ada di kepala us, tapi pra sudah sampai hatiku. Mantaps ❤️

        Reply
    16. ansnblMay 22, 2020

      Senangnya akhirnya cerita pra nya sempurna sekali

      Reply
      1. InitombukanjerryMay 30, 2020

        Wow, udah itu aja.

        Reply
    17. SitrahMay 22, 2020

      Ga ngerti lagi٫suka bgt❤️ dari kata katanya selalu memahami dan menenangkan

      Reply
    18. YusufMay 22, 2020

      Kamu bukan yang terbaik , tapi baik buat semua orang, twrima kaaih tsana🚀❤

      Reply
    19. ArofahMay 22, 2020

      Sukaa

      Reply
    20. selinaMay 22, 2020

      kalau tidak kamu, maka tidak siapa pun.

      ka tsana, terima kasih 🙂

      Reply
    21. tasyacahJune 1, 2020

      Aku jatuh cinta sama Pra:(
      Makasih paus

      Reply
    22. Dewi Sri Utami WulandariJune 3, 2020

      Uwuuu makasih kakakk tsanaaa, aku baper sama Pra:’))

      Reply
    23. Rifa NidiaJune 12, 2020

      Yaampun praaa😭
      Syg ka tsana huhh makasiii

      Reply
    24. FairuzaaJune 28, 2020

      Kalau bukan kamu, maka tidak siapapun😭Praa❤

      Reply
    25. DianJune 30, 2020

      Jika bukan kamu ,maka tidak untuk siapa pun🙂

      Reply
  2. Jihan SaputriMay 21, 2020

    yang ditunggu tunggu💛

    Reply
    1. ScarsMay 21, 2020

      Bila kinan tida ingin membangun cerita bersama mu, biarkan aku yg menjadi pengisi cerita dalam hari2 mu berikutnya pra🙂

      Reply
    2. Natasya AdindaraMay 21, 2020

      Entah kenapa selalu lega setiap kali baca Pra. Mungkin karena semua kalimatnya yang suka aku banget, atau ada makna dibalik semua kalimat itu yang membuat aku ingin terus menetap. Terima kasih updatenya paus!❤❤❤

      Reply
      1. PrimaMay 21, 2020

        Pra kok kayak kelanjutan dari biru ya, biru yg pernah jadi nelayan, yg berjiwa puitis ke senjani dan jakarta yg membuatnya mati rasa, masa lalunya. Jiwanya sudah mati karena masa lalunya. Tapi biru seperti lahir kembali menjadi baru menjelma menjadi pra.

        Reply
      2. DindaMay 21, 2020

        Makin sayang ama paus😍😍😍

        Reply
      3. Sabrina Putri ErsyahMay 21, 2020

        ahhh sukaa sekale paus selalu ditunggu❤

        Reply
      4. ZahraMay 22, 2020

        Tentang hidup yang berantakan, yang bahkan kata pulang bisa jadi sangat membingungkan.

        Reply
        1. AlJuly 2, 2020

          dalam malam yang sendu semua rasa hadir tak terelakkan,menjadi satu, rasa nyaman hadir. Dan akhirnya ada ang mewakilkan apa yang malu diungkapkan hati. terimakasih sudah mewakilkan.

          Reply
    3. Ashifa SataraMay 22, 2020

      mba Tsanaaa😭😭😭

      Reply
  3. fennyMay 21, 2020

    akhirnyaa

    Reply
    1. DinidwMay 21, 2020

      Uwuuuu:”)

      Reply
      1. DeviniaMay 21, 2020

        “Menangislah karena itu satu-satunya yang bisa kulakukan untuk bisa memilikimu”
        Jangan jangan plot twist😱😱

        Reply
    2. ShafiraMay 21, 2020

      tsannn keren bgt gaboong!! bisa bgt membolak-balikan perasaan aku ini wkwk

      Reply
  4. Syifa AndiniMay 21, 2020

    aaaaaa😘

    Reply
    1. suciMay 21, 2020

      Pra😭♥

      Reply
      1. luluMay 21, 2020

        PRA :’)

        Reply
      2. nazwaMay 21, 2020

        bener-bener sekeren itu😭❤

        Reply
    2. Nazwa BungaMay 21, 2020

      Teka teki, setiap bab di cerita ini kek teka teki, ga bisa di pecahin kalo semua petunjuk blm terkumpul.
      Aaaaa ga bisa di tebak deh😗😂

      Reply
    3. RefaMay 21, 2020

      Huhu Pra🥺❤

      Reply
  5. nabila dearmi jefriMay 21, 2020

    Yay akhirnya keluar

    Reply
  6. EliliMay 21, 2020

    ♥️♥️♥️

    Reply
    1. SbrilasMay 21, 2020

      Namanya nan jadi ingat pupuh kinanti hehehe

      Reply
  7. NidaaMay 21, 2020

    Ini yg gue tunggu… 😭😭😭

    Reply
    1. AigomiMay 21, 2020

      Baper bgt asli

      Reply
    2. Rianti irawatiMay 21, 2020

      😭❤️❤️❤️

      Reply
      1. nabilla ayuMay 21, 2020

        setiap baca tulisan rintik sedu kenapa perasaanku jadi campur aduk💖😭

        Reply
      2. Siti SofiatunMay 21, 2020

        Uss terhura😭

        Reply
    3. RirisMay 21, 2020

      Tsana, izinkan saya untuk melihat isi kepalamu ya? Ceritamu selalu membuat saya tersanjung

      Reply
  8. Matcha latteMay 21, 2020

    Gue aja belum baca udah pengen komen pasti keren parahhh petcahh kecehh uwuu , lebay us sorry hehe

    Reply
  9. elsaMay 21, 2020

    Akhirnyaaaaaa🥰🥰🥰🥰🥰

    Reply
    1. SeptilioMay 21, 2020

      Aku simpan dulu cerita ini untuk esok pagi

      Reply
      1. Dinda bellaMay 21, 2020

        Terkadang menjadi orang lain adalah keinginanku tapi tidak dengan kinan😭

        Reply
    2. CahyaMay 21, 2020

      Pra aku pengen banget ketemu kamu secra nyata😭

      Reply
      1. NofaJune 6, 2020

        Tsanaaa makin ke sini tulisanmu makin bagus aja ya ampun aku salut bangettttt😢

        Reply
    3. Ruri Nur Kusuma NingrumMay 21, 2020

      Keren banget❤ bikin candu

      Reply
  10. ArifahMay 21, 2020

    Yayyyy ahirnaaaaa <3

    Reply
    1. Hanansafa Ilsya AgasiMay 21, 2020

      nangisss 😭😭😭

      Reply
  11. juleMay 21, 2020

    wawww

    Reply
  12. bunga.myzMay 21, 2020

    yang di tunggu tunggu muncul jugaaa akhirnyaa

    Reply
  13. Zadita AwaliaMay 21, 2020

    🌨️🌨️🌨️🌨️

    Reply
    1. Arum Purwa KusumaMay 21, 2020

      Tak butuh waktu lama, untuk mengembangkan perasaan. Ah, Kinan.

      Reply
    2. LarassMay 21, 2020

      KERENNNN SELALUUUU

      Reply
    3. DawaniMay 26, 2020

      Selamat melanjutkan kembali us. Akan selalu ditunggu kelanjutan pra. Tulisan yang kamu tulis selalu keren us.

      Reply
  14. HaniMay 21, 2020

    Begadang ku ga sia2

    Reply
    1. Saya_ekataMay 21, 2020

      Woaahh terimakasih

      Reply
  15. Annisa ReinyMay 21, 2020

    Akhir nyaa yang ditunggu😍

    Reply
  16. Amairin YashikaMay 21, 2020

    Sukak sukak

    Reply
  17. Shintia A SMay 21, 2020

    ❤️❤️

    Reply
  18. Saya_ekataMay 21, 2020

    Terimakasih

    Reply
    1. KautsarMay 22, 2020

      Lupp

      Reply
  19. HeniMay 21, 2020

    Jam 1 us T~T

    Reply
  20. RestigustiaMay 21, 2020

    AAAAA sampe merinding

    Reply
  21. YaraMay 21, 2020

    Aku selalu suka karya paus!

    Reply
    1. dvMay 21, 2020

      gatau lg ini mau bilang apa intinya sukakkkk❤️✨

      Reply
    2. IvanaMay 21, 2020

      Selalu penasaran sama kelanjutan ceritannya

      Reply
  22. caramelmacchiatoMay 21, 2020

    banjir baaattt baca ini jd inget seseoraaaang

    Reply
  23. PrasasthiMay 21, 2020

    Kayanya ini part yg paling di “lumayan paham” in

    Reply
  24. NabilaMay 21, 2020

    Aku bacanya pertama senyum terus ngerutin dahi, senyum lagi ngerutin dahi lagi, help. Sekeren itu emosi yang ada di dalem tulisan. Ngga ada obat pokoknya ❤

    Reply
  25. almasMay 21, 2020

    akhirnyaaa

    Reply
    1. FikranMay 21, 2020

      Karena sebenarnya dia tidak gila, dia cuma menginginkan aku dan itu bukan salahnya.

      Reply
  26. Nadia AMay 21, 2020

    Akhirnya update 😭 terimakasih untuk mu kak, telah menciptakan dunia baru bagi pembaca mu untuk dapat mengenal hal lain.

    Reply
  27. karenMay 21, 2020

    seru bet

    Reply
  28. angelMay 21, 2020

    pra❤️

    Reply
    1. QiqiMay 21, 2020

      😍😍

      Reply
  29. karenMay 21, 2020

    semangat Kak

    Reply
    1. hmmMay 21, 2020

      dahlah males, rasa berkhayal ku ada disini

      Reply
    2. echaMay 26, 2020

      :’)

      Reply
  30. Fadli DinulMay 21, 2020

    Uuuuaaww

    Reply
  31. nonameMay 21, 2020

    ❤️🙂

    Reply
  32. Putri RahmaMay 21, 2020

    Suka banget!

    Reply
  33. Syifa AndiniMay 21, 2020

    lubh❤️

    Reply
  34. Putri nadyaMay 21, 2020

    Aku uda baca jam 00.01,yauda de tak ulang lagi .-.

    Reply
  35. RuniMay 21, 2020

    Bab dua sudah uwuu😢❤️❤️

    Reply
  36. SitaaMay 21, 2020

    Aaaaaaaaa

    Reply
  37. halcyonMay 21, 2020

    pra aja aku tungguin, apalagi doi 🙂

    Reply
  38. jasminMay 21, 2020

    sukaa sekalii <3

    Reply
  39. talitaMay 21, 2020

    setiap katanya kaya punya nyawa, suer. nangis ni gw

    Reply
  40. IntanMay 21, 2020

    Paussssssss, this is best❤🐋

    Reply
  41. adistiarMay 21, 2020

    jatuh cinta sma pra:))

    Reply
  42. raraMay 21, 2020

    sending virtual hug for ka tsana!
    love youuuuuu!🤗❤

    Reply
  43. jasminMay 21, 2020

    sukaaaa

    Reply
    1. elmaMay 21, 2020

      Andai dia yg aku kenal sperti Pra, mungkin aku akan jadi kinan 😔

      Reply
  44. zxnairhMay 21, 2020

    Finally 💙

    Reply
  45. AnanMay 21, 2020

    Asli, Dunia Pra buat gw penasaran, ditunggu part selanjutnya Us 🥂HUWAAA GASABAR 😭

    Reply
  46. Ghaida SafiraMay 21, 2020

    Huaaaaa ❤️

    Reply
  47. ShaMay 21, 2020

    Aku belajar dari tulisan paus. Bahwa untuk memahami sesuatu tidak cukup sekali duakali baca tetapi harus berkali-kali hingga paham makna dari cerita sesungguhnya.

    Reply
  48. LocansMay 21, 2020

    begadang cuma buat PRA, keren parah us!

    Reply
  49. kylaMay 21, 2020

    KERE udh mewakili semuanya us ! 😭❤

    Reply
    1. kylaMay 21, 2020

      KEREN maksutnya maaf typo🙂😭

      Reply
  50. JaniMay 21, 2020

    “Hal paling bodoh yang kulakukan adalah memelukmu, jadi jika setelah ini kamu ingin membunuhku, lakukan saja, Nan. Aku cuma tidak bisa melihatmu menangis.”

    Huaaaa part paling gue suka

    Reply
  51. SavaMay 21, 2020

    Emang ga cukup kalau sekali baca

    Reply
  52. Dinda NazwaaMay 21, 2020

    Aww usss💙💙💙😭😭

    Reply
  53. YeniMay 21, 2020

    Karna terlalu serius jadi nggak sadar kalau ceritanya udah mau selesai terbaca.

    Aku menunggu kelanjutan nya….

    Reply
    1. DiraMay 21, 2020

      Pra terlahir menggagumkan hampir sempurna, dan Kinan terlahir tangguh akankah mereka bersatu? Untuk saling melengkapi kekurangan? Dan terciptalah kesempurnaan dikeduanya?

      Reply
    2. SyiphaaMay 21, 2020

      Jatuh cintaa sama pra😭❤️

      Reply
  54. SaskiMay 21, 2020

    Bela belain ga tidur demi PRA☺

    Reply
  55. KallhmyaMay 21, 2020

    Bacanya merinding😭💛

    Reply
  56. YlnamysrMay 21, 2020

    love banget

    Reply
  57. JjepoemMay 21, 2020

    Akhirnya, keren banget us

    Reply
  58. Azzahra SyahputriMay 21, 2020

    aaa so sweet pra. Di bagian ini gue lebih memahami bacaannya, karena mungkin udah mulai ngerti karakter2nya lop u pause hebat gue yang lemot gini bisa paham akhirnya😭

    Reply
  59. ShafiraMay 21, 2020

    fix Kinan beruntung banget 🙂

    Reply
  60. NadilaMay 21, 2020

    Pra.. :’)

    Reply
  61. NabilaMay 21, 2020

    Mantep banget sih ini

    Reply
  62. ellMay 21, 2020

    Uwuuuuu

    Reply
  63. Desta AnggrizyMay 21, 2020

    Praa<3

    Reply
  64. hazzellnutMay 21, 2020

    Ini belum2 kok udh nangis euyy kerenn sihh parah🌹😭😭

    Reply
  65. tphMay 21, 2020

    udah ditunggu, kesel bngt malah ketiduran. gpp. selamat tsana, Pra udh bnyk jutaan hati jatuh padanya

    Reply
  66. chlsbllMay 21, 2020

    Aawww bagusss bgtttt

    Reply
  67. khairunnisaMay 21, 2020

    aku kayak lihat diriku sama doi🥺

    Reply
  68. araMay 21, 2020

    Dahla nangis aja aku😭

    Reply
  69. RianaMay 21, 2020

    hooo keren bet sii lup✨

    Reply
  70. Syahana_sfbMay 21, 2020

    ❤❤❤

    Reply
  71. nelaaaMay 21, 2020

    kadang emang yg diucap ngga sesuai sama apa yang dirasa ya 🙂

    Reply
  72. ElviraMay 21, 2020

    KERENN!❤

    Reply
  73. Fadhiyah NurulMay 21, 2020

    aku jatuh cinta sama cerita ini.

    Reply
  74. sylMay 21, 2020

    Kalau tidak kamu, maka tidak siapa pun.-pra🙂😍

    Reply
  75. ilmaMay 21, 2020

    uwuuuu bangettt akhirnyaaaa 😆👉👈

    Reply
  76. shafaneiiMay 21, 2020

    gangerti lagi gimana isi kepala tsana!! kerennnnn bangetttt!!!💛

    Reply
  77. tanpa namaMay 21, 2020

    aku mulai menyukaimu, pra

    Reply
  78. DelMay 21, 2020

    Akhirnya yang ditunggu-tunggu 💛🤗

    Reply
  79. taMay 21, 2020

    baik sekali, us
    dinantikan kelanjutannya, selalu

    Reply
  80. NathMay 21, 2020

    Ngaco, tsaannnn😭😭

    Reply
  81. sri indrayatiMay 21, 2020

    ♡♡♡

    Reply
  82. glenna novtaniMay 21, 2020

    PAUUUSSS LU TANGGUNG JAWAB YAA GUE JD SEDIH BACANYAA 😭 gasabar bab ke tigaaa huhu SEMANGAT PAUS 🥺

    Reply
  83. NndagtaaMay 21, 2020

    Akhirnyaaa 😍😍 😭😭

    Reply
  84. aurynMay 21, 2020

    selalu dibuat jatuh cinta sama karyanya paus🕊

    Reply
  85. nabilaahanafiyahMay 21, 2020

    malem malem bikin semosi aj ya us, hmmmm :”)

    Reply
  86. faraMay 21, 2020

    aaaaaaaaaaa 😥

    Reply
  87. AnandaMay 21, 2020

    aaaa kinaaaan. you did well, Tsana. <3!

    Reply
  88. nabilaahanafiyahMay 21, 2020

    malem malem bikin semosi aja ya us, hmmm :”)

    Reply
  89. NazwaMay 21, 2020

    Ka tsana… kerenn banget!

    Reply
  90. HasnaMay 21, 2020

    Gilaaa kereen uss ❤️❤️

    Reply
  91. Dika RiskkMay 21, 2020

    Ciye si pra akhirnya

    Reply
  92. HeniMay 21, 2020

    😣 mau punya teman kayak Pra.

    Reply
  93. UwuuuMay 21, 2020

    Aaaa sukaa bangett pauss 😭😭♥️♥️

    Reply
  94. NissaMay 21, 2020

    Yg kedua ini sedikit lebih cepat masuk otak 😭

    Reply
  95. AlMay 21, 2020

    PRAAAAAA♥️♥️♥️

    Reply
  96. Tukang MartabucksMay 21, 2020

    Dan lagi, ini kedua kalinya aku membaca tulisanmu, tsan. Aku suka cara mu memainkan kata menjadi suatu cerita yang, yang amat sangat luar biasa. Baiklah, setelah ini, aku akan menambahkan buku-mu ke dalam perpustakaan kecil yang aku buat.

    Tertanda, manusia yang doyan martabak.

    Reply
    1. Ruri Nur Kusuma NingrumMay 21, 2020

      Keren banget❤ bikin candu

      Reply
    2. Cutie PwieMay 21, 2020

      Tsana kenapa ceritamu keren sekali😭👏

      Reply
  97. Dari sapi untuk paus♡May 21, 2020

    Aku nunggu pra datang aja sabar apalagi nunggu dia🙂
    This is best paus suerr deh selalu suka dengan setiap cerita paus♡♡

    Reply
  98. AfifahMay 21, 2020

    Praaa😭🧡

    Reply
  99. PutriiiMay 21, 2020

    PRAAA😭♥️

    Reply
  100. Alpina DamayantiMay 21, 2020

    Mendebarkan us😭❤

    Reply
  101. ClaritaMay 21, 2020

    Aaa suka banget!!

    Reply
  102. Annisa FitrianiMay 21, 2020

    selalu suka

    Reply
  103. CiaMay 21, 2020

    Ahh Pra semangat terus ya buat dapetin Kinan 😌😅

    Reply
  104. VictorMay 21, 2020

    ❤❤❤❤❤

    Reply
  105. VictorMay 21, 2020

    Kimci❤

    Reply
  106. Sekar kiraniMay 21, 2020

    Rumit yang bakal jadi candu🖤

    Reply
    1. Iin InayahMay 21, 2020

      terima kasih, karena kamu us aku belajar dan mulai suka membaca❤

      Reply
  107. Syarifa PuteriMay 21, 2020

    parah uss sukak!

    Reply
  108. Shefi ListaMay 21, 2020

    Pauss mau banget lagi nangis dipeluk gitu kaya kinan☹️☹️

    Reply
  109. ElMay 21, 2020

    “Menangislah karena pertunjukan ini tidak akan bisa jadi abadi.”
    :”)

    Reply
    1. Ellyvia marsellaMay 21, 2020

      Selalu, dan akan selalu suka apapun yang kamu tulis us♥️

      Reply
  110. NasyiahMay 21, 2020

    “Kalu tidak kamu, maka tidak siapa pun”
    Makin bikin penasaran akan kisah2 selanjutnya. Makasih ka tsana udh bikin cerita kehebat dan sekeren ini

    Reply
  111. ApriliaMay 21, 2020

    Praa💛

    Reply
  112. MuthiaMay 21, 2020

    Ditunggu :’)

    Reply
  113. annMay 21, 2020

    HUAAA, PRA!🧡💛
    keren ka tsann gas teruss!

    Reply
    1. devi puspitaMay 21, 2020

      sumpah keren parah gila ahhh kakkkkk pauuusss😍😍😍😍😭👍👍

      Reply
  114. Putri.RAMay 21, 2020

    Aaaaaaaaa❤❤❤

    Reply
  115. Sabilla OktaaMay 21, 2020

    Yg ketiga d tunggu pokonyaaaa :’))) ❤❤

    Reply
  116. hiraMay 21, 2020

    Lovee bangeeet ❤

    Reply
  117. Mala AuliaMay 21, 2020

    aku jatuh cinta kesekian kalinya,dengan Pra

    Reply
  118. Caramel MacchiatoMay 21, 2020

    🌻

    Reply
  119. Rizky WulandariMay 21, 2020

    niatnya buat nanti pagi, tapi gak kuat pas baca kalimat pertama HUA

    Reply
  120. natasyaaMay 21, 2020

    ahhh baperrr

    Reply
  121. FarzaErlianMay 21, 2020

    Aku jatuh cinta sama cerita ini<3

    Reply
  122. YayashMay 21, 2020

    Uwu sekali😭😍

    Reply
  123. Jevi AmayMay 21, 2020

    Makasih paus telah menciptakan karakter Pra❤

    Reply
  124. Lutfi HamidahMay 21, 2020

    ❣️

    Reply
  125. PelangiMay 21, 2020

    AAAAaa😍

    Reply
  126. Syahfira YasmineMay 21, 2020

    Updatenya di percepat us:(

    Reply
  127. ErlindaMay 21, 2020

    Huaaaaaa

    Reply
  128. Kerennn banget ka pausss😭💓💓💓

    Reply
  129. AtrMay 21, 2020

    Ntah kenapa selalu ingat biru dalam diri pra:))

    Reply
  130. SalsabillaaMay 21, 2020

    Ga cukup sekali baca💛

    Reply
  131. YunitaMay 21, 2020

    Pra sangat berbeda dengan cerita lain. Baca pra itu kaya disuruh menebak teka teki yang disampaikan. Waktu baca pra chapter 1 tu sambil mikir “apa nih?, Maksudnya apa?” tp kak tsana selalu bisa buat pembaca menikmatin ceritanya. Semangat terus pausssss, ditunggu kelanjutannya:)

    Reply
  132. kaceMay 21, 2020

    “Kalau tidak kamu, maka tidak siapa pun. Itu kutukan yang bisa saja selesai, tapi lebih baik hidup dalam kutukan daripada harus meninggalkanmu.” wwaduu praaa😭

    Reply
  133. deandaMay 21, 2020

    Ngantuk sambil bercucuran air mata itu nikmatnya sampe jari kaki 🙂

    Reply
  134. Alfi RayMay 21, 2020

    Uuuuuh 😃😍😘yang dinantiii ahirnaaaaa menemani malam kamis.
    Pra di duniaku egk sekeren ituu… Pra di dunia ku pernah keren tapi ternyata hanya datang untuk singgah. 😓😩😓

    Reply
  135. TaaMay 21, 2020

    Please don’t cry

    Reply
  136. deandafrMay 21, 2020

    Ngantuk sambil bercucuran air mata itu nikmatnya sampe jari kaki 🙂

    Reply
  137. YurinMay 21, 2020

    Cerita ka tsana itu unik, dan bahasanya itu seperti bahasa pena yg indah💞

    Reply
  138. elva panggabeanMay 21, 2020

    Mau segimanapun menolak kalo hati mau…lantas harus apa US😌. Ditunggu kelanjutannya US

    Reply
  139. fikaMay 21, 2020

    aaaaaa it feels like kinan’s tears were made just for pra’s arms. :’))))))

    Reply
  140. widya rachmaMay 21, 2020

    “bahwa hidup ini memang tentang rasa sakit”

    🙁

    Reply
  141. indahMay 21, 2020

    Asli nangis gua us😭😭😭😭
    Parahsi ini gakuat us 😢

    Reply
  142. ChytgitaMay 21, 2020

    Praaa♥️😭😭

    Reply
  143. YustiMay 21, 2020

    Gatau us mau komen apa
    Keren udh intinya
    Ga bisa ngomong udh 🙁

    Reply
  144. MalMay 21, 2020

    NANGIISSSS😭😭

    Reply
  145. Dhiya MuthiahMay 21, 2020

    PETJAH BET, DARI KALIMAT PERTAMA UDAH JATUH CINTA😭 selalu terkagum dengan caramu menyuarakan isi pikiranmu tsan, keep being u❤️

    Reply
  146. Ananda PutriMay 21, 2020

    Keren💜

    Reply
  147. skyMay 21, 2020

    AAKK! goks bgt si🥺

    Reply
  148. nrlllfffMay 21, 2020

    aaa baperr😭

    Reply
  149. Trias KaniaMay 21, 2020

    Paus, di part ke 2 ini gw menemukan apa yang tersirat dari tulisan lo. Gw paham sekarang, semangat terus us. Ohiya satu lagi, kalo bisa tolong upnya sering sering ya us alopyuuu

    Reply
  150. Qonita HadayaMay 21, 2020

    Suka BANGETTT !!! 😭😭😭❤

    Reply
  151. auliaMay 21, 2020

    akhirnyaaa

    Reply
  152. putMay 21, 2020

    omg akuuu terharuuu, keren banget ka pauuus. di tunggu part selanjutnya huhuuu 😭👍💕

    Reply
  153. TatiyaMay 21, 2020

    Aggghh pra🥺

    Reply
  154. dvMay 21, 2020

    sukaakkkkkkkkk❤️✨

    Reply
  155. Ellya SalmaMay 21, 2020

    Keren bgtt, aku jatug cinta sama pra😭😭💙

    Reply
  156. SavanaMay 21, 2020

    Bingung mau komen apa, kata ‘bagus’ atau ‘keren’ aja udah ngga bisa nampung perspektif gw buat tulisan dari kepala lo us.

    Reply
    1. AnekhrhMay 21, 2020

      Huaah akhirnya ❤️

      Reply
  157. VadMay 21, 2020

    Sukaaaaaa

    Reply
  158. scientistyaMay 21, 2020

    GA CUMA LU US YANG DEG-DEGAN. GW SBG PEMBACA JUGA DEG-DEGAN ANZAY. SEKEREN ITU🤘

    Reply
  159. LuluqqqueMay 21, 2020

    😭

    Reply
  160. dhiahMay 21, 2020

    kenapa yang kedua udah bikin mewek gini sihh us

    Reply
  161. M. WahyMay 21, 2020

    selamat pagi kinan dari pra yang masih penuh kejadulan

    Reply
  162. TataMay 21, 2020

    Praaaaa kamu gaboleh gitu praaa. Aku bukan kinan aja baper. Gmn perasaannya kinan coba?

    Reply
  163. Shovi RahmaMay 21, 2020

    Akhirnya yg ditunggu-tunggu ❤ , udah ga bisa berkata-kata lagi “pra” emg beda dan aku suka 😊. Semangat terus us ini keren bgt

    Reply
  164. dineMay 21, 2020

    Tetap jadi yang ditunggu tunggu

    Reply
  165. mandaaaMay 21, 2020

    yang aku tunggu tunggu akhirnyaaaaa🥺🥺🥰😭👉🏻👈🏻

    Reply
  166. din.May 21, 2020

    Speechless. Suka bgt 😭

    Reply
  167. SalmaMay 21, 2020

    Hebat kk bisa bikin tokoh kyak pra

    Fans sama tulisan2 kk 😘😘

    Reply
  168. sariMay 21, 2020

    imajinasiku bermain memahami setiap kata dan kalimat yg ku baca.

    Reply
  169. Rani GusmellyMay 21, 2020

    Reply
  170. ochaanMay 21, 2020

    JATUH CINTA BGT SAMA PRA ❤

    Reply
  171. Egalita NabilaMay 21, 2020

    Gatauuu lagi keren):

    Reply
  172. Marwatun NisaMay 21, 2020

    Selalu berbeda,dan itu yg membuatku jatuh cinta pada karya tsana❤

    Reply
  173. adityazx_May 21, 2020

    parah si keren bgt

    Reply
  174. Fini oktaMay 21, 2020

    Keren banget❤. Ditunggu kelanjutannya…

    Reply
  175. BestariMay 21, 2020

    Kerennnnnn❤

    Reply
  176. Riyani Amelia IskandarMay 21, 2020

    Keren uss sampe mewek gini :”

    Reply
  177. nahiyahMay 21, 2020

    pra☹️🤍

    Reply
  178. ViiiMay 21, 2020

    Uwu sekaliii😂😂

    Reply
    1. LifiMay 21, 2020

      Dari dulu pas baca wattpad, aku tau karangan nih penulis bukan karangan kek biasanya.. ini novel bucin berkelas… ga receh.. salut sama lu us..

      Reply
  179. ViiiMay 21, 2020

    Terbaik deh tsan🤗🤗🤗

    Reply
  180. all.iwantttMay 21, 2020

    kenapa senyumsenyum sendiri si baca iniii🥺

    Reply
  181. ririiMay 21, 2020

    gtau mau komen apa, bgoos bgt

    Reply
  182. Nurfaika Putri.AMay 21, 2020

    Suka banget bagian akhirnya…

    Reply
    1. IndreeMay 21, 2020

      Gila sih baru juga kalimat pertama bab ini udh gamau kmn² lg selain selesain baca. Kaya disihir buat “udh disini aja jgn kmn²”. Asli gamau berpaling. :’)) 🧡

      Reply
  183. LifiMay 21, 2020

    Plis.. us.. hubungan mereka yg masih di ambang2 jangan ada alur kehilangan ya… ato alur org ketiga.. ato yg pelik2 lainnya.. harus happy ending pra n kinan…..

    Reply
  184. raiiMay 21, 2020

    pra❤️🤗

    Reply
  185. JijiwMay 21, 2020

    Sehat sehat us, bab lainnya masih kami tunggu!

    Reply
  186. Andi Tantri Nurul MukminMay 21, 2020

    Ku menangis membayangkan 🎤🎤😭😭

    Reply
  187. NurqalbiMay 21, 2020

    Huaaa gemasss💓

    Reply
  188. AstriMay 21, 2020

    Tak ada buku, ini pun siip untuk dibaca saat #dirumahaja 😍😍

    Reply
  189. AstriMay 21, 2020

    Tak ada buku, ini pun siip untuk dibaca saat #dirumahaja 😍😍 , thanks us

    Reply
  190. SunflowersdyyMay 21, 2020

    Hi pra, kau berhasil buatku tersenyum pagi ini. Kau berhasil buatku penasaran dengan kisah hidupmu. Dan kinan kau membuatku tiba tiba menjadi biru begini. Aduhhh masih pagi aku sudah dibuat terharu dengan bagian dua ini.

    Pra kamu terlalu uwu💛🌻
    Salam dariku, manusia yang punya mimpi buat ke Mars. Katanya Pra punya mimpi gila, ayolah kita bermimpi bersama jika ingin, hehe^^

    Reply
  191. CiaMay 21, 2020

    Ga ngerti lagi,,😭😭

    Reply
  192. PalemMay 21, 2020

    Aku yang jatuh cinta padamu, pra. Huhu

    Reply
  193. FarhaMay 21, 2020

    Aaa suka banget sama ceritanya 😍😘😘

    Reply
  194. qyvenusMay 21, 2020

    “Kalau tidak kamu, tidak siapapun”
    Bagus banget us🖤 Aku menunggu Bab berikutnya

    Reply
  195. PalemMay 21, 2020

    Selalu saja kau guncangkan perasaanku us

    Reply
  196. AmiMay 21, 2020

    Pra hmm🥺😭❤️

    Reply
  197. SuciMay 21, 2020

    Arghh! Sad sad sad
    Sangat-sangat bagus, Kak Tsana
    Sukses trus yah, can’t wait for the next chapter 🙂
    Saya selalu ingin, agar Pra bisa terus up chapter selanjutnya 🙂
    From ur fan

    Reply
    1. Milannia CitraMay 21, 2020

      omaiiiigaattttt 😍😍😍😍😍

      Reply
  198. nanaMay 21, 2020

    yang disuruh nangis si kinan tapi kok aku juga nangiss:((

    Reply
  199. AmelliaMay 21, 2020

    hari ini km buat aku jatuh cinta dengan ceritamu ka tsan, thx ❤

    Reply
  200. Diah AyuMay 21, 2020

    Ya allah sahur” gini gua baper sama pra 🙂

    Reply
  201. uliMay 21, 2020

    ❤❤

    Reply
  202. awdstaMay 21, 2020

    subuh subuh dpt sahur yang masyaAllah gni wkwk

    Reply
  203. AlpapranaMay 21, 2020

    “Nan. Kalau tidak kamu, maka tidak siapa pun.” Aduhh pausss T^T

    Reply
  204. AlpapranaMay 21, 2020

    “Nan. Kalau tidak kamu, maka tidak siapa pun.” Aduhh pausss T^T❤

    Reply
  205. rainyMay 21, 2020

    kaaa tsanaaaa ini buat canduu

    Reply
  206. AdindaMay 21, 2020

    tiap habis baca cerita paus perasaan gue kek lagi diguncang. keren lo us

    Reply
  207. DiraMay 21, 2020

    Pra terlahir menggagumkan hampir sempurna, dan Kinan terlahir tangguh akankah mereka bersatu? Untuk saling melengkapi kekurangan? Dan terciptalah kesempurnaan dikeduanya?

    Reply
  208. anindya kaunaMay 21, 2020

    Ini cerita pertama yg bikin aku baper plus nangis. Aku baca ini bisa ngerasain sedih bgt. Semangat ya kak Tsana, kutunggu chapter berikutnya❤️

    Reply
  209. MeyaMay 21, 2020

    💛💛💛

    Reply
  210. SheiMay 21, 2020

    Terima kasih us udah publish PRA, udah ajak kami berkenalan dgnnya secara perlahan. Dihari dimana dia gabisa baca ini denganku:) terima kasih rintik sedu yang selalu menjadi tempat merindu. Salam sayang yang dalam untukmu dan setiap karyamu us💜

    Reply
  211. dinMay 21, 2020

    aku suka aku sukaaaaa

    Reply
  212. MelidaMay 21, 2020

    Meleleh ussss, pengen dipeluk Pra jugaaaa. Selalu keren dan memberikan warna tersendiri untuk menyebut perjuangan cintaa. Sukaaaaaa

    Reply
  213. BenaaMay 21, 2020

    Pra dan segala hal gilanya mamou meruntuhkan tembok keras yang menghadang perasaan kinan. Gila sih ini keren banget😭😭😭

    Reply
  214. manusiabertelorMay 21, 2020

    Ke-uwuan yang haqiqi, keren.

    Reply
  215. AyurikaMay 21, 2020

    SeUdih🙂

    Reply
  216. prajna paramithaMay 21, 2020

    jatuh cinta sama Pra 🥺🥺

    Reply
  217. RizkaMay 21, 2020

    Love u, pra☺

    Reply
  218. ipingMay 21, 2020

    keren bgt us

    Reply
  219. EniiiMay 21, 2020

    Lega setelah baca <3

    Makasih, Tsan.

    Reply
  220. Lita Amalia PutriMay 21, 2020

    Sukaaaaa💛

    Reply
  221. AmelMay 21, 2020

    Singkatnya, aku cuma mau kamu hanya kamu dan tidak lebih tidak kurang.

    Reply
  222. Putri RenaiaMay 21, 2020

    HUHU AKHIRNYA UP JUGA SUKAK BANGET!🧡

    Reply
  223. Bunga FadillaMay 21, 2020

    Cinta bgt sama Pra:(

    Reply
  224. Trio Roudhotul JanahMay 21, 2020

    Emng lu paling keren us 😭😭😭

    Reply
  225. Eka damayantiMay 21, 2020

    Enggak sadar mataku sampe berkaca-kaca bacanya us :’)

    Reply
  226. jn_mineMay 21, 2020

    bagus kak, makasih mungkin ini waktunya aku menikmati sedih, untuj menerima kenyataan yg mmg sudah dr sananya akan terus mengecewakan.

    Reply
  227. Kitra KiranaMay 21, 2020

    Sangat sukaaaaaaaaa❤

    Reply
  228. Nova AbeliaMay 21, 2020

    ❤️❤️❤️

    Reply
  229. Fitri MileniaMay 21, 2020

    UWU SEKALI❤

    Reply
  230. zahraputriii.nMay 21, 2020

    tulisan yg slalu gue tunggu” itu tulisan lo us ,karya lo yg bisa bikin gua bungkam seribu bahasa.Lo keren bgt us!!:*
    maap lebay tp emg bnran!!:(

    Reply
  231. Ira Mifta FadilahMay 21, 2020

    Pra😭💓

    Reply
  232. MelaMay 21, 2020

    Perempuan dan laki-laki jika bersahabat hanya berdua, maka tidak bisa tidak kalau salah satunya atau bahkan dua-duanya berakhir memiliki perasaan yang lebih dari sekadar sayang. Ternyata, itu memang hukum alam. Berarti, nggak salah kalau aku suka sama dia. Iya, nggak salah. Pokoknya nggak salah.

    Reply
  233. AwaMay 21, 2020

    Can relate gw bacanya:(

    Reply
  234. Zhafira putriMay 21, 2020

    “Jika setelah ini kamu ingin membunuhku, lakukan saja, Nan. Aku cuma tidak bisa melihatmu menangis.”
    Praaaa❤😭😭

    Reply
  235. ellenMay 21, 2020

    gila si us keren bgt tapi emng si lu mah keren abis semangat nulisnya us 💚

    Reply
  236. WafaagniaMay 21, 2020

    Makin hari makin tidak sabar. Setelah buku Kata,ini akan menjadi buku kedua terfavoritku.

    Reply
  237. Imaas.eMay 21, 2020

    Yok kak ditunggu lanjutannya 😂 aku penasaran sama pra

    Reply
  238. Rezky Awaliyah RamliMay 21, 2020

    Mau cri liat mereka berdua😭

    Reply
  239. Agis Rahayuning TiyasMay 21, 2020

    dalem banget pesannya💛

    Reply
  240. NafisaMay 21, 2020

    gila sii🙃🙃

    Reply
  241. IntanMay 21, 2020

    Praaa😭

    Reply
  242. CacaMay 21, 2020

    Bab 3 dong us;(

    Reply
  243. dindaMay 21, 2020

    PRAAAAA😭

    Reply
  244. SiskaMay 21, 2020

    Pra 😭

    Reply
  245. Siusman2May 21, 2020

    Selalu sesuai ekspetasi. 😪

    Reply
  246. citraMay 21, 2020

    ❤❤❤

    Reply
    1. Annisa RizkiMay 21, 2020

      Baru baca awal-awal paragraf langsung mewek😭
      Lu emang keren us🌻💛✨

      Reply
  247. Aisyah azharaMay 21, 2020

    keren banget

    Reply
  248. wardahMay 21, 2020

    demi apapun ini indah bgt tulisannya, hwaa :’) thanks us

    Reply
  249. hawaaMay 21, 2020

    selalu sukaaaa

    Reply
  250. Arvisa Shafa FelisaMay 21, 2020

    Bab 3 ditunggu US:)))

    Reply
  251. Aulia SabrinaMay 21, 2020

    Terimakasih us untuk karya nya

    Reply
  252. TalithaMay 21, 2020

    Pra 😭❤️

    Reply
    1. CheeseburgerMay 21, 2020

      Bisa Indah banget kata”nya,heran..

      Reply
  253. MiaaMay 21, 2020

    Ter uwuww deh us ❤

    Reply
  254. Vita RahmasariMay 21, 2020

    Keren sekali baru baca sperti ada makna tersendiri

    Reply
  255. Muhammad ArielMay 21, 2020

    emang semua hal gabisa di—utarakan secara spontan, kita hanya perlu waktu untuk menunggunya.

    Reply
  256. Isdy AnnisaMay 21, 2020

    PRA, andai di dunia nyata ada yang seperti mu. Kan ku genggam, dan tak kan kulepas💙 lvyu pra,

    Reply
  257. Messaluna AurilliaMay 21, 2020

    “Aku sudah selalu kalah kalau harus berhadapan denganmu, Nan.”
    -Pra

    Reply
  258. SrhMay 21, 2020

    Ikuti saja alurnya baca dengan rasa pasti tau apa yang tertera disana

    Reply
  259. enay rinantaMay 21, 2020

    emang pertemanan antara cewe dan cowo itu agak susah kalo salah satu atau keduanya gak ada yang rela berkorban. berkorban untuk perasaan.
    😭😭

    Reply
  260. Sakila Aina MaryamahMay 21, 2020

    Huwaa saking uwu nya rasanya pen nangis aja duh. Kenapa bisa bagus bgt si us?

    Reply
  261. NurhabibaMay 21, 2020

    Selalu cinta sama semua karya kak tsana

    Reply
  262. nikytabnMay 21, 2020

    us ini kira2 kl aku yg mewek, pra boleh ga ya peluk akuu ;(

    Reply
  263. sereMay 21, 2020

    selalu keren 🐳❤️

    Reply
  264. LiaMay 21, 2020

    Jadi inget seseorang, keren banget us❤

    Reply
  265. salsabila analiciaMay 21, 2020

    LOPYU PULLL PRA🥺

    Reply
  266. nopaniMay 21, 2020

    pra kenapa kamu seuwu itu 😭💛💛

    Reply
  267. novanyMay 21, 2020

    pra kenapa kamu seuwu itu😭💛💛

    Reply
  268. KinantiMay 21, 2020

    💕💕💕

    Reply
  269. afifah_nfMay 21, 2020

    terhuraaaa!🤧❤
    Kutunggu part selanjutnya uss! Fighting❤🔥

    Reply
  270. MawaddahMay 21, 2020

    Sejenak bersama Pra

    Reply
  271. afifah_nfMay 21, 2020

    PRAAA MASYAALLAH❤😭

    Reply
  272. aulyaMay 21, 2020

    huuaa pra 😭🥰

    Reply
  273. Siti NurhayatiMay 21, 2020

    Menangisssss woeeee sebagus ituuuuuu😭😭😭

    Reply
  274. Nessa Rosifa PutriMay 21, 2020

    Luvv pra!❤❤

    Reply
  275. MicyraMay 21, 2020

    Beruntung nya kinan punya pra 😭

    Reply
  276. puspitasariMay 21, 2020

    uwwuu praaa 😭

    Reply
  277. RisyaMay 21, 2020

    Siapa yg naroh bawang nih woyy😭❤❤❤

    Reply
  278. MELATIMay 21, 2020

    AKU SUDAH JATUH CINTA DENGAN CERITA INI TSANA, JANGAN BUAT AKU MENANGIS DENGAN MENCINTAI CERITA INI.

    Reply
  279. DiflaMay 21, 2020

    Terimakasih us sudah menciptakan sosok PRA yg bener-bener berkelas😍

    Reply
  280. ikaMay 21, 2020

    Yaampunnn, gatau mo ngomong apaaa:”) Akhirnyaaaa

    Reply
  281. azhariMay 21, 2020

    Lega bangett bacanya, pra adalah sebagian dari isi kepalaku:” pas paus bikin ini, aku rasanya lega karna setidaknya masih ada yg satu pemikiran walaupun entah cerita ini fiksi atau engga, aku gapernah mau cerita isi kepalaku karna aku tau gaada yg bakal ngerti. dan seperti kinan, aku ingin dikenal dengan perempuan kuat bukan lemah:) ditambah setiap kalimat yang dituangkan begitu indah, terimakasih kak tsana, you’re amazing<3

    Reply
  282. carmeliaMay 21, 2020

    Praa☹️

    Reply
  283. LarasatiMay 21, 2020

    Pra uwuuuuuu kerennn bgttt

    Reply
  284. SalsMay 21, 2020

    Sudah sedikit bisa dipahami, love!

    Reply
  285. IchaaMay 21, 2020

    Anday semua lelaki seperti pra yang mengerti tentang seorang wanita:))

    Reply
  286. dewinsMay 21, 2020

    selalu dapat plot twist disetiap kalimat yg dirangkai ka sana, selalu jatuh cinta sama epilognya:’)♥

    Reply
    1. Neng Aliya R. SMay 21, 2020

      Supeeerr😭😍😍😍… Semangaatt teruus kak tsana❤❤

      Reply
  287. ri_anaahMay 21, 2020

    lop u pra:(

    Reply
  288. Nurul Aulia DewiMay 21, 2020

    Minta satu yang kaya Pra💙

    Reply
  289. Nurul Aulia DewiMay 21, 2020

    Paus selalu yang terbaik 💙

    Reply
  290. hanaMay 21, 2020

    ♥♥♥♥♥♥

    Reply
    1. YenilisMay 21, 2020

      Membayangkan dan mengahayati adalah jalanku untuk bisa memahami cerita ini. Dasar aku

      Ditunggu next episodenya tsana ❤

      Reply
  291. Vika NishaMay 21, 2020

    Disini ada like nya ga sih? Rasanya aku pengen like”in setiap kata” yg kau buat Us. Bgitu indah❤❤❤❤

    Reply
  292. LevMay 21, 2020

    Sukaaa bgttt

    Reply
  293. JayantiMay 21, 2020

    Saya jatuh hati sama Pra tsan

    Reply
  294. Sinta Farda AzhariMay 21, 2020

    Kereeen🥰❤

    Reply
  295. azzuramaMay 21, 2020

    Terima kasih ka Tsana, atas karyanya

    Reply
    1. DyahMay 21, 2020

      Menangislah karena pertunjukan ini tidak akan bisa jadi abadi. Menangislah karena itu satu-satunya yang bisa kulakukan untuk bisa memilikimu 😭❤️

      Reply
  296. rstyMay 21, 2020

    keren parah 🍃 bahasanya itu loh… w suka bet

    Reply
  297. vidiya fazriaMay 21, 2020

    gasabar tunggu kelanjutannya huh

    Reply
  298. NaiMay 21, 2020

    Seperti nyata kata dalam petik nya. Terima kasih ka Tsana ❤

    Reply
  299. Neng Aliya R. SMay 21, 2020

    Supeeerr😭😍😍😍❤

    Reply
  300. raraMay 21, 2020

    huhu ga ngerti lagi ya

    Reply
  301. mazmiatMay 21, 2020

    keren banget, us. 🔥

    Reply
  302. KarlinaMay 21, 2020

    Terimakasih ka Tsanaa, aku bangga dan akan selalu bangga padamu🤝

    Reply
  303. SasaMay 21, 2020

    Semua makna dalam kalimat nya keren us!! Sukak bgt akuuuu 😍💙💙

    Reply
  304. AksaraMay 21, 2020

    Lopyuu PRA 💙

    Reply
  305. abiyazzahraMay 21, 2020

    kukira hatiku sudah seutuhnya utuk geez dan nug, ternyata salah besar, kini pra dengan cepatnya merebut semua itu

    Reply
  306. Fitri rahakbauwMay 21, 2020

    Pra dengan segenap perasaannya 💙

    Reply
  307. Cha!May 21, 2020

    I’m crying 😭😭 Forever in love with you kak Tsan!!

    Reply
  308. melisa rMay 21, 2020

    Pra selalu berhasil bikin nangis

    Reply
  309. fadhyaMay 21, 2020

    gemeshh❤❤

    Reply
  310. DindaMay 21, 2020

    Selalu bikin penasaran. PRA 😍

    Reply
  311. YayaMay 21, 2020

    Ketika hati menentang pikiran. Tak ada salahnya keluar dari jalur aman🌻

    Reply
  312. DefinaMay 21, 2020

    didalamnya seperti ada bagian yg mengingatkanku kembali terhadap sesuatu yang tak setuju akan hal yg aku ingini. tetap selalu tidak setuju, ia marah, aku menangis.

    Reply
  313. FauziaelMay 21, 2020

    ❤❤❤

    Reply
  314. MeilahMay 21, 2020

    Gemoy bangett

    Reply
  315. WuldriMay 21, 2020

    Pra, berhasil mendobrak hati saya sebagai pembaca:)

    Semangat uss…..

    Reply
  316. SafiyaMay 21, 2020

    Kamu hebat paus, bahkan aku larut sangat dalam saat pra seolah olah benar nyata adanya dalam otakku

    Reply
  317. CitraMay 21, 2020

    Gabisa ninggalin satu kata pun untuk tdk dibaca ❤️

    Reply
  318. FazaMay 21, 2020

    Finally, bab dua muncul ke semesta:)

    Reply
  319. FazaMay 21, 2020

    “Pra mengambilnya ke pelukannya, dan pada saat itu, untuk pertama kalinya Kinan merasakan kelembutan seorang laki-laki, kelembutan yang kalau diperhatikan adalah satu-satunya kelembutan yang bisa ia temukan setelah ibunya berpulang.”
    Duhhh Pra❤

    Reply
  320. Afifah IAMay 21, 2020

    Baguss gak ketebakk sihh kerenn

    Reply
    1. nJune 1, 2020

      huhu baca jam 2 pagi, tenang banget. bisa jadi pengantar tidur, bagus banget♥

      Reply
  321. dhiaMay 21, 2020

    menangislah karena itu satu satunya cara untuk bisa memilikimu. PRA U HIT ME DAMN SO HARD

    Reply
    1. thirtyMay 21, 2020

      sumpah gw merinding wey❣️

      Reply
  322. OktaMay 21, 2020

    kak tsana keren

    Reply
  323. PutriMay 21, 2020

    Akhirnya. Cerita yang begitu indah kak tsan 💛

    Reply
  324. bocullMay 21, 2020

    pra🤗

    Reply
  325. Della KharistaMay 21, 2020

    Kenapa cerita yang lu bikin selalu berhasil nurunin hujan dipelupuk mata gue us😥

    Reply
  326. SukmawatiMay 21, 2020

    *scroll*
    *scroll*
    *ngena di hati, screenshoot*
    *scroll lagi*
    *Loh, loh, kok udah habis, perasaan baru sebentar bacanya😭😭*

    Reply
  327. Ayu intanMay 21, 2020

    Tetep suka sama setiap kata yang ada

    Reply
  328. MunalMay 21, 2020

    “Ia harus mau menerima bahwa ia tetap manusia paling lemah di dunia walau sebesar apapun usahanya untuk berpura-pura.”
    Makasih, Pra. Uda kasih pemahaman baru

    Reply
  329. thirtyMay 21, 2020

    satu satu nya nelayan yg dikenal tidak waras oleh Kinan itu kenapa bisa buat aku jatuh cinta dengan mudah?

    Reply
  330. EvyMay 21, 2020

    Huuuuaaaa…yang ditunggu-tunggu akhirnya ada juga. Udah kebelet kangen banget sama pra. Sukses terus us

    Reply
  331. RisMay 21, 2020

    pelan pelan bgt bacanya ga pengen berakhir:”

    Reply
  332. Fall PetirMay 21, 2020

    Pengen jadi kekasih nya PRA❤❣

    Reply
  333. dithaMay 21, 2020

    🥺❤️

    Reply
  334. anonimeMay 21, 2020

    gatauuu kenapa mau aja gitu ada orang kayak pra di hidup akuuu kayaknya seruu

    Reply
  335. Elin NurjanahMay 21, 2020

    penasaran nama lengkapnya praaa

    Reply
  336. Zlfa.anMay 21, 2020

    Kalo aku jadi kinan, maka aku akan terus menangis. Karena itulah satu-satunya cara, untuk mendapatkan kehangantan.
    Uuuuwwwwaaaaaaa bagus bagt tsana. 😍

    Reply
    1. aledMay 21, 2020

      keren banget si kak, pra bikin jatuh cinta mulu. 🖤

      Reply
  337. Zlfa.anMay 21, 2020

    uuuwwwwaaaaaaa bagus bagt tsana. 😍
    Mengingatkan ku pada seseorang. Pelukkannya yg sama seperti pra.

    Reply
  338. CitraD.May 21, 2020

    Paus 😘

    Reply
  339. NadMay 21, 2020

    Sekuat dan setangguh apapun kelihatannya, Kinan tetap perempuan, 😭

    Reply
  340. AsiftaniaMay 21, 2020

    Aaaaaku suka😭🥰🥰🥰🥰🥰

    Reply
  341. a lonely starMay 21, 2020

    semua kata-kata di dalam cerita ini adalah keindahan 😭🧡

    Reply
  342. NabilMay 21, 2020

    cerita yang ditulis dengan segenap perasaan,
    pesannya akan sampai ke hati pembacanya.
    terima kasih Tsan

    Reply
  343. Santika OktavianiMay 21, 2020

    Subhanallah ngena banget ceritanya kak tsana😻

    Reply
  344. Putri patresiaMay 21, 2020

    Sukkkaaaaaaaa💚💚🐋

    Reply
  345. zulfaakhMay 21, 2020

    cintaa pauss;)♡

    Reply
  346. Indah ladi utamiMay 21, 2020

    Huhu uwuw banget gila, Kinan yang di perhatiin gue yang baper njiirr😭
    Makasih kak Tsana

    Reply
  347. Indah ladi utamiMay 21, 2020

    Huhu uwuw banget gila, Kinan yang di perhatiin gue yang baper😭
    Makasih kak Tsana

    Reply
  348. zidMay 21, 2020

    astaghfirrr kenapa endingnya gini😭😭😭😭😭

    Reply
  349. Fnnayss_May 21, 2020

    Aiihh baper😭

    Paus memang punya khas tersendiri dalam menyajikan cerita. Lope yu us, wkwk

    Reply
  350. NimahhhhhsMay 21, 2020

    Aiihh baper😭

    Paus memang punya khas tersendiri dalam menyajikan cerita. Lope yu us, wkwk

    Reply
  351. WndydlMay 21, 2020

    Boleh masuk ke kepalamu paus?
    Aku tak ingin menyaingimu, hanya ingin berkelana disana.
    Ingin bertemu dengan semestamu yg beda itu.

    Reply
  352. hanaMay 21, 2020

    praaaa💖💖💖!!!!

    Reply
  353. NMay 21, 2020

    I’m in love with Pra 😭💙

    Reply
  354. Fathiyah Nailul MahmudaMay 21, 2020

    Aku bacanya nangis
    Kasih sayang, sebuah tindakan nyata
    Jadi pra itu.. laki laki yang paus harapin? Wkwk
    Bukan geez yang hilang timbul sampai benar benar hilang
    Paus, jangan endingnya bikin aku kesel ya
    🙂

    Reply
  355. eenMay 21, 2020

    Pra✨💖

    Reply
  356. Alya NafisaMay 21, 2020

    Entahlaah abis baca pasti adem aja trus pas baca juga sambil senyum senyum yaa walau harus baca beberapa kali 🙂 tapi cant relate ini bagus banget.! Ga tau ka tsana bisa se keren ini;(

    Reply
  357. Rahayu TivaniMay 21, 2020

    Terima kasih, aku sekarang tahu kalau aku tidak sendiri. Sesaki-sakitnya, Sekecewa-cewanya aku ternyata masih ada juga orang yg lebih sakit dan kecewa melebihi rasa yang pernah aku rasakan.

    Reply
  358. SundavaMay 21, 2020

    Akhirnya

    Reply
  359. MutyharaMay 21, 2020

    Dabes pokonya udah😊😊💕💕

    Reply
  360. nuriawlyiMay 21, 2020

    Suka banget❤❤❤

    Reply
  361. Resa r saniaMay 21, 2020

    Tlat baca aku us

    Reply
  362. PadilaMay 21, 2020

    Aku sampe gabisa kasih komen, kelewat keren soalnya 😭

    Reply
    1. PadilaMay 21, 2020

      Gatau mo bilang apa, bagusnya++++++++++

      Reply
  363. Awwalun Nissa HeristamaMay 21, 2020

    Paus penuh rahasia di setiap selip katanya. Yang bikin semua orang berambisi untuk mencari tau kejelasannya. Terimakasih us . We love u

    Reply
  364. dheaMay 21, 2020

    praaaaa😭🙂

    Reply
  365. humannMay 21, 2020

    Pra tulus bangettt us😭😭😭😭😭

    Reply
  366. alifah salsabilaMay 21, 2020

    AKU MAU PRA😭

    Reply
  367. HokyholyMay 21, 2020

    Pranya boleh buat ku ka Tsana?

    Reply
  368. Aviva JuniatiMay 21, 2020

    Uwuwuw pra😍

    Reply
    1. Gesti KinasihMay 21, 2020

      Suka banget💕💕

      Reply
  369. PutriiieMay 21, 2020

    Sweet😭

    Reply
  370. NisrinaMay 21, 2020

    si selalu bikin penasaran

    Reply
  371. Ulin NadzirohMay 21, 2020

    Kak paus, aku sebener nya belum begitu paham sama semua isi kepala Pra. Tapi ya gimana lagi, aku nyaman baca Pra. Aku suka bertualang bersama Pra.

    Reply
  372. DiaaanMay 21, 2020

    😍😍😍😍😍😍

    Reply
  373. srimisMay 21, 2020

    ah, kebawa perasaan bangeeeet. suka💜

    Reply
  374. YayahMay 21, 2020

    Napa w belom bisa move on dari biru 🙁

    Reply
  375. VinadayMay 21, 2020

    Sukakkkk

    Reply
  376. MiracleMay 21, 2020

    Praaaa OMG♥️♥️♥️

    Reply
  377. UkhtiMay 21, 2020

    Andainya sosok pra emang ada di dunia nyata. Benaran mustahil klo ada orang kek dia

    Reply
  378. UkhtiMay 21, 2020

    Andainya sosok pra emang ada di dunia nyata. Benaran mustahil klo ada orang kek dia. Pokoknya gue suka banget sama sudut pandangnya pra

    Reply
  379. ApriliaMay 21, 2020

    yang selalu dinantikan❤ semoga cepat menambah part baru!

    Reply
  380. SbrilasMay 21, 2020

    Namanya nan jadi ingat pupuh kinanti hehehe

    Reply
  381. YujiMay 21, 2020

    Kita jatuh untuk merasakan sakit pra, sakit sekali. Saya ingin menjadi kinan sekali saja, tidak menghiraukan laki laki manapun termasuk kamu, tidak. Sebenarnya saya tidak benci dekat dengan laki laki, tapi saya benci ketika menjadi ‘berharap’

    Reply
  382. ririiiMay 21, 2020

    Praa❤

    Reply
  383. NadilaMay 21, 2020

    Likeeeeeeeeeee sratuss persen❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤

    Reply
  384. athiyaMay 21, 2020

    Semangat nulisnya us, ini keren banget soalnya:””

    Reply
  385. deimaginerMay 21, 2020

    Kerennnnn suka banget^^

    Reply
  386. Fefi Marlinda SariMay 21, 2020

    Kamu keren Us, karena setiap wanita yang berani, mereka semua adalah manusia yang keren.

    Reply
  387. nataMay 21, 2020

    :’)

    Reply
  388. Gesti KinasihMay 21, 2020

    Suka banget💕💕

    Reply
  389. Riska Putri AmaliaMay 21, 2020

    ♥️♥️♥️♥️

    Reply
  390. Putri beiMay 21, 2020

    Speechless w uda bacanya, kata katanya ngena banget, suka banget 🥰🥰

    Reply
  391. fitri.yooMay 21, 2020

    PRAAAAA🙃💘

    Reply
  392. LuthfiyahMay 21, 2020

    Usss, kereennn😩❤️

    Reply
  393. SabrinaMay 21, 2020

    Praaa😭❤

    Reply
  394. mashpotaatoMay 21, 2020

    🤍

    Reply
  395. nayaMay 21, 2020

    GEMESS BGTTTT ❤❤❤

    Reply
  396. AlisaaMay 21, 2020

    Kata-kata indah yang menggambar seribu patah. I don’t know how sad this writer’s heart is. maybe with this sharing Share, Share tears.

    Reply
  397. RaniMay 21, 2020

    Selalu bagus dan selalu suka us💙

    Reply
  398. EserMay 21, 2020

    Sesederhana ini saja cukup, tapi baginya masih kurang atau aku salah perhitungan

    Reply
  399. HaniiMay 21, 2020

    Aaaa gw jd inget dia us garagara pra 😭

    Reply
  400. DenaMay 21, 2020

    TSANA KAMU HEBAT BANGETT

    Reply
  401. KinanMay 21, 2020

    Terimakasih, Paus. Awal melihat Pra dengan tokoh yang memiliki nama yang sama persis dengan namaku, membuat rasa ketertarikanku terhadap Pra menjadi lebih besar. Maaf, Paus. Aku sudah jatuh cinta pada Pra. Tidak seperti Kinan pada ceritamu.

    Reply
  402. NdhisMay 21, 2020

    Woylah we, bisa terngiang-ngiang gitu kata-katanya di kepala😭

    Reply
  403. TiwiMay 21, 2020

    uwu sekali aaa suka😍

    Reply
  404. Siti khairunisaMay 21, 2020

    PRAAA AKU PADAMU💚💙💜

    Reply
  405. NabilaMay 21, 2020

    Kenapa bagus syekaleee😍

    Reply
  406. EciiMay 21, 2020

    Setiap kata ada makna tersendiri yang aku tau setiap kata yang aku baca semuanya indah uss, sangat indah

    Reply
  407. SkyyMay 21, 2020

    PRA😍

    Reply
  408. Ummul Shaghirina Sa’yanMay 21, 2020

    Suka banget dong gimana?🥺❤️

    Reply
  409. Dinda putriMay 21, 2020

    akhirnya ya nan sadar🙏

    Reply
  410. PinkanMay 21, 2020

    Udah. Gatau mau bilang apa. Kamu keren, Tsan.. Baper sebaper-bapernya sama cerita ini

    Reply
  411. Patrick.SMay 21, 2020

    yg naruh bawang disini siapa🧄🧄

    Reply
  412. PinkanNMay 21, 2020

    Udah. Gatau mau bilang apa. Kamu keren, Us. Baper sebaper-bapernya sama cerita ini

    Reply
  413. KevinMay 21, 2020

    Cara jadi pra gimana dah???

    Reply
  414. DelpMay 21, 2020

    Kata kata yg manis disusun menjadi kalimat yg apik. Saluutt 😭❤️

    Reply
  415. Aisyah faradinaMay 21, 2020

    PRAAAAAAAAAAAAA!!!!!!!!

    Reply
  416. LeiaMay 21, 2020

    Cowok yang nolongin Kinan siapa us? Doi bakal muncul di part selanjutnya g?

    Reply
  417. nuruulljly4ntt_May 21, 2020

    Parah sih paus, karyamu selalu ditunggu tunggu! Pecahh us pecah!! Pengen jadi kaya paus, tulisannya masyaallah banget..

    Reply
  418. Mega_rantikaMay 21, 2020

    Uwu parahh!!!!

    Reply
  419. TikaMay 21, 2020

    Pra 😭😭😭❤️

    Reply
  420. SoniaMay 21, 2020

    “Kalau tidak kamu, maka tidak siapa pun”
    Cukup membuat dag dig dug uss:)

    Reply
  421. hsnhMay 21, 2020

    “Ada, tapi nggak nyata. Nggak ada, tapi nyata di kepala.”

    Virtual hug buat Pra pokoknyaa! ✨

    Reply
  422. nanaMay 21, 2020

    aku gatau rasanya mencintai orang sedalam itu sebelumnya. terima kasih kak tsana, sudah memperkenalkan seorang pra kepadaku. aku jadi tau kalau rasa itu benar benar ada.

    Reply
  423. renata mMay 21, 2020

    suka bgt si asli <3

    Reply
  424. CaaaMay 21, 2020

    Jangan lama” update us

    Reply
  425. Adella Dewi Nur’ainiMay 21, 2020

    Boleh gak kalo kemungkinan aku nanti ikut mencintai pra? Terdengar aneh, tapi kali ini “kenapa” tidak harus dijawab “karena”.

    Reply
  426. Indri Dwi ArlitaMay 21, 2020

    Nan

    Reply
  427. SilminblMay 21, 2020

    Wow, this novel is very c00L, keep fighting kak👍💪💪

    Reply
  428. Like!! Really appreciate you sharing this blog post.Really thank you! Keep writing.

    Reply
  429. CyntiaMay 21, 2020

    Paling ngenak di bagian “Begitu rendahkah aku
    Dimata seorang laki-laki?
    Apa mungkin bapak juga pernah bersikap
    Kasar kepada ibu? Apa pra juga bisa memenuhi
    Kemungkinan itu?” Itu mewakili sih :’)

    Reply
  430. NafisahMay 21, 2020

    pra, seseorang yang sangat mencintai kinan.

    Reply
  431. widyfhMay 21, 2020

    pra pengen tak bawa pulang😭

    Reply
  432. EleftherianaMay 21, 2020

    Cerita fiksi yang benar-benar fiksi Karena memang akan cuma jadi ketidakmungkinan di dunia nyataku. But I like it, selalu suka dan akan selalu suka kak tsan. Terimakasih telah melahirkan karya fiksi yang benar-benar fiksi untuk dunia nyataku:)

    Reply
  433. AnisaMay 21, 2020

    Kata – kata yang harus dicerna baik – baik. Bener – bener baguss dongg kakkk

    Reply
  434. Nurul KhotimahMay 21, 2020

    Di tunggu kelanjutannya😁

    Reply
  435. nilamraaaMay 21, 2020

    pra, kamu lucu.
    aku suka

    Reply
  436. nayaMay 21, 2020

    SUMPAH CINTA💖💖

    Reply
  437. AlvinaMay 21, 2020

    Praaa💜

    Reply
  438. ImasMay 21, 2020

    Suka sekaliii sama pemikiran nyaa❤❤

    Reply
  439. Cutie PwieMay 21, 2020

    Tsana kenapa ceritamu keren sekali😭

    Reply
  440. KhitaMay 21, 2020

    😭😭😭 👍👍

    Reply
  441. Wilhelmina AlubMay 21, 2020

    Unik sekali jika pra terjadi di zaman sekarang, terima kasih ya sudah menghadirkan pra dan kinan❤️

    Reply
  442. Wilhelmina AlubMay 21, 2020

    unik sekali Pra jika ada di zaman ini, terima kasih sudah menghadirkan dua manusia yang keras kepala :’)

    Reply
  443. NadilMay 21, 2020

    KAKA TSANA ITU MANUSIA YANG SULIT DI TEBAK..
    aku kagum pada muu uuuhhhhh

    Reply
  444. ratuMay 21, 2020

    plis gue sambil ngebayangin dong pas baca ini, nyentuh bgt tolong us!!

    Reply
  445. silvercrystalinMay 21, 2020

    tsana, typing kamu cantik banget

    Reply
  446. selvMay 21, 2020

    Jadi pengen dipeluk😭😭😭

    Reply
  447. AlfinaMay 21, 2020

    Rupanya begitu, ya, Tsana. Mulai ditampakkan latar belakang Kinan—entah Kinanti siapa dan Pra—nelayan puitis yang kuno. Aku ingin semakin mengenal mereka berdua. Juga, memahami isi kepala Tsana yang sesungguhnya.

    Reply
    1. anigginMay 22, 2020

      paus, aku baca ulang ya

      Reply
    2. FiMay 22, 2020

      Tsana ini Keren parah <3

      Reply
  448. HanMay 21, 2020

    US GUA KEJER BANGET BACANYA! LO JAHAT BANGET SI US! US BAGIAN 2 INI, SEMUA YANG LO TULIS TENTANG KINAN ARGH ITU GUA RASAIN US! AH US LO KALO MAU NAMPAR GUA BILANG-BILAMG DONG! SAKIT BANGET GUA NIH! AH US JAHAT LO! 😡😡

    Reply
  449. jeanetteMay 21, 2020

    pauss ♥️🤗

    Reply
  450. kuniiMay 22, 2020

    mantap bener dah lu us

    Reply
  451. Dinda SalsabilaMay 22, 2020

    Selalu jatuh jika membaca karyamu kak tsan❤️ Semangat menulis

    Reply
  452. AshfiaMay 22, 2020

    Aduhh ngenaa bangeett sihh kakaaakk

    Reply
  453. NblMay 22, 2020

    Ah sukaaa😬

    Reply
  454. WahyMay 22, 2020

    pra seorang laki laki yang rela berjuang demi memiliki pujaanya kinan, rela mengedepankan kinan daripada yang lain. Mungkin ini adaah contoh yang baik bagi para laki laki agar lebih menghargai cinta mereka sendiri

    Reply
  455. Diannuari Latif kalipangMay 22, 2020

    Luv ntsana😭💚

    Reply
  456. Biru kelabuMay 22, 2020

    Terimakasih tsana

    Reply
  457. JiMay 22, 2020

    Semakin menarik. Ku tunggu kelanjutannya, tsan.

    Reply
  458. GinMay 22, 2020

    PRA❤

    Reply
  459. YourVitaminAMay 22, 2020

    Karya yang indah, terimakasih kak Tsan.

    Reply
  460. Rahsa.RenjanaMay 22, 2020

    Makin penasaran sama Pra dan kinan😍😍🥺

    Reply
  461. YusufMay 22, 2020

    Kamu bukan yang terbaik , tapi baik buat semua orang, twrima kaaih tsana🚀❤

    Reply
  462. HeyMay 22, 2020

    Parah 💖💖💖

    Reply
  463. TikaaMay 22, 2020

    Udah di ulang-ulang baca pra dua ini, tetep aja ngena di hati 🙁
    Semesta sisain satu pra didunia ini untuk aku bawa pulang, xixix 🙂

    Reply
  464. zeMay 22, 2020

    Kalau tidak kamu, maka tidak siapa pun.

    Reply
  465. Watermelon SugarMay 22, 2020

    Yampun pra 😢

    Reply
    1. ToibahMay 22, 2020

      “Menangislah karena itu satu-satunya yang bisa kulakukan untuk bisa memilikimu.”

      Reply
  466. CaramellMay 22, 2020

    Selalu suka sma ceritanya gk tau lgi deh :”)

    Reply
  467. ratihMay 22, 2020

    pra, benar2 rintik sedu aku membacamu😥

    Reply
  468. ItsmefiraMay 22, 2020

    Pra🥺

    Reply
  469. skiiMay 22, 2020

    pauss da bestt😍

    Reply
  470. Erna CindyMay 22, 2020

    Sayaanggg🥰🥰

    Reply
  471. Hai DhilMay 22, 2020

    kak tsan, keren🙂

    Reply
  472. AisyahrhllMay 23, 2020

    Peluk dari jauh untukmu tsna yg sudah menemani kita semua sampai saat ini:) we laff u ♥️

    Reply
  473. BadawMay 23, 2020

    Aku kagum sekali❤️

    Reply
  474. Sanita NurpadilahMay 23, 2020

    Ceritanya seru. Pra, kalau kau nyata di dunia jadikan semuanya terlihat nyata.

    Reply
  475. ShelgestMay 23, 2020

    Keren banget, suka sama kata2 nya
    Coba lihat tulisan di blog aku, bisa mirip gitu ga sih?
    Blogshllo.blogspot.com

    Reply
  476. Ratri ShafaMay 23, 2020

    ❤❤❤

    Reply
  477. Always SummerMay 23, 2020

    Ceritanya bagus tsana

    Reply
  478. RoryMay 23, 2020

    Ah sumpah. Ini keren bgt 😭

    Reply
  479. MissugallMay 23, 2020

    Butuh waktu yang pas buat aku nerusin baca pra, luv paus🐳

    Reply
  480. nonameMay 23, 2020

    Sama seperti bab sebelumnya, setelah baca gak bisa berkata apa apa.
    Bagus banget gak ngerti lagi us 😭

    Reply
  481. aulMay 23, 2020

    “Dan kalau rumah tentang pulang, dan tiap pengelana harus mencari tujuan, maka kamu adalah bekal sekaligus tanah kematianku”
    merinding gue us:”)

    Reply
  482. officialcawakMay 24, 2020

    Takjub bgt sama rangkaian kalimatnya🥺🥺

    Reply
  483. naiMay 24, 2020

    banyak banget poem yg bs di ambil dr pra 2. gakuat bacanya. mau ku highlight tp gabisa. kapan dibukuin😠

    Reply
  484. WulMay 24, 2020

    Salut Us. Sosok Pra yang sempurna tapi rapuh

    Reply
  485. WulMay 24, 2020

    Bacanya pelan pelan dam makin pelan makin terlena us. Sosok Pra itu kesempurnaan yang rapuh

    Reply
  486. WulMay 24, 2020

    Bacanya pelan pelan dam makin pelan makin terlena us

    Reply
  487. choco caramelMay 24, 2020

    ceritanya sederhana dan real, sukaaa

    Reply
  488. Afnan bukan KinanMay 24, 2020

    Waw, someone can copy this kind of book?

    Reply
  489. Fathan NabilaMay 24, 2020

    ahelah us, nangis bgtt :((((

    Reply
    1. AkataraMay 25, 2020

      kamu menciptakan karakter yang begitu hebat dan selalu begitu. luvyu <3

      Reply
  490. anonnnnMay 24, 2020

    Nangis keinget rifqi

    Reply
  491. gigisusuMay 24, 2020

    ga kerasa tau tau udah di akhir part ajaa, gasabar nunggu part selanjutnyaa, trimaaci pauss

    Reply
  492. JundyMay 25, 2020

    Apa sih ini kok jadi berkaca kaca mata aing teh.. sok atuh lanjutan nya us.. :’

    Reply
  493. riMay 25, 2020

    i don’t like to tell story but i like read or heard story

    Reply
  494. Sulistia N. HMay 26, 2020

    Pertama kali baca karya Kak Tsana, Geez and Ann udah bikin jatuh cinta sampai akhirnya always nunggu Kak Tsana up di blog

    Reply
  495. aila putri ramadaniMay 26, 2020

    sejenak terbuai dengan berpuluhan kosa-kata-mu us❤

    Reply
  496. xavaMay 26, 2020

    omege us, ini ngena banget:”

    Reply
  497. LalaMay 26, 2020

    LANJUT US PLS BAB 3NYA!!

    Reply
  498. LiaMay 27, 2020

    ngena bgt pas udh di akhir, dan ngerasa kaya sedeket itu yaampum aku baper:(

    Reply
  499. aurelMay 27, 2020

    baru baca sekarang , ngena bgt ceritanya ! terimakasih , paus!

    Reply
  500. aurelMay 27, 2020

    terimakasih , paus!

    Reply
  501. NaMay 27, 2020

    Keren lu uss!!

    Reply
  502. JANAHMay 28, 2020

    kereeeeenn sayang pauuss♥️

    Reply
  503. IreneMay 28, 2020

    Selamat, Us. Pra berhasil diciptakan dengan sempurna dengan puisi-puisinya.

    Reply
  504. Dina RadiantiMay 29, 2020

    Ka kapan post lagi? Kangen pra:)

    Reply
  505. BigdreamerMay 29, 2020

    Pra lahirlah ke bumi 🙂

    Reply
  506. AnniiMay 29, 2020

    I love you Pra💐😭

    Reply
  507. Chiara NajaMay 30, 2020

    selalu merasa indah setiap membaca kisah yang keluar dari pemikiran pemikiran tsana, selalu merasa lengkap padahal entah apa. sukses selalu tsana semoga Pra akan benar benar terbit mengiringi perjalanan karirmu yang selalu diingat. aamiin

    Reply
  508. IndraMay 31, 2020

    Memahami pra bukan dalam pemikiran tapi melibatkan emosi dan perasaan. Terimakasih pausss💟💟

    Silahkan mampir juga ke blog saya, ada beberapa karya saya : indralsmna.blogspot.com

    Reply
  509. Sri RizkiJune 1, 2020

    Sakit bgt bacanya. Aku emg ga pernah rasain hal kaya gini secara langsung tapi aku ngerasa bahwa ini terlalu sakit.

    Reply
  510. Tentri HSJune 1, 2020

    “aku mau kamu” 😭💔

    Reply
  511. nisJune 1, 2020

    terima kasih, tsan. terima kasih sudah merangkai kata yang akan menusuk lembut raga siapapun yang membacanya. 🖤

    Reply
  512. Riza hartika suriJune 1, 2020

    And be mine

    Reply
  513. AsihJune 1, 2020

    Malove Praku((‘:

    Reply
  514. PutriJune 1, 2020

    Melelehhh😭😭

    Reply
  515. PutriiiiJune 1, 2020

    Melelehhh😭😭

    Reply
  516. Putri MayangsariJune 3, 2020

    Kenapa banyak bawang sekaligus kayu manis disini, habis sedih dibuat senyum² 🙂

    Reply
  517. SabillaJune 3, 2020

    Pra yang selalu di tunggu ceritanya

    Reply
  518. KudaJune 3, 2020

    Uss…kapan PRA ke3? Penasaran..
    Gilaa baperrrr nichhh

    Reply
  519. AzSalmaJune 3, 2020

    Suka banget sma kata” yg ditulis tsana

    Reply
  520. AzSalmaJune 3, 2020

    Suka banget sma kata” yg ditulis tsana uwuw

    Reply
  521. BadriyyahJune 4, 2020

    Kenapa bagian ini ngena banget😭pas banget us yaampun, dan semua yg di lakuin pra di bagian ini sama kaya dia.
    Us luv banget seengganya dengam baca karya ini bisa mengenang kembali cerita yg
    baru saja selesai 🤗

    Reply
  522. Amelia Putri HidayatJune 4, 2020

    Keren parahhh😭😭😭

    Reply
  523. KikiJune 4, 2020

    Ngga harus selalu kuat, Nan. Kamu juga manusia. Menangislah jika ingin☺️

    Reply
  524. PutasJune 7, 2020

    Pras adalah sosok yang ku inginkan jika itu kamu, sayangnya kamu adalah kamu. Aku tidak bisa merubah perasaan mu kepada ku, padahal aku menginginkan mu.

    Reply
  525. RennJune 7, 2020

    😭😭

    Reply
  526. TebyJune 8, 2020

    Kak Tsana, terimakasih ya sudah membuat cerita indah ini. Dan untuk Kinan, Nan, aku mengerti, aku mengerti yang kamu rasakan karena aku pun mengalaminya. Semoga kita selalu kuat dan selalu bahagia ya.

    Reply
  527. ZalwaJune 11, 2020

    Emang Lo paling mantep us

    Reply
  528. PriciousJune 15, 2020

    Semangat terus us. Cerita lu yang terbaik!! Entah ya, tp setiap kata yang ada, setiap kalimat yang disampaikan lewat cerita lu, semuanya nyampe ke dasar hati bgt

    Reply
  529. YeniSetiowatiJune 21, 2020

    Menangis aku huhuhu

    Reply
  530. RizkaJune 27, 2020

    “Nah, kamu ke aku kayak gitu. Ada, tapi nggak nyata. Nggak ada, tapi nyata di kepala.”
    “Kamu suka aku?”
    “Aku mau kamu.”
    Senyum senyum sendiri baca yang ini 🙂

    Reply
  531. PipoyJune 28, 2020

    😭😭💕❤️

    Reply
  532. CindyJune 28, 2020

    Ntasa bener-bener ga sopan ya, iya. Tulisanmu bisa masuk ke hati setiap pembacamu tanpa permisi dan aku salah satu pembaca yg entah kapan mulai jatuh cinta sama setiap tulisanmu.

    Reply
  533. Nurul asriJune 28, 2020

    Kembalilah, jadilah seperti pra. Aku tau kamu pun membaca cerita pra ini :’)

    Reply
  534. PausJune 29, 2020

    selalu indah tulisan paus♡

    Reply
  535. UnaaJune 29, 2020

    Iya pra, aku menangis.

    Reply
  536. raaaJune 30, 2020

    Paus, praa 😭😭

    Reply
  537. vanellopeJune 30, 2020

    suka suka suka…. aaaaaaaaa😰😱😇😍

    Reply
  538. mayJuly 2, 2020

    Pra, beri aku satu puisi….

    Reply
  539. nadhiloadJuly 10, 2020

    APA CUMA AKU YG GA PERNAH BOSAN MEMBACA ULANG DARI BAB PERTAMA SAMPE BAB YG BARU😭😭 SO PROUD OF YOU, PAUS!!! ♥✨

    Reply
    1. nadhiloadJuly 10, 2020

      “Kalau tidak kamu, maka tidak siapa pun”
      😭😭😭😭💔💔💔

      Reply
  540. Yunita azhariJuly 20, 2020

    Indah sekaliiii❤ dan pra adalah sebagian besar isi kepalaku yang abstrak ini:”))) yang tidak suka menjelaskan sebuah maksud juga memaksudkan yg sudah jelas:)))

    Reply
  541. DewaayyJuly 23, 2020

    Manis sekali Pra 🖤

    Reply
  542. JodohmuuuuuJuly 25, 2020

    Untuk siapapun yang membaca tulisan ini ,aku tahu kamu sedang tidak baik baik saja , janganlah terpuruk dan janganlah merasa sendiri , dan di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin . Smile because your happines is very valuable in the eyes of those who you love 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top