gerakan lengan passing atau lemparan bolabasket melalui atas kepala adalah

- Penulis Berita

Senin, 17 Juli 2023 - 10:21

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

RintikSedu.id – Halo pembaca! Selamat datang di artikel yang membahas gerakan lengan passing atau lemparan bolabasket melalui atas kepala adalah adalah. Saya, RintikSedu, memiliki pengalaman dalam dunia bola basket dan ingin berbagi informasi serta tips tentang teknik luar biasa ini. Mari kita mulai!

Pertimbangkan Waktu yang Tepat

gerakan lengan passing atau lemparan bolabasket melalui atas kepala adalah

Sebelum menggunakan gerakan lengan passing atau lemparan bola basket melalui atas kepala adalah, penting untuk mempertimbangkan timing yang tepat. Gerakan ini lebih efektif saat ada jarak antara Anda dan lawan, sehingga memberikan ruang optimal bagi bola untuk melewati kepala lawan dan mencapai rekan setim dengan akurat. Menggunakan gerakan ini di waktu yang tepat adalah kunci untuk sukses dalam menjalankannya.

Teknik yang Benar

Teknik yang Benar passing voli

Untuk melempar bola basket dengan akurat melalui atas kepala adalah, Anda perlu menguasai teknik yang benar. Pertama, ambil bola dengan kedua tangan di belakang kepala. Pastikan posisi jari Anda menggenggam bola dengan erat sebelum melakukan gerakan. Lalu, dengan satu gerakan yang halus, lemparkan bola ke arah rekan setim Anda. Pastikan gerakan tersebut dilakukan dengan kecepatan yang cukup untuk menghindari pemain bertahan dari tim lawan.

Seiring dengan teknik lemparan, pastikan Anda juga memiliki postur yang tepat. Pastikan kaki Anda terbuka sedikit lebih lebar dari bahu Anda untuk menjaga keseimbangan. Jaga sikap tubuh yang tegak dan tatap titik tujuan ketika melempar. Semua hal ini akan menjaga stabilitas dan akurasi lemparan Anda.

Lepaskan ke Arah Rekan Setim yang Akan Anda Tuju

Saat menggunakan gerakan lengan passing atau lemparan bola basket melalui atas kepala adalah, tidak hanya penting untuk melepaskan bola dengan akurat, tetapi juga mengarahkannya ke posisi rekan setim Anda akan berada. Anda harus dapat membaca gerakan dan arah lawan dan rekan setim Anda sehingga bola bisa disambut dengan baik oleh rekan setim Anda. Pahami gerakan dan gaya bermain rekan setim Anda, dan tepatkan lemparan Anda ke arah rekan tersebut.

Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan membaca pergerakan rekan setim Anda adalah melalui latihan dan pengalaman. Semakin sering Anda bermain dan berlatih bersama, semakin baik Anda akan mampu mengantisipasi gerakan mereka. Latihan dengan rekan setim Anda akan membantu Anda mengembangkan hubungan yang solid dan meningkatkan keakuratan overhead pass Anda.

Detail Teknis Gerakan Lengan Passing atau lemparan bolabasket melalui atas kepala

Salah satu elemen penting dalam olahraga bolabasket adalah teknik passing atau lemparan bola. Passing adalah cara untuk mengirim bola dari satu pemain ke pemain lainnya dengan cepat dan akurat. Salah satu jenis passing yang sering digunakan adalah lemparan melalui atas kepala. Dalam artikel ini, kita akan membahas detail teknis dari gerakan lengan passing atau lemparan bolabasket melalui atas kepala.

1. Posisi Awal:

Untuk melakukan lemparan melalui atas kepala, pemain harus berada dalam posisi awal yang tepat. Berdirilah dengan kaki selebar bahu untuk mempertahankan keseimbangan yang baik. Pastikan berat tubuh Anda merata di kedua kaki dan posisi badan sedikit condong ke depan.

2. Pegangan Bola:

Pegang bola dengan kuat menggunakan kedua tangan. Letakkan bola di atas kepala, dan jari-jari Anda harus membentuk “W” di sekitar bola. Posisikan kedua sisi bola dengan jari-jari di bawah dan jempol di atas. Pegangan yang tepat akan membantu meningkatkan akurasi dan kecepatan lemparan.

3. Penglihatan:

Selalu tetapkan pandangan mata Anda pada target yang ingin Anda tuju. Penglihatan yang baik akan membantu Anda mengarahkan lemparan dengan akurat menuju rekan setim yang menjadi sasaran passing.

4. Postur Tubuh:

Pastikan posisi tubuh Anda tegak dan stabil saat akan melakukan lemparan. Bahu dan lengan Anda harus membentuk sudut yang nyaman, sekitar 90 derajat, untuk memberikan ruang yang cukup untuk melakukan gerakan lengan secara penuh.

5. Teknik Lemparan:

Untuk melakukan lemparan melalui atas kepala, mulailah dengan membawa bola dari posisi di atas kepala Anda dan membawa bola di depan dahi Anda. Lalu, luruskan lengan Anda dan lemparkan bola ke arah target dengan gerakan melengkung di atas kepala. Pastikan untuk melepaskan bola dari ujung jari-jari Anda dan ikuti gerakan hingga lengan Anda sejajar dengan lantai.

6. Pemberian Tenaga:

Agar lemparan memiliki kecepatan yang cukup, berikan tenaga dari tubuh bagian bawah Anda. Gunakan kaki Anda untuk menghasilkan kekuatan dengan melompat atau mendorong dari kaki belakang Anda saat melakukan lemparan. Ini akan memberikan momentum tambahan pada bola dan meningkatkan jangkauan dan kecepatan lemparan.

7. Timing:

Penting untuk mengatur timing dengan baik saat melakukan lemparan melalui atas kepala. Biasanya, passing ini dilakukan ketika ada pemain terbuka atau ketika ada peluang untuk menciptakan peluang skor bagi rekan setim Anda. Ketepatan waktu dalam melakukan lemparan akan mengurangi risiko terjadinya intersepsi oleh pemain lawan.

8. Latihan dan Konsistensi:

Seperti keterampilan lainnya dalam bolabasket, lemparan melalui atas kepala membutuhkan latihan yang konsisten untuk meningkatkan kualitas dan akurasi lemparan Anda. Latih gerakan ini secara berulang-ulang dalam latihan dan permainan untuk membentuk otot dan mengasah koordinasi tangan dan mata Anda.

Dengan menguasai teknik gerakan lengan passing atau lemparan bolabasket melalui atas kepala, Anda akan menjadi pemain yang lebih berpengaruh dan dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi tim Anda. Ingatlah untuk selalu fokus pada teknik yang benar, penglihatan yang baik, dan latihan yang konsisten untuk meningkatkan keterampilan passing Anda dalam permainan bolabasket.

Saran Video Seputar : gerakan lengan passing atau lemparan bolabasket melalui atas kepala adalah

Berita Terkait

Strategi untuk Menemukan Peluang yang Dimiliki Disebut: Menguasai Potensi Bisnis
Sharing Artinya dalam Bahasa Indonesia
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI): Scene adalah
Kata Baku Dan Tidak Baku
Arti Kata Limbah pada Paragraf Tersebut Adalah
Unsur Seni Rupa yang Paling Sederhana Adalah
200 Dollar Berapa Rupiah, Menghitung Nilai Tukar
Birama lagu aku anak Indonesia adalah

Berita Terkait

Selasa, 18 Juni 2024 - 21:14

Strategi untuk Menemukan Peluang yang Dimiliki Disebut: Menguasai Potensi Bisnis

Minggu, 16 Juni 2024 - 10:13

Sharing Artinya dalam Bahasa Indonesia

Sabtu, 15 Juni 2024 - 08:23

Kata Baku Dan Tidak Baku

Sabtu, 15 Juni 2024 - 08:04

Arti Kata Limbah pada Paragraf Tersebut Adalah

Kamis, 13 Juni 2024 - 19:44

Unsur Seni Rupa yang Paling Sederhana Adalah

Rabu, 12 Juni 2024 - 10:48

200 Dollar Berapa Rupiah, Menghitung Nilai Tukar

Rabu, 12 Juni 2024 - 10:46

Birama lagu aku anak Indonesia adalah

Rabu, 12 Juni 2024 - 10:43

Yang Termasuk sumber informasi terkait peluang usaha data primer adalah…

Berita Terbaru

perbedaan kucing persia dan anggora

Kucing

Perbedaan Kucing Persia dan Anggora Dari Segi Fisik

Selasa, 18 Jun 2024 - 21:27

Pendidikan

Sharing Artinya dalam Bahasa Indonesia

Minggu, 16 Jun 2024 - 10:13