Teknik Dasar Lay Up Basket: Cara Ampuh Meningkatkan Skor dalam Permainan Basket

- Penulis Berita

Senin, 20 Mei 2024 - 23:54

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Teknik Dasar Lay Up Basket

Teknik Dasar Lay Up Basket

Hello Rintiksedu.id , apakah kamu seorang pemula dalam bermain basket dan ingin meningkatkan teknik dasarmu? Salah satu teknik yang wajib kamu kuasai adalah teknik lay up basket. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara santai bagaimana cara melakukan teknik dasar lay up basket dengan benar dan efektif. Yuk, simak!

1. Menentukan Posisi Awal

Sebelum melakukan lay up, pastikan posisi kaki kamu sejajar dengan ring basket. Selain itu, pastikan juga bahwa kamu berada di sisi basket yang benar. Jika kamu berada di sisi kanan ring basket, maka kamu harus melakukan lay up dari sisi kanan. Begitu juga sebaliknya.

2. Memegang Bola dengan Benar

Selanjutnya, pegang bola dengan kuat menggunakan tangan yang kuat. Jangan lupa untuk memposisikan bola tepat di atas pinggang. Pastikan juga posisi siku sedikit ditekuk dan jari-jari tidak menggenggam terlalu kencang.

3. Membuat Langkah Kaki Pertama

Langkah pertama sangat penting dalam melakukan teknik dasar lay up basket. Ambil langkah kaki yang kuat dan pastikan untuk menempatkan kaki yang lemah di belakang kaki yang kuat. Pastikan juga kaki kamu dalam posisi siap melompat ke atas.

Baca juga: Teknik Dasar Dribble Basket: Cara Mudah Menjadi Pemain Basket yang Handal

4. Melakukan Melompatan

Saat melakukan lompatan, pastikan kamu melompat ke arah ring basket dengan kaki yang kuat. Pastikan juga posisi bola tetap stabil dan dijaga dengan baik agar tidak terjatuh. Selain itu, pastikan juga melompat dengan tenaga penuh agar dapat mencapai ring basket.

5. Membuat Langkah Kaki Kedua

Setelah melompat, pastikan untuk mengambil langkah kedua dengan kaki lemah di depan. Langkah ini akan membantu kamu untuk mendekat ke ring basket dengan cepat dan stabil.

6. Mengarahkan Bola ke Ring Basket

Selanjutnya, pastikan bola kamu diarahkan ke ring basket. Jangan lupa untuk melempar bola dengan tenaga yang cukup agar dapat mencapai ring basket dengan baik. Pastikan juga kamu melihat dengan jelas ke arah ring basket agar lemparan kamu tidak salah sasaran.

Baca juga: Teknik Dasar Rebound Bola Basket untuk Meningkatkan Skill

7. Melempar Bola ke Ring Basket

Saat bola sudah diarahkan ke ring basket, pastikan untuk melempar bola dengan tepat dan kuat. Pastikan juga posisi tangan kamu dalam posisi melempar bola dengan baik agar dapat mencapai ring basket dengan sempurna.

8. Memantul Bola di Ring Basket

Setelah bola dilempar ke ring basket, pastikan bola memantul di ring basket dengan baik. Jangan lupa untuk memperhatikan sudut dan kecepatan bola agar bola dapat memantul dengan sempurna di dalam ring basket.

9. Melakukan Pendaratan dengan Aman

Saat bola sudah memantul di dalam ring basket, pastikan untuk melakukan pendaratan dengan aman dan tepat. Jangan lupa untuk mendarat dengan kaki yang kuat terlebih dahulu dan diikuti oleh kaki yang lemah. Pastikan juga posisi tangan tetap stabil agar tidak terjatuh saat mendarat.

10. Berlatih dengan Rutin

Agar teknik dasar lay up basket kamu semakin baik, pastikan untuk berlatih dengan rutin. Lakukan teknik ini secara berulang-ulang hingga kamu semakin mahir dalam melakukan teknik lay up basket. Latihan dengan teman atau pelatih juga akan membantu kamu dalam meningkatkan teknik lay up basket.

11. Mengatur Tempo Permainan

Setiap pemain basket harus bisa mengatur tempo permainan dengan baik. Begitu juga saat melakukan teknik lay up basket. Pastikan untuk melakukan teknik ini dengan tempo yang tepat agar kamu dapat mencapai ring basket dengan lebih mudah dan cepat.

Baca juga: 20 Teknik Dasar Passing Bola Basket Untuk Pemula

12. Mempertimbangkan Jarak

Saat melakukan teknik lay up basket, pastikan kamu mempertimbangkan jarak yang akan kamu tempuh. Jika kamu terlalu jauh dari ring basket, pastikan kamu melompat dengan tenaga yang lebih kuat. Jika kamu terlalu dekat, pastikan kamu melompat dengan tenaga yang lebih sedikit.

13. Menyesuaikan Ketinggian Lompatan

Ketinggian lompatan juga sangat penting dalam melakukan teknik lay up basket. Pastikan kamu menyesuaikan ketinggian lompatan kamu dengan posisi ring basket. Jangan lupa untuk melompat dengan tenaga yang cukup agar kamu dapat mencapai ring basket dengan mudah.

14. Mengambil Posisi yang Tepat

Selain mempertimbangkan jarak dan ketinggian lompatan, pastikan juga kamu mengambil posisi yang tepat saat melakukan teknik lay up basket. Posisi yang tepat akan membantu kamu untuk mencapai ring basket dengan lebih mudah dan cepat.

15. Mengembangkan Kemampuan Fisik

Untuk melakukan teknik lay up basket dengan baik, kamu juga harus mengembangkan kemampuan fisik kamu. Lakukan latihan fisik yang rutin seperti berlari dan melompat untuk meningkatkan kemampuan fisikmu.

16. Mengatur Pernafasan

Pernafasan juga sangat penting dalam melakukan teknik lay up basket. Pastikan kamu mengatur pernafasan kamu dengan baik agar dapat melakukan teknik ini dengan lebih mudah dan nyaman.

17. Mempertajam Konsentrasi

Konsentrasi juga merupakan faktor penting dalam melakukan teknik lay up basket. Pastikan kamu memfokuskan pikiran kamu saat melakukan teknik ini agar dapat mencapai ring basket dengan lebih mudah.

18. Memiliki Mental yang Kuat

Terakhir, memiliki mental yang kuat juga sangat penting dalam melakukan teknik lay up basket. Jangan takut untuk mencoba dan terus berlatih hingga kamu semakin mahir dalam melakukan teknik ini. Ingatlah bahwa kesalahan adalah bagian dari proses belajar dan teruslah berusaha hingga kamu mencapai hasil yang diinginkan.

Kesimpulan

Teknik dasar lay up basket memang terlihat mudah, namun dibutuhkan latihan yang rutin dan konsisten untuk memperoleh kemahiran dalam melakukan teknik ini. Dengan mengikuti beberapa tips di atas, kamu dapat meningkatkan kemampuan dalam melakukan teknik dasar lay up basket dan meraih poin lebih banyak dalam pertandingan basket. Selamat berlatih dan semoga berhasil! Sampai jumpa kembali di artikel olahraga menarik lainnya di RintikLovers.

Berita Terkait

Cara Mencari Jurnal Internasional Dengan 8 Metode Online
Fungsi dan Tugas Redaksi Surat Kabar dalam Membuat Artikel
Tugas dan Tanggung Jawab Wartawan serta Redaksi Surat Kabar
20 Teknik Dasar Passing Bola Basket Untuk Pemula
7 Teknik Dasar Bola Basket untuk Pemain Pemula
Apa Peran Redaksi Surat Kabar dalam Menyajikan Berita yang Akurat?
Teknik Dasar Rebound Bola Basket untuk Meningkatkan Skill
Teknik Dasar Dribble Basket: Cara Mudah Menjadi Pemain Basket yang Handal

Berita Terkait

Minggu, 26 Mei 2024 - 11:33

Cara download tiktok tanpa watermark

Sabtu, 18 Mei 2024 - 11:33

Cara aktifkan lazada paylater

Sabtu, 18 Mei 2024 - 11:27

Cara pinjam uang di lazada

Sabtu, 18 Mei 2024 - 11:25

Cara mendapatkan gratis ongkir di lazada

Sabtu, 18 Mei 2024 - 10:42

Cara menggunakan bonus dadakan di lazada

Sabtu, 18 Mei 2024 - 10:25

Cara mendapatkan voucher 30rb lazada pengguna baru

Minggu, 5 Mei 2024 - 22:48

Cara Melihat No Rekening BRI: Panduan Lengkap

Sabtu, 4 Mei 2024 - 15:08

Cara memakai eyeliner yang baik dan benar

Berita Terbaru

Cara Menghitung Tanggal Jadian

Tips

Cara Menghitung Tanggal Jadian Seperti di TikTok

Senin, 27 Mei 2024 - 11:48

Cara Membuat Magnet yang Mudah dan Murah

Tips

Cara Membuat Magnet yang Mudah dan Murah

Senin, 27 Mei 2024 - 11:43

Cara Cek Nomor Indosat IM3 Lewat SMS

Tips

Cara Cek Nomor Indosat IM3 Lewat SMS

Senin, 27 Mei 2024 - 11:40

Cara

Cara download tiktok tanpa watermark

Minggu, 26 Mei 2024 - 11:33

Cara Perawatan Kulit Wajah Berminyak

Tips

Cara Perawatan Kulit Wajah Berminyak

Minggu, 26 Mei 2024 - 11:30