20 Teknik Dasar Passing Bola Basket Untuk Pemula

- Penulis Berita

Kamis, 23 Mei 2024 - 22:13

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Teknik Dasar Passing Bola Basket

Teknik Dasar Passing Bola Basket

Hello Rintiksedu.id! Bola basket adalah olahraga yang sangat populer di seluruh dunia. Untuk bermain bola basket dengan baik, Anda harus memahami teknik dasar dalam permainan ini, salah satunya adalah teknik dasar passing. mendorong bola basket menuju teman merupakan teknik dasar Passing . Dalam artikel ini, kami akan membahas teknik dasar passing bola basket yang dapat membantu Anda meningkatkan permainan Anda.

20 Teknik Dasar Passing Bola Basket

1. Chest Pass

Chest pass adalah teknik dasar yang paling umum digunakan dalam permainan bola basket. Teknik dasar dalam bola basket Chest Pass ini dilakukan dengan melempar bola dengan menggunakan kedua tangan dari dada ke dada rekan setim Anda. Untuk melakukan chest pass dengan benar, pastikan posisi badan Anda tegak dan kedua kaki sejajar. Lalu, pegang bola dengan kedua tangan dan rapatkan siku ke arah samping. Kemudian, dorong bola dari dada Anda dengan kekuatan yang cukup.

2. Bounce Pass

Teknik passing yang dilakukan dengan melempar bola ke arah rekan setim dengan cara memantulkan bola di lantai. bounce pass adalah teknik dasar bola basket dengan tujuan untuk Anda ingin melewati bola di antara kaki atau melewati pertahanan lawan. Untuk melakukan bounce pass, pastikan Anda mengarahkan bola ke lantai dengan sudut 45 derajat dan pastikan bola memantul cukup tinggi agar rekan setim Anda dapat menangkap bola dengan mudah.

3. Overhead Pass

Overhead pass adalah teknik dasar passing bola basket yang dilakukan dengan melempar bola dari atas kepala ke rekan setim Anda. Teknik ini sangat berguna ketika Anda ingin melewati bola melewati pertahanan lawan yang ketat. Untuk melakukan overhead pass, pastikan Anda memegang bola dengan kedua tangan, angkat bola ke atas kepala dan lemparkan bola dengan kuat ke arah rekan setim Anda.

Baca juga: Teknik Dasar Lay Up Basket: Cara Ampuh Meningkatkan Skor dalam Permainan Basket

4. Wrap Around Pass

Wrap around pass adalah teknik dasar passing bola basket yang dilakukan dengan melempar bola ke rekan setim dengan cara melingkarkan bola di sekitar tubuh Anda. Teknik ini sangat berguna ketika Anda ingin melewati bola melewati pertahanan lawan yang ketat di dekat tubuh Anda. Untuk melakukan wrap around pass, pastikan Anda memegang bola dengan satu tangan, lalu bungkukkan tubuh Anda dan melingkarkan bola di sekitar tubuh Anda dengan tangan yang memegang bola.

5. Behind The Back Pass

Behind the back pass adalah teknik dasar passing bola basket yang dilakukan dengan melempar bola ke rekan setim dengan cara melewati bola di belakang punggung Anda. Teknik ini sangat berguna ketika Anda ingin melewati bola melewati pertahanan lawan yang ketat di dekat tubuh Anda. Untuk melakukan behind the back pass, pastikan Anda memegang bola dengan satu tangan, lalu lemparkan bola ke arah rekan setim Anda sambil melewati bola di belakang punggung Anda.

6. One-Handed Push Pass

One-handed push pass adalah teknik dasar passing bola basket yang dilakukan dengan melempar bola ke rekan setim dengan satu tangan menggunakan telapak tangan Anda. Teknik ini sangat berguna ketika Anda berada dalam posisi yang sulit atau ketika Anda ingin memberikan bola dengan cepat. Untuk melakukan one-handed push pass, pastikan Anda memegang bola dengan satu tangan, lalu dorong bola dengan menggunakan telapak tangan Anda.

Baca juga: Teknik Dasar Dribble Basket: Cara Mudah Menjadi Pemain Basket yang Handal

7. Baseball Pass

Baseball pass adalah teknik dasar passing bola basket yang dilakukan dengan melempar bola ke rekan setim dengan cara yang sama seperti dalam olahraga bisbol. Teknik ini sangat berguna ketika Anda ingin melewati bola jarak jauh ke rekan setim Anda. Untuk melakukan baseball pass, pastikan Anda memegang bola dengan satu tangan, lalu lemparkan bola dengan kuat menggunakan gerakan seperti melempar bola dalam olahraga bisbol.

8. Diagonal Pass

Diagonal pass adalah teknik dasar passing bola basket yang dilakukan dengan melempar bola ke rekan setim dengan cara yang membentuk sudut diagonal. Teknik ini sangat berguna ketika Anda ingin melewati bola ke rekan setim yang berada di posisi yang jauh. Untuk melakukan diagonal pass, pastikan Anda memegang bola dengan kedua tangan, lalu lemparkan bola ke arah rekan setim Anda dengan gerakan memutar ke arah diagonal.

9. Hook Pass

Hook pass adalah teknik passing bola basket yang dilakukan dengan melempar bola ke rekan setim dengan cara melengkungkan lengan Anda seperti hook. Teknik ini sangat berguna ketika Anda ingin melewati bola di sekitar pertahanan lawan yang ketat. Untuk melakukan hook pass, pastikan Anda memegang bola dengan satu tangan, lalu melengkungkan lengan Anda dan melempar bola dengan gerakan seperti hook.

10. Outlet Pass

Outlet pass adalah teknik passing bola basket yang dilakukan dengan melempar bola ke rekan setim dengan cara yang cepat dan akurat dari daerah pertahanan Anda ke daerah serangan Anda. Teknik ini sangat berguna ketika Anda ingin meluncurkan serangan cepat ke daerah lawan. Untuk melakukan outlet pass, pastikan Anda memegang bola dengan kedua tangan, lalu lemparkan bola dengan kekuatan dan akurasi ke arah rekan setim Anda.

11. Drop Pass

Drop pass adalah teknik passing bola basket yang dilakukan dengan melempar bola ke rekan setim dengan cara melemparkan bola ke bawah di dekat kaki rekan setim Anda. Teknik ini sangat berguna ketika Anda ingin memberikan bola dengan cepat dan ketika rekan setim Anda berada di posisi yang rendah.

Untuk melakukan drop pass, pastikan Anda memegang bola dengan kedua tangan, lalu lemparkan bola ke arah kaki rekan setim Anda dengan kekuatan yang cukup.

12. Give and Go

Give and go adalah teknik dasar passing bola basket yang dilakukan dengan memberikan bola ke rekan setim dan kemudian segera berlari ke arah tengah lapangan untuk menerima bola kembali. Teknik ini sangat berguna ketika Anda ingin menciptakan peluang tembakan atau meluncurkan serangan cepat.

Untuk melakukan give and go, pastikan Anda memberikan bola ke rekan setim Anda, kemudian segera berlari ke arah tengah lapangan dan siap menerima bola kembali dari rekan setim Anda.

Baca juga: Teknik Dasar Rebound Bola Basket untuk Meningkatkan Skill

13. Backdoor Pass

Backdoor pass adalah teknik dasar passing bola basket yang dilakukan dengan melempar bola ke arah belakang pertahanan lawan dan membuat jalan untuk rekan setim Anda menerima bola.

Teknik ini sangat berguna ketika Anda ingin memberikan bola dengan cepat kepada rekan setim yang berada di belakang pertahanan lawan. Untuk melakukan backdoor pass, pastikan Anda memegang bola dengan satu tangan, lalu lemparkan bola ke arah belakang pertahanan lawan dan buat jalan untuk rekan setim Anda menerima bola.

14. Wraparound Pass

Wraparound pass adalah teknik dasar passing bola basket yang dilakukan dengan melempar bola ke rekan setim dengan cara melingkarkan bola di sekitar pertahanan lawan. Teknik ini sangat berguna ketika Anda ingin melewati bola di sekitar pertahanan lawan yang ketat.

Untuk melakukan wraparound pass, pastikan Anda memegang bola dengan satu tangan, lalu melingkarkan bola di sekitar pertahanan lawan dengan gerakan seperti memutar bola di sekitar tangan Anda.

15. Bounce Pass

Bounce pass adalah teknik dasar passing bola basket yang dilakukan dengan melempar bola ke rekan setim dengan cara memantulkan bola di lantai terlebih dahulu sebelum bola mencapai rekan setim Anda.

Teknik ini sangat berguna ketika Anda ingin melewati bola di sekitar pertahanan lawan yang ketat atau ketika rekan setim Anda berada di posisi yang rendah. Untuk melakukan bounce pass, pastikan Anda memegang bola dengan kedua tangan, lalu lemparkan bola ke lantai sehingga bola memantul dan kemudian mencapai rekan setim Anda.

16. Alley-Oop Pass

Alley-oop pass adalah teknik dasar passing bola basket yang dilakukan dengan melempar bola ke arah ring dan membuat rekan setim Anda melompat untuk menerima bola dan melakukan tembakan langsung.

Teknik ini sangat berguna ketika Anda ingin mencetak poin dengan cepat atau ketika rekan setim Anda memiliki kemampuan melompat yang baik.

Untuk melakukan alley-oop pass, pastikan Anda memegang bola dengan satu tangan, lalu lemparkan bola ke arah ring dan membuat rekan setim Anda melompat untuk menerima bola dan melakukan tembakan langsung.

17. Overhead Pass

Overhead pass adalah teknik dasar passing bola basket yang dilakukan dengan melempar bola ke rekan setim dengan cara melempar bola di atas kepala Anda.

Teknik ini sangat berguna ketika Anda ingin melewati bola jarak jauh ke rekan setim atau ketika rekan setim Anda berada di posisi yang lebih tinggi dari Anda. Untuk melakukan overhead pass,pastikan Anda memegang bola dengan kedua tangan, lalu lemparkan bola ke arah rekan setim dengan cara melempar bola di atas kepala Anda.

18. One-Handed Pass

One-handed pass adalah teknik dasar passing bola basket yang dilakukan dengan melempar bola ke rekan setim hanya dengan satu tangan.

Teknik ini sangat berguna ketika Anda ingin memberikan bola dengan cepat atau ketika Anda berada dalam posisi yang sulit untuk menggunakan kedua tangan. Untuk melakukan one-handed pass, pastikan Anda memegang bola dengan satu tangan, lalu lemparkan bola ke arah rekan setim dengan gerakan yang cepat dan tepat.

19. Behind-The-Back Pass

Behind-the-back pass adalah teknik dasar passing bola basket yang dilakukan dengan melempar bola ke rekan setim dengan cara melingkarkan bola di belakang punggung Anda. Teknik ini sangat berguna ketika Anda ingin memberikan bola dengan gaya yang unik atau ketika Anda ingin melewati bola di sekitar pertahanan lawan yang ketat.

Untuk melakukan behind-the-back pass, pastikan Anda memegang bola dengan kedua tangan, lalu melingkarkan bola di belakang punggung Anda dan lemparkan bola ke arah rekan setim dengan gerakan yang cepat dan tepat.

20. Full-Court Pass

Full-court pass adalah teknik dasar passing bola basket yang dilakukan dengan melempar bola dari satu ujung lapangan ke ujung lapangan yang lainnya.

Teknik ini sangat berguna ketika Anda ingin menciptakan peluang tembakan atau meluncurkan serangan cepat dari ujung lapangan yang satu ke ujung lapangan yang lainnya. Untuk melakukan full-court pass, pastikan Anda memegang bola dengan kedua tangan, lalu lemparkan bola dengan tenaga penuh dari satu ujung lapangan ke ujung lapangan yang lainnya.

Kesimpulan

Itulah 20 teknik dasar passing bola basket yang dapat Anda pelajari dan terapkan dalam permainan Anda. Semua teknik dasar tersebut memiliki kegunaan masing-masing dan dapat digunakan dalam berbagai situasi di lapangan. Penting untuk terus berlatih dan mengembangkan kemampuan passing Anda agar dapat menjadi pemain basket yang lebih baik. Jangan lupa untuk selalu bermain dengan sportivitas dan menghargai rekan setim maupun lawan Anda. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Berita Terkait

Sharing Artinya dalam Bahasa Indonesia
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI): Scene adalah
Kata Baku Dan Tidak Baku
Arti Kata Limbah pada Paragraf Tersebut Adalah
Unsur Seni Rupa yang Paling Sederhana Adalah
200 Dollar Berapa Rupiah, Menghitung Nilai Tukar
Birama lagu aku anak Indonesia adalah
Yang Termasuk sumber informasi terkait peluang usaha data primer adalah…

Berita Terkait

Minggu, 16 Juni 2024 - 10:13

Sharing Artinya dalam Bahasa Indonesia

Minggu, 16 Juni 2024 - 10:07

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI): Scene adalah

Sabtu, 15 Juni 2024 - 08:23

Kata Baku Dan Tidak Baku

Kamis, 13 Juni 2024 - 19:44

Unsur Seni Rupa yang Paling Sederhana Adalah

Rabu, 12 Juni 2024 - 10:48

200 Dollar Berapa Rupiah, Menghitung Nilai Tukar

Rabu, 12 Juni 2024 - 10:46

Birama lagu aku anak Indonesia adalah

Rabu, 12 Juni 2024 - 10:43

Yang Termasuk sumber informasi terkait peluang usaha data primer adalah…

Selasa, 11 Juni 2024 - 15:00

Perkalian 1 Sampai 100

Berita Terbaru

Pendidikan

Sharing Artinya dalam Bahasa Indonesia

Minggu, 16 Jun 2024 - 10:13

Pendidikan

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI): Scene adalah

Minggu, 16 Jun 2024 - 10:07

Pendidikan

Kata Baku Dan Tidak Baku

Sabtu, 15 Jun 2024 - 08:23

Teknologi

Cara menemukan arti kosakata yang tepat adalah

Sabtu, 15 Jun 2024 - 08:09