Cara Mencari Jurnal Internasional Dengan 8 Metode Online

- Penulis Berita

Rabu, 19 April 2023 - 14:45

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Cara Mencari Jurnal Internasional

Cara Mencari Jurnal Internasional

Sekarang, tidak sulit lagi untuk menemukan jurnal yang dibutuhkan. Berkat kemajuan teknologi internet, berbagai jurnal online tersedia di dunia maya, mulai dari jurnal nasional hingga internasional. Jurnal internasional ini merupakan sumber utama untuk penelitian ilmiah dan skripsi. Bagaimana Cara Mencari Jurnal Internasional, kita simak artikel di bawah ini!

Cara Mencari Jurnal Internasional Dengan 8 Metode Online

Meskipun demikian, banyak orang yang masih bingung tentang cara mencari jurnal internasional. Berikut adalah beberapa dari situs-situs yang terpercaya yang dapat Anda gunakan untuk menemukannya, seperti Dilansir oleh Ridwaninstitue.co.id.

Menggunakan Google Scholar

Cara Mencari Jurnal Internasional

Sebelum Anda tahu cara mencari jurnal internasional dengan menggunakan Google Scholar, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari situs ini. Manfaat tersebut di antaranya:

  1. Kami menyediakan literatur dari berbagai ilmu, membuatnya lebih mudah bagi pengguna untuk mendapatkan informasi rujukan yang mereka butuhkan.
  2. Menyediakan dokumen atau artikel teks yang lengkap dan tersusun dengan baik.
  3. Memberi Anda kemampuan untuk mengikuti perkembangan atau masalah penelitian terbaru yang sedang berkembang.
  4. Fitur di Google Cendekia dapat membantu Anda menemukan jurnal internasional. Selain itu, Anda dapat memanfaatkannya untuk memeriksa karya yang kalian salin, melihat dokumen atau artikel teks lengkap seperti yang penulis jelaskan .

Anda tidak perlu repot-repot mencari jurnal internasional, karena Google Scholar memiliki cara yang mudah untuk mendapatkan berbagai manfaat dari jurnal ini. Berikut adalah beberapa metode bagaimana Anda bisa menemukan jurnal internasional melalui situs tersebut.

Cara menggunakan Google Scholar

  1. Kunjungi scholar.google.com
  2. Ketika anda membuka aplikasi, Anda akan melihat layar pencarian yang kalian inginkan, mirip dengan apa yang kalian temukan pada Google.
  3. Masukkan kata kunci yang ingin Anda cari.
  4. Setelah Anda mencari, Google Scholar akan menampilkan berbagai dokumen yang berkaitan dengan topiknya.
  5. Pastikan untuk memeriksa hasil pencarian sebelum menggunakan referensi yang kalian temukan. Referensi tersebut harus memenuhi aturan jurnal internasional agar dapat kalian percaya untuk memberikan informasi yang akurat.
  6. Klik langsung pada hasil pencarian atau klik kanan pada file PDF, lalu pilih opsi “Unduh”.

Selain itu, di sisi kiri halaman, pengguna dapat menyaring pencarian mereka untuk menemukan yang paling relevan. Mulai dari jurnal yang baru saja diluncurkan hingga urutan jurnal yang berhubungan dengan topik pencarian.

Jika Anda ingin mencari jurnal berdasarkan tanggal atau tahun penerbitannya, Anda dapat melakukannya dengan beberapa langkah sederhana sebagai berikut:

  1. Di sebelah kiri layar, cari opsi yang bertuliskan “Sejak Tahun”.
  2. Jika Anda ingin melihat dan mengurutkan lembar baru berdasarkan relevansinya, klik tombol “Urutkan Menurut Tanggal”.
  3. Tekan tombol amplop agar menerima hasil yang baru secara periodik untuk disampaikan melalui surel.
Baca Juga  langkah awal yang harus diperhatikan dalam menyusun program pameran adalah

ScienceDirect

ScienceDirect

ScienceDirect adalah platform penelitian yang menyediakan akses ke ribuan publikasi ilmiah dan teknis jurnal, buku, dan majalah. Ini menawarkan berbagai database dan alat bantu untuk membantu peneliti, pengajar, dan profesional dalam melakukan riset.

Situs ini menggabungkan publikasi otoritatif, teks lengkap, ilmiah, teknis, dan kesehatan dengan fitur intuitif dan canggih sehingga pengguna lebih mudah menemukan informasi terkini di bidangnya. Dengan demikian, mereka dapat bekerja dengan efektivitas dan efisiensi tinggi.

ScienceDirect menyediakan e-book, konten referensi, dan jurnal berkualitas tinggi yang membantu peneliti akademisi, jurnalis, dan siapa saja yang ingin mengeksplorasi detail tentang suatu topik. Artikel yang disediakan di sini dapat membantu Anda mendapatkan informasi yang terkini dan up to date.

ScienceDirect memungkinkan para peneliti dan pembaca untuk menjelajahi banyak buku dan jurnal yang beragam, mulai dari berbagai topik dan disiplin ilmu.

  1. Fisika & Teknik mencakup berbagai macam ilmu, mulai dari yang teoritis hingga yang terapan.
  2. Jurnal dan buku Life Sciences yang kaya akan informasi menampilkan penelitian asli, analisis mendalam, teori terbaru dan detail lainnya.
  3. Sosial & Humaniora adalah bidang studi yang mendalam tentang sejarah, perkembangan saat ini, teori, aplikasi, arus utama dan masih banyak lagi.
  4. Ilmu Kesehatan memastikan bahwa Anda selalu mendapatkan informasi terkini tentang perkembangan di dunia kedokteran, yang dapat kalian pelajari, kalian referensikan, dan dukungan untuk meningkatkan penelitian dan meningkatkan perawatan pasien.

Menggunakan ScienceDirect cukup mudah. Anda hanya perlu mengetik http://sciencedirect.com di browser, dan akan langsung menuju halaman utama. Dari sana, cari bagian “Open Access” dan ketikkan kata kunci yang ingin kalian cari. Hasilnya akan berupa jurnal dan e-book yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Research Gate

Research Gate

Platform yang memungkinkan para peneliti untuk berbagi dan mengembangkan pengetahuan mereka. Ini memberikan para peneliti luasnya sumber daya untuk tumbuh dalam karier mereka, mendorong kolaborasi penting, serta menciptakan jaringan di antara orang-orang dari seluruh dunia.

ResearchGate adalah tempat untuk menyatukan berbagai komunitas ilmuwan, mulai dari ilmuwan, dokter, pelajar, insinyur, pekerja kesehatan masyarakat, teknisi laboratorium, dan ilmuwan komputer.

Situs ini yang meluncur di tahun 2008, memungkinkan ilmuwan dan akademisi berkolaborasi dan berhubungan dengan rekan-rekan mereka dari seluruh penjuru dunia tanpa menghiraukan batas atau silo sains.

ResearchGate adalah layanan yang memungkinkan para peneliti mengakses jurnal-jurnal gratis. Untuk dapat menikmati manfaatnya, pengguna hanya perlu masuk ke https://www.researchgate.net/, dan mendaftar dengan menggunakan e-mail pribadi ataupun e-mail kerja/kampus.

Cambridge Core

Cara Mencari Jurnal Internasional

Cambridge Core adalah platform online yang menyediakan akses ke ratusan jurnal, buku, dan konten lainnya yang diproduksi oleh University of Cambridge. Ini menyediakan pengguna dengan akses cepat dan intuitif ke artikel, diskusi dan data penelitian di dalam dan di luar masyarakat akademik.

Baca Juga  sikap handstand bertumpu pada

Cambridge Core menawarkan ratusan ribu jurnal dan buku akademik dari Cambridge University Press. Platform ini dikelola oleh mereka dan menyediakan lebih dari satu juta konten yang bisa dinikmati pembacanya.

Sebelumnya, orang yang memiliki akses ke semua konten yang diterbitkan oleh Cambridge University Press hanyalah alumni Cambridge dan mantan postdoc. Namun, kini siapa pun dapat mengaksesnya dengan mendaftar terlebih dahulu dan mendapatkan akses.

Meskipun demikian, tidak semua jurnal dan penelitian yang menjadi bagian dari Cambridge Core gratis. Beberapa memerlukan biaya untuk dapat disimak oleh pengguna.

Akun di Cambridge Core berawal dari www.cambridge.org, di bagian “Register”. Di sana Anda masukkan informasi dasar, seperti nama lengkap dan alamat e-mail untuk membuat password. Setelah itu akan mendapatkan e-mail aktivasi sebagai tanda bahwa pendaftaran sudah berhasil dan dapat mengakses konten yang ada di dalam Cambridge Core.

Setelah aktivasi, Anda dapat segera menemukan jurnal yang ingin Anda cari dengan mengetikkan kata kunci di kolom pencarian. Jika Anda ingin mencari jurnal yang bisa kalian akses secara gratis, Anda dapat memfilternya dengan mengklik box “Only show content I have access to”.

Directory of Open Access Journals (DOAJ)

Directory of Open Access Journals DOAJ

DOAJ memulai peluncurannya pada tahun 2003 dengan hanya 300 jurnal akses terbuka. Saat ini, indeks independen ini telah berkembang menjadi 17.500 jurnal peer-review dan akses terbuka yang meliputi semua bidang, mulai dari sains, teknologi, kedokteran, ilmu sosial, seni, hingga humaniora.

DOAJ menerima jurnal akses terbuka dari seluruh dunia dan berbagai bahasa. Dukungan finansial diperoleh dari perpustakaan, penerbit, dan organisasi lainnya. Hal ini menjamin bahwa jurnal yang ada di DOAJ gratis untuk semua orang.

Berikut adalah cara untuk mencari jurnal internasional di DOAJ:

  1. Kunjungi laman web DOAJ, https://doaj.org.
  2. Gunakan kata kunci yang sesuai di pencarian. Hasil yang akan mereka tampilkan akan lebih spesifik jika Anda membatasi pilihan dengan meniadakan jenis tulisan yang tidak kalian inginkan , seperti “artikel” atau “jurnal”.
  3. Tekan tombol cari di samping dan nikmati hasilnya.
  4. Untuk melihat lebih detail tentang jurnal yang tersedia, klik salah satu dari mereka satu persatu.
  5. Setelah Anda memilih jurnal, Anda akan mendapat daftar judul jurnal. Anda dapat memilih opsi untuk melihat ‘Ringkasan’ dan ‘Teks Lengkap’.

Akademik Oxford

Cara Mencari Jurnal Internasional

Oxford Acadamik adalah salah satu platform yang menyediakan daftar jurnal penelitian yang mencakup berbagai disiplin ilmu, mulai dari fisika hingga biologi. Jurnal internasional mereka sangat komprehensif dan meliputi banyak bidang lain.

Baca Juga  Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI): Scene adalah

Akses jurnal di http://www.oxfordjournals.org sangat mudah. Anda hanya perlu klik “Get Access”, masukkan alamat email dan buat password untuk dapat menikmati semua data yang tersedia.

Setelah mendaftar, Anda dapat langsung mencari jurnal yang kalian inginkan dengan mengetikkan kata kunci di kolom “Search”. Tetapi perlu kalian perhatikan bahwa tidak semua jurnal penelitian yang ada dalam Oxford Academic tersedia secara gratis. Untuk mendapat akses jurnal secara cuma-cuma, Anda harus memilih box yang bertuliskan “Open Access”.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

Cara Mencari Jurnal Internasional

Peneliti Indonesia juga bisa mencari ragam jurnal penelitian dari institusi dalam negeri, termasuk Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI. Selain itu, masih ada berbagai sumber eksternal yang sangat kaya untuk diperdagangkan.

LIPI adalah lembaga non-kementerian yang dikoordinasikan oleh Kementerian Riset dan Teknologi. Sebelum 2021, LIPI beroperasi secara mandiri. Namun, sekarang ia telah bergabung dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), bersama dengan beberapa lembaga riset lainnya.

Meskipun LIPI sudah ditelanjangi menjadi BRIN, layanan yang disediakannya tidak berubah. Ini termasuk penyediaan jurnal-jurnal penelitian untuk menambah wawasan masyarakat Indonesia dan menjadi sumber daya penting bagi akademisi.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang LIPI, Anda hanya perlu meluncur ke http://lipi.go.id/publikasi dan memasukkan kata kunci yang relevan dengan topik yang ingin Anda telusuri. Di sana, Anda akan menemukan beragam jurnal yang dapat membantu Anda.

Setelah itu, Anda hanya perlu memilih judul jurnal yang sesuai dengan topik atau disiplin ilmu yang sedang dijelajahi. Untuk membacanya, cukup klik tombol “Lihat” di bagian bawah judul jurnal yang ditampilkan.

Layanan LIPI sangat berguna bagi para peneliti yang mencari jurnal karena Anda dapat mengaksesnya secara gratis tanpa harus mendaftar terlebih dahulu. Ini sangat menghemat waktu dan biaya, dan membuat proses penelitian lebih mudah.

Perpustakaan Nasional

Cara Mencari Jurnal Internasional

Perpusatakaan Nasional (Perpusnas) adalah salah satu sumber informasi utama untuk jurnal penelitian, buku, dan majalah ilmiah. Untuk dapat mengaksesnya, Anda harus terlebih dahulu mendaftar sebagai anggota resmi di Perpusnas. Setelah itu, Anda bisa menikmati semua keuntungan Perpusnas tawarkan, baik secara online maupun offline.

Setelah Anda terdaftar di Perpusnas, Anda dapat mengakses berbagai layanan digital yang tersedia. Anda bisa berlangganan ke berbagai jenis majalah, termasuk majalah internasional terbaru dan terlengkap. Selain itu, Anda juga dapat mengakses fitur perpustakaan digital. Dengan layanan ini, Anda dapat mengunduh soft file jurnal atau majalah ilmiah secara gratis melalui https://www.perpusnas.go.id/.

Berita Terkait

1 Kg Berapa Ons
Lambang Sila Ke 3
Doa Menjenguk Orang Sakit
Unsur Utama Dalam Tari Adalah
Kata Baku Dan Tidak Baku
Servis Dalam Bola Voli Diartikan Sebagai
Tari Pendet Berasal Dari
200 Dollar Berapa Rupiah

Berita Terkait

Sabtu, 6 April 2024 - 04:22

Apa Keunggulan Serum Hanasui untuk Flek Hitam?

Jumat, 5 April 2024 - 18:44

Apa Manfaat Serum Hanasui Untuk Kulit Wajah?

Jumat, 5 April 2024 - 18:25

Bagaimana Efektivitas Serum Hanasui untuk Jerawat?

Jumat, 5 April 2024 - 17:05

Apa Manfaat Serum Hanasui untuk Kulit?

Jumat, 5 April 2024 - 09:26

Berapa Kisaran Harga Serum Hanasui di Pasaran Saat Ini?

Kamis, 4 April 2024 - 17:41

Apa Manfaat Serum Hanasui Biru untuk Kulit Anda?

Kamis, 4 April 2024 - 08:23

Apa Keistimewaan Serum Hanasui Biru untuk Kulit?

Kamis, 4 April 2024 - 07:36

Apa Keunggulan Serum Hanasui Pink untuk Perawatan Kulit Wajah?

Berita Terbaru

Hanasui

Apa Keunggulan Serum Hanasui untuk Flek Hitam?

Sabtu, 6 Apr 2024 - 04:22

Hanasui

Apa Manfaat Serum Hanasui Untuk Kulit Wajah?

Jumat, 5 Apr 2024 - 18:44

Hanasui

Bagaimana Efektivitas Serum Hanasui untuk Jerawat?

Jumat, 5 Apr 2024 - 18:25

Hanasui

Apa Manfaat Serum Hanasui untuk Kulit?

Jumat, 5 Apr 2024 - 17:05