Apakah Kamera Mirrorless Ada Shutter Count ? Mari Kita Cek Disini

- Penulis Berita

Rabu, 13 Desember 2023 - 22:38

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Apakah Kamera Mirrorless Ada Shutter Count

Apakah Kamera Mirrorless Ada Shutter Count

Rintiksedu.id — Apakah Kamera Mirrorless Ada Shutter Count — Tahukah anda apa itu shutter count, shutter count adalah berapa kali tombol shutter kamera ditekan atau berapa kali kamera digunakan untuk mengambil gambar. Menampilkan total berapa kali tombol rana kamera ditekan atau ditekan untuk mengambil gambar.

Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui hal ini, terutama jika Anda ingin membeli kamera DSLR atau kamera mirrorless. Dengan mengetahui jumlah daun jendela yang Anda miliki, Anda dapat mengetahui apakah kamera masih dalam kondisi baik atau sudah terlalu sering digunakan dan kondisinya sudah buruk.

Kamera Mirrorless adalah jenis kamera yang tidak menggunakan single-lens reflex mirror (SLR). Cahaya akan melewati lensa langsung ke sensor digital dan kemudian menampilkan gambar di layar LCD

Artikel tentang ” Kamera Mirrorless Terbaik ” Telah kita bahas sebelumnya, kali ini kita akan membahas Apakah Kamera Mirrorless Ada Shutter Count.

Apakah Kamera Mirrorless Ada Shutter Count ?

Apakah Kamera Mirrorless Ada Shutter Count

Ini juga akan membantu Anda mengetahui apakah kamera yang ingin Anda beli terlalu lelah atau terlalu sering digunakan. Dengan mengecek jumlah shutter, Anda akan mengetahui performa kamera, apakah bisa digunakan dalam waktu lama. atau tidak.

Mengapa penting untuk memeriksa kecepatan klik rana sebelum membeli kamera DSLR atau kamera mirrorless?

  1. Sangat membantu kita saat akan membeli kamera SLR atau mirrorless bekas Saat kita membeli kamera bekas, ada beberapa resiko karena kita tidak akan tahu bagaimana pengguna sebelumnya menggunakan kamera tersebut dan seberapa sering. Namun dengan mengecek jumlah shutter, kita bisa mengetahui berapa banyak kamera yang digunakan untuk memotret. Ini akan membantu Anda mengetahui keterbatasan kamera yang Anda beli.
  2. Ini akan membantu Anda mengetahui kapan kamera yang akan Anda beli dapat berfungsi dengan baik. Sebaiknya hindari membeli kamera yang sudah memiliki lebih dari 100.000 jepretan. Sebagai salah satu produk elektronik, tentunya kamera memiliki batasan waktu pemakaian. Jika kamera sudah mencapai batas kecepatan rana yang ditentukan, performa kamera akan mulai menurun atau sering mengalami gangguan.

Berapa batas Shutter Count untuk DSLR dan kamera mirrorless?

Berapa batas Shutter Count untuk DSLR dan kamera mirrorless
  1. Jumlah eksposur rendah : Kamera memiliki jumlah eksposur yang rendah antara 0 hingga 10.000. Kondisi kamera dengan jumlah eksposur masih cukup baik dan sudah lama tidak digunakan. Cocok untuk dibeli.
  2. Jumlah daun jendela sedang: Jumlah daun jendela harus antara 10.000 dan 30.000, kondisi kamera dengan jumlah daun jendela ini masih lumayan untuk dibeli. Namun Anda tetap harus lebih berhati-hati saat menggunakan kamera.
  3. Jumlah Shutter Count yang tinggi: Dengan angka dari 30.000 hingga tak terhingga atau lebih dari 60.000, dapat dikatakan bahwa kamera tersebut tidak lagi layak untuk dibeli. Karena performa kameranya pasti turun drastis dan kualitas gambar yang dihasilkan pasti turun.

Bagaimana cara mengontrol Shutter Count untuk kamera DSLR dan mirrorless?

Bagaimana cara mengontrol Shutter Count untuk kamera DSLR dan mirrorless

1. gunakan EXIFTOOLS

Anda dapat mengunduh aplikasinya, lalu unzip dan menginstalnya, setelah proses instalasi selesai, jalankan aplikasi dan unduh gambar dari jepretan kamera Anda untuk diproses.

Selanjutnya, program akan membuat baris perintah dan daftar informasi EXIF ​​​​dari kamera Anda akan muncul.

2. gunakan penampil EXIF

exif

EXIF Viewer adalah situs web yang memungkinkan Anda menemukan informasi dalam file atau foto RAW. File RAW berisi banyak informasi, mulai dari warna hingga jumlah jepretan kamera. Anda dapat membuka halaman web di bawah ini untuk mengetahui berapa banyak kecepatan rana pada kamera Anda dengan mengunduh file foto RAW.

http://regex.info/exif.cgi (gratis)

http://eoscount.com/ (berbayar)

http://nikonshuttercount.com/ (gratis)

http://camerashutter.com/ (gratis)

http://shuttercounter.com/ (gratis)

3. gunakan PHOTOSHOP

Anda juga dapat menggunakan Photoshop untuk mengontrol kecepatan rana kamera Anda. Anda dapat melakukan ini dengan membuka gambar di Photoshop, klik Fill dan kemudian File Info. Ini akan membuka metadata gambar utama.

Nah, untuk melihat jumlah hasil jepretan kamera, kamu bisa klik menu advanced, pilih https://ns.adobe.com/exif/1.0/aux, lalu klik tombol + (add), maka akan muncul shutter counter kamera untuk menampilkan jumlah kamera.

Kesimpulan

Hal yang paling penting sebelum membeli kamera bekas tentunya anda harus melakukan berbagai pengecekan agar kamera yang anda beli tentunya dapat berfungsi dengan baik dan tidak rusak di kemudian hari. Maka dari itu, pengecekan jumlah exposure juga penting untuk mengetahui kondisi kamera, layak dibeli atau tidak. Semoga Anda dapat membuat keputusan yang cerdas dan hati-hati tentang kamera bekas mana yang akan dibeli.

Berita Terkait

Ada Gak Sih Kamera Mirrorless Yang Murah? Cek Daftarnya Disini!
Daftar Harga Kamera Mirrorless Lumix, Update Februari 2023
Harga Lensa Kamera Sony Mirrorless, Lensa Fix Terbaru 2023
Kamera Sony Terbaru Mirrorless, Rekomendasi Terbaik 2023
Harga Kamera Mirrorless Fujifilm Terbaru Februari 2023
Review Kamera Mirrorless Sony A6000 Update 2023
5 Harga Kamera Mirrorless Sony Terbaik Tahun 2023
Daftar 5 Harga Kamera Mirrorless Canon Terbaru 2023

Berita Terkait

Minggu, 21 Juli 2024 - 09:17

Cara merapatkan daerah kewanitaan tanpa obat

Sabtu, 20 Juli 2024 - 09:29

Cara Menjaga HP Agar Tidak Dihack

Sabtu, 20 Juli 2024 - 09:19

Cara Allah mengobati stroke

Jumat, 19 Juli 2024 - 08:51

Bersedekah Merupakan Salah Satu Cara Mendekatkan Diri kepada Allah

Rabu, 17 Juli 2024 - 10:06

Cara kirim shopeepay ke dana

Rabu, 17 Juli 2024 - 10:03

Cara transfer gopay ke shopee

Selasa, 16 Juli 2024 - 09:38

Tata cara sholat isya 4 rakaat

Selasa, 16 Juli 2024 - 09:34

Beriman kepada qada dan qadar sebaiknya kita pelajari dengan cara

Berita Terbaru

LifeStyle

Brand Gamis Lokal, Rekomendasi untuk Lebaran

Minggu, 21 Jul 2024 - 09:34

Brand Lokal Baju Wanita

Atasan

Brand Lokal Baju Wanita, Bagus dengan Harga Terjangkau

Minggu, 21 Jul 2024 - 09:21

Cara

Cara merapatkan daerah kewanitaan tanpa obat

Minggu, 21 Jul 2024 - 09:17

Cara

Cara Menjaga HP Agar Tidak Dihack

Sabtu, 20 Jul 2024 - 09:29