20 Teknik Dasar Defending Bola Basket Untuk Pemula, Wajib Tau!

- Penulis Berita

Minggu, 9 Juni 2024 - 08:40

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Teknik Dasar Defending Bola Basket

Teknik Dasar Defending Bola Basket

Hello Rintiksedu.id , jika kamu ingin menjadi seorang pemain bola basket yang handal, kamu harus menguasai teknik dasar defending bola basket. Teknik dasar ini sangat penting untuk menahan serangan lawan dan menjaga performa timmu. Dalam artikel ini, kamu akan belajar macam macam teknik dasar bola basket dalam defending bola basket yang harus kamu kuasai.

1. Postur Tubuh yang Benar

Teknik dasar bola basket adalah defending bola basket yang memiliki postur tubuh yang benar. Pastikan posisi kaki kamu selebar bahu, lutut sedikit ditekuk, dan tubuh sedikit membungkuk ke depan. Hal ini akan membantumu untuk memiliki keseimbangan yang baik saat menahan serangan lawan. Jangan lupa untuk menjaga fokus dan konsentrasi selama bermain.

2. Mengikuti Gerakan Lawan

Selalu ikuti gerakan lawan dengan cermat. Jangan terlalu dekat atau terlalu jauh dari lawanmu, tapi pastikan kamu berada pada jarak yang cukup untuk memantau gerakan bola. Saat bergerak, pastikan kamu tetap menghadap lawanmu dan jangan biarkan dia lepas dari pengawasanmu.

3. Memblokir Lawan

Saat lawanmu mencoba melewati dirimu, pastikan kamu memblokir gerakan mereka. Hal ini dapat dilakukan dengan menempatkan tanganmu di depan badan lawan, dan menghalangi gerakannya. Jangan lupa untuk mempertahankan posisimu dengan tetap menjaga keseimbangan dan fokusmu.

4. Menjaga Jarak dengan Lawan

Teknik teknik dasar bola basket Menjaga jarak yang tepat dengan lawanmu adalah kunci dalam menguasai teknik dasar defending bola basket. Pastikan kamu berada dalam jarak yang cukup untuk dapat bereaksi terhadap gerakan bola lawan. Namun, jangan terlalu dekat dengan lawan karena hal ini dapat memudahkan mereka untuk melewati dirimu.

Baca juga: Permainan Bola Basket Diciptakan Oleh

5. Membaca Gerakan Bola

Saat bermain defending bola basket, kamu harus bisa membaca gerakan bola lawan. Dengan memahami pola gerakan bola, kamu dapat menentukan posisi terbaik untuk menghalangi gerakan lawan dan mempertahankan posisimu. Pastikan kamu selalu fokus dan konsentrasi untuk membaca gerakan bola lawan dengan cermat.

6. Mencegah Penetrasi

Mencegah penetrasi atau serangan langsung lawan adalah salah satu tujuan utama dalam defending bola basket. Pastikan kamu selalu berada di antara lawan dan ring, sehingga dapat menghalangi gerakan lawan. Selain itu, jangan lupa untuk tetap fokus dan konsentrasi dalam memantau gerakan bola lawan.

7. Mengunci Posisi

Mengunci posisi atau menahan gerakan lawan adalah salah satu teknik dasar dalam defending bola basket yang penting. Dalam teknik ini, kamu harus menghalangi gerakan lawan dan mempertahankan posisimu dengan kuat. Pastikan kamu selalu menjaga jarak yang tepat dengan lawanmu, dan jangan biarkan mereka mendapatkan kesempatan untuk melewati dirimu.

8. Mengontrol Area Pertahanan

Mengontrol area pertahanan atau zona yang harus kamu pertahankan adalah hal yang penting dalam defending bola basket. Pastikan kamu selalu berada di area yang harus kamu jaga, dan jangan biarkan lawanmu memasuki area tersebut. Selain itu, jangan lupa untuk selalu bekerja sama dengan rekan timmu untuk mengontrol area pertahanan yang lebih besar.

Baca juga: 20 Teknik Dasar Passing Bola Basket Untuk Pemula

9. Menjaga Posisi Tubuh dengan Benar

Selalu menjaga posisi tubuh dengan benar adalah kunci dalam menguasai teknik dasar defending bola basket. Pastikan kamu selalu berdiri tegak dengan lutut sedikit ditekuk, dan jangan biarkan dirimu terlalu condong ke depan atau belakang. Hal ini akan membantumu untuk memiliki keseimbangan yang baik dan menghindari cedera.

10. Membaca Gerakan Lawan dengan Mata

Selain membaca gerakan bola lawan, kamu juga harus bisa membaca gerakan lawan dengan mata. Pastikan kamu selalu memantau gerakan lawan dengan cermat, dan jangan biarkan mereka mengalihkan perhatianmu dengan trik atau finting yang tidak perlu. Selalu fokus pada gerakan lawan dan bola mereka.

11. Mempertahankan Area Paint

Area paint atau area yang terletak di sekitar ring merupakan area yang harus kamu pertahankan dengan kuat. Pastikan kamu selalu berada di area paint dan menghalangi gerakan lawan yang mencoba mendekat ke ring. Jangan biarkan lawanmu mendapatkan kesempatan untuk melempar bola ke dalam ring.

12. Menutupi Area Tiga Poin

Area tiga poin merupakan area yang sangat penting dalam permainan bola basket. Selalu pastikan kamu selalu menutupi area tiga poin dengan baik, dan jangan biarkan lawanmu melempar bola dari jarak yang terlalu jauh. Selain itu, jangan lupa untuk memantau gerakan bola lawan dengan cermat.

Baca juga: 7 Teknik Dasar Bola Basket untuk Pemain Pemula

13. Menggagalkan Passing Lawan

Menggagalkan passing lawan atau memblokir jalan bola yang akan diberikan oleh lawanmu adalah salah satu teknik dasar yang harus kamu kuasai. Pastikan kamu selalu memantau gerakan lawan dengan cermat, dan jangan biarkan mereka mendapatkan kesempatan untuk memberikan bola kepada rekan mereka yang lain.

14. Menghambat Gerakan Lawan

Menghambat gerakan lawan atau mengganggu fokus mereka dalam mengontrol bola adalah salah satu teknik dasar defending bola basket yang penting. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan tekanan pada lawanmu, atau dengan menghalangi gerakan mereka dengan tubuh mu. Pastikan kamu selalu melakukannya dengan fair play dan tidak melakukan pelanggaran yang merugikan timmu.

15. Mengambil Aliran Bola

Salah satu teknik dasar defending bola basket yang penting adalah mengambil aliran bola. Hal ini dapat dilakukan dengan menantang gerakan bola lawan dan menghalangi jalannya. Pastikan kamu selalu memantau gerakan bola lawan dengan cermat, dan jangan biarkan mereka melepaskan bola dengan mudah.

16. Membaca Strategi Lawan

Membaca strategi lawan atau memahami pola permainan lawanmu adalah hal yang penting dalam permainan bola basket. Hal ini akan membantumu untuk lebih mudah memprediksi gerakan lawan dan mengambil tindakan yang tepat. Pastikan kamu selalu memantau gerakan dan pola permainan lawan dengan cermat.

Baca juga: Teknik Dasar Rebound Bola Basket untuk Meningkatkan Skill

17. Menekan Lawan di Area Defending

Menekan lawan di area defending atau memaksa mereka untuk mengeluarkan bola dari tangan mereka adalah salah satu teknik dasar defending bola basket yang efektif. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan tekanan pada lawanmu dan menghalangi gerakan mereka. Pastikan kamu selalu melakukannya dengan fair play dan tidak melakukan pelanggaran yang merugikan timmu.

18. Menghindari Foul

Menghindari foul atau pelanggaran yang merugikan timmu adalah hal yang penting dalam permainan bola basket. Pastikan kamu selalu menjaga kesopanan dalam bermain dan tidak melakukan tindakan yang berbahaya atau melanggar aturan. Selain itu, jangan lupa untuk selalu memantau gerakan lawan dengan cermat dan mengambil tindakan yang tepat dalam situasi yang berbeda-beda.

19. Menjaga Komunikasi dengan Rekan Tim

Teknik dasar dalam permainan bola basket adalah Menjaga komunikasi dengan rekan timmu adalah hal yang penting dalam permainan bola basket. Hal ini akan membantumu untuk lebih mudah memahami pola permainan timmu dan mengambil tindakan yang tepat dalam situasi yang berbeda-beda. Selain itu, jangan lupa untuk selalu memberikan dukungan dan dorongan kepada rekan timmu dalam bermain.

20. Berlatih dengan Tekun

Berlatih dengan tekun adalah kunci dalam menguasai teknik dasar defending bola basket. Pastikan kamu selalu berlatih dengan fokus dan konsisten, dan jangan biarkan dirimu terlalu mudah menyerah. Selain itu, jangan lupa untuk selalu memperbaiki kesalahanmu dan meningkatkan kemampuanmu dalam bermain bola basket.

Baca juga: Teknik Dasar Dribble Basket: Cara Mudah Menjadi Pemain Basket yang Handal

Kesimpulan

Dalam permainan bola basket, teknik dasar defending bola basket sangat penting untuk dikuasai. Selain memahami aturan dan strategi permainan, kamu juga harus bisa menguasai teknik-teknik dasar dalam menghalangi gerakan lawan dan mempertahankan posisimu dengan kuat.

Pastikan kamu selalu berlatih dengan tekun dan konsisten, dan jangan lupa untuk selalu menjaga fair play dalam bermain. Semoga artikel ini dapat membantumu untuk menguasai teknik dasar defending bola basket dengan lebih baik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Berita Terkait

Kalimat yang Mengandung Perintah dalam Teks Prosedur Adalah Kalimat
Belanda Pertama Kali Mendarat di Kalimantan Timur Tepatnya di Mana?
Apa tujuan pembuatan patung kerajinan
Masa Pubertas Perempuan: Perubahan dan Tantangannya
Masa Pubertas Laki-Laki Fase Penting, Apa saja perubahan yang tampak?
Masa Pubertas: Perubahan dan Tantangan dalam Perkembangan Remaja
Hikmah Beriman kepada Qada dan Qadar: Memahami Takdir dalam Kehidupan
Pada masa demokrasi terpimpin politik luar negeri indonesia condong ke

Berita Terkait

Jumat, 12 Juli 2024 - 07:56

Kalimat yang Mengandung Perintah dalam Teks Prosedur Adalah Kalimat

Jumat, 12 Juli 2024 - 07:50

Belanda Pertama Kali Mendarat di Kalimantan Timur Tepatnya di Mana?

Rabu, 10 Juli 2024 - 07:07

Masa Pubertas Perempuan: Perubahan dan Tantangannya

Rabu, 10 Juli 2024 - 06:51

Masa Pubertas Laki-Laki Fase Penting, Apa saja perubahan yang tampak?

Rabu, 10 Juli 2024 - 06:42

Masa Pubertas: Perubahan dan Tantangan dalam Perkembangan Remaja

Selasa, 9 Juli 2024 - 06:17

Hikmah Beriman kepada Qada dan Qadar: Memahami Takdir dalam Kehidupan

Senin, 8 Juli 2024 - 08:21

Pada masa demokrasi terpimpin politik luar negeri indonesia condong ke

Senin, 8 Juli 2024 - 08:15

Pendapat atau pertanyaan yang berkaitan dengan wacana

Berita Terbaru

Cara

Kalimat majemuk hubungan cara

Jumat, 12 Jul 2024 - 07:59

Cara

Jenis patung berdasarkan cara pembuatannya

Kamis, 11 Jul 2024 - 16:32